Untuk beberapa orang yang menyukai dunia fashion, terlebih para produsen clothing pasti sudah tahui tentang kain diamond crepe. Bahan ini adalah jenis kain yang memiliki tekstur berpendar seperti diamong yang menempel pada kain.

Pendar yang ada pada kain ini bukan berasal dari glitter, melainkan dari serat kain yang berbahan khusus. Jenis kain ini juga banyak digunakan sebagai bahan utama pembuatan gaun ataupun hijab. Diamond crepe memiliki banyak kelebihan, sehingga kamu perlu sekali mempelajari lebih lanjut mengenai kain yang satu ini.

Cek Produk Kain Diamond Crepe Disini

Hal ini sangat penting diketahui terutama untuk kamu yang baru mulai untuk terjun ke dunia bisnis gamis ataupun hijab. Untuk mengetahui karakteristik, kelebihan, dan kekurangan kain ini, silakan simak informasi lengkapnya di bawah ini.

Mengenal Diamond Crepe

Seperti yang kita ketahui, kain crepe adalah jenis bahan yang memiliki tekstur seperti kulit jeruk dan ini bisa dilihat serta diraba melalui permukaan kainnya. Tekstur kain crepe sendiri apabila ditambahkan dengan serat yang bisa berpendar maka akan disebut dengan kain Diamond Crepe.

Kain yang satu ini memiliki kesan sangat eksklusif, sehingga penggunaannya lebih cenderung cocok untuk pesta ataupun acara peresmian. Kain yang mampu mengeluarkan pendaran ini memiliki tekstur yang sedikit kasar pada permukaan kainnya. Lalu diamond crepe ini juga memiliki karakteristik jatuh, ringan, dan juga bisa sedikit melar.

Dalam penggunaannya, kain ini perlu dipasangkan dengan jenis kain lain untuk membuatnya tidak transparan. Tingkat ketebalan kain diamond crepe ini berbeda-beda tergantung dengan jenis kainnya. Kain ini sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu Diamond Italiano dan juga Diamond Georgette. Kedua jenis kain ini tentu memiliki karakteristik yang cukup berbeda.

Apabila kamu mencari kain diamond crepe dengan jenis yang lebih samar, maka ada baiknya kamu memilih jenis diamond georgette. Kain yang satu ini memiliki ketebalan yang hampir sama dengan diamond italiano namun permukaannya lebih kasar dibandingkan dengan diamond italiano.

Cek Produk Kain Diamond Crepe Disini

Kelebihan Kain Diamond Crepe

Kelebihan Kain Diamond Crepe
Kelebihan Kain Diamond Crepe

Kain diamond crepe memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri, sehingga memang sebagai produsen fashion kamu perlu mengetahuinya sebelum dibuat sebuah busana. Untuk mengetahui kelebihan diamond crepe ini, silakan simak informasi lengkapnya di bawah ini.

1. Tekstur Seperti Jeruk dan Pendar

Seluruh kain dengan jenis diamond crepe memiliki tekstur permukaan yang tampil seperti jeruk. Tekstur permukaan kainnya pun mengeluarkan pendaran cahaya yang mampu membuatnya terlihat semakin eksklusif.

Kain ini termasuk ke dalam kain yang eksklusif sehingga lebih cocok untuk digunakan sebagai bahan sebagai membuat busana membuat busana pesta.

2. Lentur dan Ringan

Kain diamond crepe juga memiliki kelebihan seperti sifatnya yang lentur, dengan kelebihan ini tentu kain menjadi lebih mudah untuk dibentuk pola dan berbagai macam model busana. Sifat lentur kain ini didapatkan karena bahan diamond crepe memang terbuat dari serat yang bisa sedikit melar. Kain ini juga memiliki sifat yang ringan sehingga mampu membuat pemakainya mendapat kenyamanan maksimal.

3. Bahannya Jatuh

Salah satu bahan kain yang baik adalah tidak kaku dan juga jatuh di badan. Busana yang terbuat dari kain diamond crepe ini memiliki sifat yang jatuh. Hal tersebut tentu membuat kain yang satu ini sangat digemari untuk pembuatan bermacam-macam jenis dress ataupun gamis. Di pasar sendiri banyak sekali gamis yang sudah menggunakan kain diamond crepe sebagai bahan utamanya.

Cek Produk Kain Diamond Crepe Disini

4. Tidak Panas

Jenis kain diamond crepe juga memiliki kelebihan ketika digunakan tidak terasa panas sama sekali. Hal ini dikarenakan bahan kain memang sedikit tipis. Dalam proses pembuatannya, kain yang satu ini sangat disarankan untuk menjadi bagian luar dari busana karena tampilannya yang sangat eksklusif.

Sedangkan untuk bagian dalammnya bisa dilapisi dengan bahan kain lain yang mampu menyerap keringat dan juga membuat busana ini menjadi tidak transparan.

Kekurangan Kain Diamond Crepe

Setelah mengetahui kelebihan kain ini, maka kamu juga perlu mengetahui kekurangan kain diamond crepe. Untuk mengetahui informasi lengkapnya, silakan simak ulasan di bawah ini.

1. Sedikit Transparan

Kain diamond crepe ini memang tidak setipis kain sifon, namun bukan berarti dalam penggunaannya pada gamis bahan ini tidak perlu lapisan lain untuk membuatnya tidak menerawang. Kamu bisa menggunakan jenis kain lain untuk melapisi bagian dalam gamis dengan yang bersifat adem dan juga menyerap keringat.

2. Hati-hati Penggunaan Bros

Setiap kali kamu ingin menggunakan bros pada blazer, gamis, atau hijab yang menggunakan bahan diamond crepe ini, maka kamu perlu memerhatikan jarum dari bros yang ingin digunakan. Kain crepe dengan jenis ini memang memiliki sifat melar, namun juga sangat tipis. Hal ini bisa membuat kain diamond crepe sedikit ringkih saat ditusuk dengan jarum bros yang besar dan sedikit tumpul.

Pastikan untuk selalu menggunakan jarum bros yang tipis dan juga tajam. Hal ini bisa membuat baju atau gamis yang terbuat dari bahan diamond crepe lebih awet dan tahan lama dengan tampilan busana yang prima alias tanpa membuat kain terkoyak.

3. Tidak Tahan Suhu Tinggi Setrika

Ketika ingin menyetrika busana yang terbuat dari diamond crepe ini, maka kamu sebagai pemilik perlu hati-hati. Jangan sampai kamu mengatur suhu setrikaan di pengaturan yang tinggi untuk menyetrika baju yang terbuat dari bahan ini.

Jika salah, maka busana atau baju tersebut bisa bolong karena meleleh tidak mampu menahan suhu panas dari setrika. Sangat disarankan untuk menyetrika di suhu yang normal saja untuk menjaga ketahanan bahan.

4. Permukaannya Sedikit Kasar

Seluruh jenis kain crepe memang memiliki tekstur permukaan yang kasar, sehingga hal ini juga terjadi pada kain diamond italiano dan juga diamond georgette. Kain jenis ini memiliki kekurangan yang membuat pemakainya kurang nyaman apabila tidak dilapisi dengan kain yang lebih lembut dikulit pada bagian dalam busana.

Tips Merawat Kain Diamond Crepe

Tips Merawat Kain Diamond Crepe
Tips Merawat Kain Diamond Crepe

Setelah kamu memahami beberapa karakteristik, kelebihan, hingga kekurangan kain diamond crepe ini, maka langkah selanjutnya yang perlu kamu ketahui adalah cara merawat baju yang terbuat dari kain diamond crepe.

Hal pertama yang perlu diketahui adalah kamu bisa mencuci busana yang terbuat dari diamond crepe menggunakan mesin cuci. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan berbagai macam jenis sabun cuci. Sifat khusus yang perlu kamu lakukan untuk busana dengan bahan kain diamond crepe adalah pada saat menyetrika saja. Pastikan untuk mengatur suhu setrikaan menjadi suhu yang cocok untuk menghindari lelehan serat kain.

Setelah disetrika, kamu bisa menggantung busana tersebut agar tidak mudah kusut.

Cek Produk Kain Diamond Crepe Disini

Penggunaan Diamond Crepe

Setelah sudah dibahas sebelumnya, kain diamond crepe ini memiliki karakteristik tidak licin, lentur, dan juga jatun. Dengan kelebihan itu, kain ini bisa diaplikasikan pada berbagai macam jenis pakaian. Sebut saja diantaranya ada gamis, pashmina, pastan, khimar, atapun busana wanita seperti tunik.

Baju Gamis

Membuat baju gamis memang tidak boleh menggunakan bahan kain yang semarangan. Perlu karakter kain yang adem, jatuh, dan juga halus untuk mendapatkan kenyamanan yang maksimal. Memilih bahan diamond crepe adalah pilihan yang bagus untuk membuat gamis karena tidak licin dan juga lentur.

Pashmina

Selendang panjang yang ada di Indonesia akhirnya difungsikan sebagai penutup kepala setara dengan jilbab, maka kehadirannya perlu dibuat dengan bahan kain berkualitas dan juga nyaman untuk digunakan. Selain sebagai penunjang tampilan dengan corak warna yang kalem sekaligus lembut, pashmina dengan bahan diamond crepe juga sangat mudah untuk dibentuk karena teksturnya cenderung kaku.

Pashmina Instan (Pastan)

Apabila menyukai sesuatu yang lebih praktis, maka pashmina instan alias pastan yang terbuat dari kain diamond crepe adalah pilihan yang tepat. Beberapa kelebihannya seperti tekstur kaku dan juga tidak licin memungkinkannya untuk dijadikan pastan. Tinggal dipakai, ditali, dan sedikit merapikannya saat sedang diburu waktu.

Khimar

Berbeda dengan hijab, khimar adalah kain penutup kepala, leher, pundah, dan juga bagian belakang serta depan dada. Kain diamond crepe ini sangat cocok untuk digunakan khimar karena adem dan memiliki berbagai kelebihan seperti: tidak transparan, elastis, tidak menimbulkan panas, dan flowy.

Tunik

Sama seperti busana jenis blouse, namun tunik ini memiliki panjang yang lebih hingga mencapai lutut. Sifatnya sendiri cenderung longgar dan sangat nyaman ketika digunakan. Tunik akan semakin cantik dipandang ketika dibuat dari bahan diamond crepe yang jatuh, lentur, dan adem. Terlebih apabila warna kalem tunik disandingkan dengan bawahan gelap yang polos, maka kamu akan tampil semakin classy.

Cek Produk Kain Diamond Crepe Disini

Harga Kain Diamond Crepe

Untuk kamu yang ingin melakukan pembelian kain diamond crepe secara grosir dengan harga yang murah, maka kamu bisa menghubungi MC Texstyle sekarang juga. MC Texstyle sendiri adalah supplier kain Jakarta yang menjual berbagai macam jenis kain dengan harga grosir termurah se-Indonesia.

MC Texstyle juga menghadirkan kain diamond crepe yang menjadi incaran banyak produsen clothing dengan berbagai kelebihannya. Harga kain diamond crepe yang dijual oleh MC Texstyle sendiri adalah Rp11.500/yard dengan minimal pembelian 1 roll atau 1 gulungan.

Dapatkan juga HANDBOOK + HANDFEEL GRATIS dengan menghubungi kami melalui akun Instagram @mctexstyle atau melalui tombol WhatsApp di bawah ini.

Airflow Crinkle Warna Cetar