Kain ceruti merupakan salah satu jenis kain yang memiliki ciri khas seperti kain sifon dan memiliki tekstur yang mirip dengan kulit jeruk. Jenis kain yang satu ini memiliki berbagai kelebihan yang sangat cocok untuk diaplikasikan di berbagai jenis pakaian. Lalu apa sebenarnya kain ceruti itu?

Apa Itu Kain Ceruti?

Kain ceruti adalah bentuk dari turunan kain sifon yang lembut. Walaupun kain ini memiliki permukaan kain yang sangat mirip dengan kulit jeruk dari sisi teksturnya, namun kain ceruti masih memiliki kesan halus pada saat diraba. Dan apabila dibandingkan dengan jenis kain sifon, maka kain ceruti memiliki kehalusan yang lebih dibandingkan sifon.

Bahkan, kain jenis ini memiliki keelastisan dan lembut apabila dibandingkan dengan ejnis kain sifon. Sedangkan ketika sudah berupa pakaian dan digunakan, kain ceruti akan memiliki karakteristik jatuh atau flowly. Meski begitu, kain ini tidak akan mudah melayang walaupun tertiup angin sekalipun.

Ciri-ciri Kain Ceruti

Kain ceruti sendiri memiliki beberapa ciri khas yang membedakan jenis kain ini dengan yang lainnya. Untuk itu, simak informasi lengkap mengenai ciri dari kain ceruti berdasarkan karakteristik dan sifat dasarnya di bawah ini.

1. Memiliki Permukaan yang Mirip Kulit Jeruk

Karakteristik atau ciri pertama yang dimiliki oleh kain ceruti adalah tekstur pada permukaan kainnya mirip kulit jeruk. Sehingga bisa dipastikan bahwa jenis kain ini tidak rata atau halus. Walau demikian kain ini masih bisa dibilang lebih terasa halus meskipun di dalam jenis kain terdapat bintik-bintik kecil.

2. Terdapat Serat Bergelombang

Ciri-ciri dari kain Ceruti selanjutnya yang perlu kamu ketahui adalah memiliki serat yang membentuk gelombang seperti kabut atau awan. Ciri yang kedua ini bisa terlihat dengan jelas ketika kain diterawang secara detail.

3. Bahannya Lembut dan Elastis

Karakteristik atau ciri yang ketiga ada pada bahannya yang memiliki kesan lembut dan juga elastis. Ciri inilahyang membuat banyak orang menyukai jenis kain yang satu ini. Selain mampu memberikan kenyamanan karena kelembutannya, jenis kain ini juga memiliki keelastisan yang cukup sehingga sangat mudah untuk dibentuk.

4. Memiliki Bobot yang Cukup Berat

Ciri kain ceruti yang terakhir adalah pada bobot kainnya yang sedikit lebih berat. Dengan karakteristik ini, kain ceruti memang sangat cocok untuk dijadikan sebagai bahan utama gamis. Efek kain akan jatuh, namun dengan bobotnya yang berat maka apabila terkena angina tidak akan melayang.

Jenis-jenis Kain Ceruti

Jenis-Jenis Kain Ceruti
Jenis-Jenis Kain Ceruti

Kain ceruti ini memiliki beberapa jenis yang perlu kamu ketahui. Tentu satu antara satu jenis dengan jenis lainnya memiliki kelebihannya masing-masing. Simak informasi lengkapnya di bawah ini.

1. Kain Ceruti Georgette

Kain jenis ini biasanya digunakan untuk bahan jilbab. Teksturnya sendiri sangat halus dan juga mirip dengan kain ceruti premium. Dengan tekstru yang halus ini, maka jenis kain ceruti satu ini akan sangat nyaman dikenakan untuk kegiatan keseharian. Di samping memiliki tekstur yang halus, jenis kain ini sangat lentur dan juga sedikit melar.

Selain itu, kain ceruti Georgette memiliki bahan yang jatuh. Namun, kain yang satu ini tidak mengikuti lekukan tubuh. Dan sayangnya, kain ceruti georgette sangat banyak sekali KWnya di pasaran. Kamu bisa membedakan kain ceruti ori dan kw dengan mudah dari sisi kualitas.

2. Kain Ceruti Premium

Jenis kain ceruti premium ini memiliki serat namun masih memiliki tekstur yang halus dan juga lembuat pada saat dipegang. Apabila dikenakan, jenis kain yang satu ini akan sedikit transparan atau menerawang. Akan tetapi memang tekstur kain yang dimiliki tidak mudah pecah pada saat dijahit dan tetap kuat. Jenis kain ini dapat digunakan untuk membuat gamis maupun jilbab.

3. Kain Ceruti Baby Doll

Jenis kain ceruti selanjutnya ada Baby Doll yang memiliki ciri khas tidah mudah kusut. Selain itu, kain ini juga cenderung sangat lentur dan nyaman saat dikenakan pada kegiatan sehari-hari. Jenis kain ini sangat terkenal dengan kelembutannya, transparan, dan tidak mengkilap.

Cek Produk Kain Babydoll Disini

4. Kain Ceruti Diamond

Ceruti diamond adalah salah satu jenis kain ceruti yang cukup diminati oleh banyak produsen yang bergerak di dunia clothing. Nama ain dari kain ceruti diamond ini adalah diamond italiano. Kain ini memiliki sifat atau karakteristik yang ringan, mudah dibentuk, melas, tidak licin, dan juga sejuk. Tak sama seperti jenis ceruti lainnya, kain ini memiliki permukaan yang tidak rata.

5. Kain Ceruti Ultimate

Jenis kain ceruti yang satu ini memiliki kesamaan yang tidak berbeda jauh dari jenis kain ceruti lainnya. Ceruti ultimate ini sangat sering digunakan untuk jilbab ataupun pashmina, penggunaan rok pun tampak manis mengunakan bahan kain ini. Ceruti ultimate memiliki tekstur yang membuat nyaman untuk digunakan, harga kain ceruti ultimate pun cukup terjangkau di pasaran.

Cek Produk Ceruti Ultimate Disini

6. Kain Ceruti Amunzen

Jenis kain ceruti yang terakhir ada ceruti Amunzen. Jenis ceruti yang satu ini banyak sekali digunakan untuk produksi cadar. Ciri khas dari jenis ikain ini ialah sangat mudah untuk menyerap keringan. Dengan kelebihan tersebut maka pada saat dipakai, kain ini akan tetap sejuk walaupun kondisi cuaca sedang panas. Karakteristik dari jenis kain ini ialah jatuh dan juga sedikit menerawang.

Kelebihan Kain Ceruti

Kelebihan Kain Ceruti
Kelebihan Kain Ceruti

Sama seperti jenis kain lainnya, kain ceruti juga memiliki beberapa kelebihan yang menjadikannya favorit di kalangan produsen busana. Untuk mengetahui kelebihan kain ceruti ini, maka silakan simak informasi lengkapnya di bawah ini.

1. Tampilan Kain Mewah

Kain ceruti sendiri dikenal sebagai salah satu jenis kain yang bisa memberikan tampilan mewah pada saat menggunakannya. Salah satu factor yang menyebabkan jenis ini memiliki kesan mewah adalah karena tampilannya saat digunakan cenderung jatuh. Jenis kain ini sangat cocok untuk digunakan di berbagai acara formal atau pun non formal.

2. Bahan Kain Semi Premium & Terjangkau

Kelebihan kain ceruti selanjutnya adalah bahannya semi premium yang mencakup semua jenis kain ceruti mulai dari jenis georgette sampai jenis diamond. Bahannya yang semi premium ini tentu saja membuat banyak orang menginginkannya, karena selain berkualitas, kain ini juga dibanderol dengan harga terjangkau.

3. Mudah Dicuci, Tidak Mudah Melar

Kain ceruti juga memiliki sisi kelebihan dari sisi bahan yang tidak mudah melas. Hal ini disebabkan karena sifat dan kain yang tergolong kaku namun tetap lembut. Selain itu, kain ceruti ini sangat mudah untuk dicuci dan tidak mudah luntur. Bahkan, cara perawatannya juga sangat mudah yaitu dengan mencucinya dengan tangan saja.

4. Bahan Kuat Meski Tipis

Kain ceruti adalah jenis bahan yang tipis serta melayang saat kain digunakan. Namun, kain in tetap memilii kekuatan yang membuatnya tidak mudah sobek. Bahan yang digunakan adalah bahan yang tidak mudah sobek sehingga kain tidak mudah untuk rusak pada saat digunakan. Walaupun pemakaiannya sangat sering untuk kegiatan sehari-hari.

5. Tidak Panas

Kelebihan selanjutnya dari kain ceruti ini ialah tidak panas saat digunakan walaupun melakukan kegiatan sehari-hari. Walaupun memang ada beberapa jenis kain yang mirip ceruti cenderung panas dan membuat keringat saat digunakan. Hal ini dikarenakan jenis kain memiliki sifat yang sangat ringan dan tidak lembab.

Kekurangan Kain Ceruti

Semua kain memang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, termasuk kain ceruti. Simak kekurangan kain ceruti yang perlu kamu ketahui di bawah ini.

1. Mudah Terbawa Angin

Kekurangan pertama dari kain ceruti adalah sangat mudah untuk terbawa angina. Tekstur kain yang sangat lembut dan juga tipis menjadikan kain ini memiliki kerentanan saat menahan hembusan angin. Jika sudah terkena angina, maka risiko selanjutnya adalah akan sobek apabila tersangkut di objek tertentu.

2. Mudah Mengkerut saat Disetrika

Kain ceruti juga memiliki kekurangan pada saat disetrika, kain ini kan mudah mengkerut pada saat disetrika dengan cara yang salah. Hal ini disebabkan karena kondisi kain ceruti yang sangat tipis. Dengan ketipisan tersebut, kemampuannya untuk menahan panas tentu menjadi kurang maksimal sehingga mudah terbakar.

3. Perlu Kain Tambahan untuk Membuat Baju

Apabila kamu ingin menggunakan kain ceruti sebagai bahan utama membuat baju seperti gamis atau rok, maka kamu perlu tambahan kain dalam alias puring. Karakteristik kain yang transparan akan membuat anggota tubut menjadi terlihat. Maka dari itu, dibutuhkan sebuah puring atau inner untuk mempercantik tampilan dan juga tidak tembus pandang.

4. Harga Cenderug Mahal

Kekurangan kain ceruti selancurnya ada pada harga kain yang bisa dibilang cenderung mahal. Apabila dibandingkan dengan jenis kain lain, kain ceruti memiliki harga yang terkadang lebih tinggi.

5. Perawatan Cukup Sulit

Cara merawat pakaian dengan bahan ceruti sendiri tidaklah mudah. Perlu usaha yang lebih dan pengetahuan tentang larangan mencuci jenis kain ini dengan mesin cuci. Ada baiknya lakukan pencucian pakaian dengan bahan kain seperti ini dengan manual atau menggunakan tangan. Proses menyetrikanya juga perlu dilakukan secara hati-hati agar tidak mudah terbakar.

Penggunaan Kain Ceruti

Perlu diketahui, kain ceruti ini bisa digunakan di berbagai jeis pakaian atau busana. Kain ini juga sangat mudah untuk dibentuk sehingga banyak sekali diburu di pasaran. Berikut adalah beberapa penggunaan kain ceruti yang biasanya dilakukan oleh para produsen clothing.

1. Jilbab

Kain ceruti sangat bisa dijadikan sebagai bahan membuat jilbab. Seperti yang diketahui, saat ini sangat banyak sekali model dan varian hijab. Kain ceruti sendiri bisa dibuat menjadi model hijab yang cukup beragam. Kain ini bisa bisa menjadi bahan yang baik dari model yang paling simpel hingga yang paling mewah sekalipun.

2. Rok

Penggunaan kain ceruti pada sebuah busana juga bisa diaplikasikan untuk membuat sebuah rok. Karena memang modelnya sangat mirip dengan jenis sifon, maka kain ceruti ini sangat cocok untuk dijadikan rok. Namun, harus diberi tambahan puring karena karakteristiknya yang sedikit menerawang. Jenis rok yang terbuat dari kain ceruti akan menambah kesan elegan dan juga cantik saat digunakan.

3. Baju

Selain bisa diaplikasikan pada rok, gamis, hingga jilbab, kain ceruti juga bisa digunakan untuk membuat baju. Tentu saja baju dengan model khusus yang sesuai dengan jenis kain. Alasan kain ceruti bisa digunakan sebagai bahan utama baju adalah karena kekuatannya yang kuat. Dengan kelebihan itu, kain menjadi lebih mudah untuk dibnetuk dan tidak mudah sobek.

4. Gamis

Kain ceruti juga bisa diproses menjadi sebuah gamis. Sama halnya seperti pembuatan rok, pembuatan gamis dengan kain ceruti juga membuatuhkan tambahan inner atau puring agar tidak transparan atau menerawang. Gamis yang terbuat dari kain ceruti ini memiliki daya tarik yang lebih cantik karena bahannya yang jatuh.

Kelebihan Kain Ceruti Babydoll untuk Gamis

Jika secara tekstur, kain ceruti babydoll tidaklah elastis. Namun, karena seratnya yang lumayan longgar, ketika kain ini ditarik maka akan terlihat kesan sedikit melar. Berikut di bawawh ini kelebihan jenis kain ceruti babydoll apabila diaplikasikan pada gamis.

Bisa Dibordir dan Diberi Aksesoris

Dengan kelebihan ini, maka akan memudahkan kamu untuk memberikan kreasi agar gamis yang dibuat tampil lebih menawan. Kamu juga bisa memanfaatkan kreasi ini sebagai brand sendiri dan memberikan sebuah nama pada gamis yang kamu buat dengan ceruti babydoll.

Mudah Dibentuk

Ceruti babydoll sangat mudah untuk dibentuk berbagai ukuran atau model, mulai dari ukuran anak hingga dewasa.

Banyak Warna

Kain ceruti babydoll memiliki banyak warna sehingga bisa membuat kamu mendapatkan banyak kreasi dalam menciptakan gamis sesuai dengan yang kamu inginkan.

Tidak Mudah Kusut

Dengan perawatan yang benar, maka kain ini akan memiliki kelebihan yaitu tidak musut sehingga sangat mudah untuk kamu simpan di dalam tas saat hendak bepergian.

Bisa Multi Layer

Karena kain ini memiliki karakteristik yang tipis, maka ceruti babydoll ini harus dibuat dengan multi layer untuk gamis dengan lapisan furing.

Bertekstur Unik

Kain ini adalah bahan paling populer setelah kain katun dan juga linen untuk pembuatan gamis. Hal ini dikarenakan kain ini memiliki tekstur unik dan terkesan mewah.

Memiliki Ketahanan yang Baik

Kain ceruti babydoll sangat awet untuk digunakan walaupun sudah dicuci berkali-kali. Maka dari itu, untuk sebuah kain, ceruty babydoll memiliki harga yang lebih mahan dibanding jenis kain ceruti lainnya.

Kain Mudah Dicuci

Kain ini memiliki serat yang longgar dan tidak menyerap air, maka kain ini lebih mudah untuk dicuci dan lebih mudah kering. Kamu bisa dengan mudah untuk mengucek, membilas, lalu memeras kain ini tanpa perlu takut merusak serat kain.

Tampilan Gamis Lebih Mewah

Kain ini memiliki sifat flowly atau jatuh sehingga kamu bisa memberikan kesan yang lebih mewah apabila diaplikasikan pada gamis.

Kain Premium, Harga Ekonomis

Sebagai kain premium dan juga berkualitas tinggi, ceruti babydoll ini memiliki harga yang cukup murah. Untuk babydoll Armani sendiri bisa kamu dapatkan dengan harga Rp21.000/yard. Lalu untuk babydoll armany ada di harga Rp15.000/yard. Kemudian kain babydoll ultimate ada di harga Rp18.500/yard. Selanjutnya ada babydoll 105/110gsm dengan harga hanya Rp13.500/yard.

Daparkan kain babydoll tersebut hanya di MC Texstyle. MC Texstyle sendiri adalah supplier kain Jakarta yang menawarkan grosir kain dengan harga termurah. Selain daerah Jakarta, MC Texstyle juga mampu mengirimkan kain ke seluruh Indonesia.

Dengan harga termurah, MC Texstyle mampu menawarkan berbagai macam jenis kain dengan harga termurah. Dapatkan HANDFEEL + HANDBOOK GRATIS dengan menghubungi akun Instagram @mctexstyle dan melalui tombol WhatsApp di bawah ini.

Perbedaan Kain Ceruti dan Sifon

Kain ceruti adalah jenis kain yang memiliki bahan tipis seperti yang terdapat pada chiffon. Namun, apabila dibandingkan dengan kain chiffon, jenis kain ceruti memiliki tekstur yang lebih mudah untuk dibentuk dan juga lembut. Karena kain ceruti memiliki kemiripan dengan chiffon, maka sering sekali orang-orang malah menyebutnya sebagai kain chiffon ceruti.

Dari kedua jenis kain ini, masing-masing memiliki varian warna tersendiri. Kain ceruti biasanya digunakan untuk membuat jenis pakaian longgar dengan kesan yang jatuh. Hal ini dikarenakan bahan memiliki tekstur yang menerawang, maka jenis kain ini perlu furing atau inner ketika dijadikan sebuah pakaian.

Perbedaan Kain Ceruti dan Crepe

Kain ceruti juga memiliki perbedaan dengan kain jenis crepe. Jenis kain ceruti ini memiliki karakteristik yang tipis, lembut, dan juga elastis. Sedangkan jenis kain crepe memiliki karakteristik lembut, jatuh, dan juga berserat.

Kain ceruti memiliki permukaan yang sangat mirip dengan kulit jeruk. Dan kain ini juga memiliki motif bitnik-bintik kecil yang sangat halus. Namun, bahanini termasuk jenis kain yang flowly atau jatuh dan juga tidak mudah melayang. Sedangkan untuk jenis kain crepe, memiliki bahan yang tebal dan tidak menerawang sehingga jenis kain crepe memiliki kesan yang nyaman dan adem.

Apabila kain ceruti diterawang, maka akan terlihat sebuah gelombang yang mirip dengan kabun dan juga awan. Walaupun demikian, kain ini sangat mudah untuk dibentuk. Sedangkan untuk kain crepe memiliki bahan stretch dengan 4 sisi mekanik. Dan apabila ditarik, maka akan kembali seperti semula sehingga jenis kain ini tidak mudah melar seperti jersey.

Perbedaan Kain Ceruti dan Hycon

Untuk menjelaskan perbedaan dari kain ceruti dan hycon memang cukup sulit. Hini dikarenakan keduanya sama-sama jenis kain yang memiliki turunan dari bahan sifon. Untuk perbedaannya sendiri secara umum bisa dilihat dari harga, harga kain hycon relative lebih murah apabila dibandingkan dengan ceruti.

Namun, hal ini tergantung juga dari bahan yang digunakan untuk membuat kain tersebut. Dibandingkan dengan jenis ceruti, kain hycon ini memiliki tekstur yang tipis. Namun, ketipisannya tidak melebihi dari sifon sehingga bisa dipastikan kain hycon cukup tebal.

Dibandingkan dengan kain sifon dan ceruti, kain jenis hycon ini lebih tebal. Namun untuk jenis kain ceruti terkenal lebih lembut walaupun kainnya terbilang lebih kasar.

Cara Merawat Kain Ceruti

Sebagai pemilik pakaian yang terbuat dari bahan kain ceruti, tentu saja kamu perlu mengetahui cara merawat kain ceruti dengan benar. Yang pertama adalah dengan mengindari kain dicuci dengan mesin cuci. Ada baiknya memang pakaian yang terbuat dari bahan kain ceruti ini dicuci dengan cara manual yaitu dengan tangan langsung.

Kamu bisa mengucek pakaian namun diusahakan jangan terlalu keras. Kucekan yang terlalu keras akan membuat jenis kain ini menjadi mudah melar dan berubah bentuk. Sedangkan apabila terdapat noda dan kamu ingin menghilangkannya, kamu perlu menggunakan sabun cuci cair yang dikhususkan untuk baju halus. Caranya adalah dengan merendam pakaian tersebut di dalam air dengan suhu normal kurang lebih 30-50 menit. Sesudah itu, bilas kain sampai benar-benar noda hilang dan bersih.

Cara merawat kain ceruti yang terakhir adalah usahakan tidak menjemurnya di bawah sinar matahari langsung. Cukup dengan mengangin-anginkan saja dan tunggu pakaian kering dengan sendirinya.

Airflow Crinkle Warna Cetar