Semakin berkembangnya zaman, saat ini banyak sekali sektor yang menyangkut kehidupan manusia juga menunjukan kemajuan-kemajuannya. Termasuk salah satunya adalah sektor fashion atau cara berbusana.

Seperti yang kita ketahui, banyak kalangan anak muda saat ini sangat kecanduan untuk bermain smartphone untuk berselancar di sosial media. Sosial media saat ini memang banyak sekali melahirkan influencers yang kesehariannya banyak ditonton dan dijadikan contoh oleh penontonnya. Tak terkecuali gaya berpakaian para influencers yang menjadi pusat perhatian hingga kiblat anak muda untuk memadupadankan cara berpakaian mereka.

Melihat kesempatan ini, akhirnya banyak produsen yang bergerak di dalam sektor busana berlomba-lomba untuk menciptakan pakaian atau busana yang cocok dengan trend sehingga bisa menarik perhatian calon pembeli.

Untuk melakukan promosi pakaian tersebut, produsen pun bisa sangat mudah melakukannya dengan memanfaatkan teknologi seperti sosial media dan influencers. Dengan melakukan endorsement kepada influencers terkenal dan memiliki banyak followers, maka para pengikut influencers tersebut pun bisa menjadi pasar yang bagus untuk produsen pakaian ini.

Dengan melihat pasar fashion yang besar tersebut, apakah kamu sudah terbayang betapa menggiurkan dan juga menjanjikannya market ini untuk dijadikan bisnis pada saat ini. Namun, untuk memulai terjun di dunia fashion tidak semudah kita membalik telapak tangan. Dibutuhkan sebuah kepekaan terhadap trend fashion dan trend pasar yang sedang tumbuh saat ini.

Kamu juga perlu mempelajari beberapa ilmu mengenai dunia fashion, seperti cara membedakan jenis kain sebagai bahan baku utama untuk pembuatan pakaian. Untuk saat ini terdapat banyak jenis kain di pasaran, mulai dari kain polyester, kain katun, kain linen, kain denim, kain wolfis, dan jenis kain lainnya.

Untuk kamu yang belum paham, maka dalam artikel kali ini kita akan membahasa secara lengkap tentang bahan kain polyester yang sering digunakan untuk membuat hijab, gamis, kemeja, dan lainnya. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Bahan Polyester Seperti Apa?

Bahan kain polyester adalah salah satu jenis kain yang paling populer untuk diaplikasikan pada sebuah pakaian, desain, hingga hiasan interior ruangan. Namun untuk beberapa orang yang masih belum paham tentang dunia fashion, maka mungkin akan berpendapat bahan polyester ini cukup buruk karena buatan manuasia.

Memang bahan ini bukan berasal dari alam seperti katun, wol, atau sutra. Walaupun berasal dari buatan manusia, namun ini tidak akan membuat bahan polyester memiliki kualitas rendah untuk digunakan pada produksi fashion atau pakaian.

Pengertian kain polyester adalah istilah umum untuk setiap kain yang diproduksi dengan menggunakan benang atau serat polyester. Serat polyester sendiri tercipta dengan mengkombinasikan senyawa kimia (Etilen Glikol dan Asam Tereftalat) dengan polyethylene terephthalare (PET).

Bahan utama pembuatan polyester terdengar sangat kimiawi bukan? Namun perlu diketahui, bahwa pada dasarnya polyester ini merupakan sejenis plastik. Walaupun kamu masih merasa kurang familiar dengan istilah polyester, namun tanpa sadar mungkin kamu sering menggunakan produknya.

Bahan polyester memang sering sekali dijadikan untuk membuat pakaian. Tidak hanya pakaian, bahan polyester pun sering sekali digunakan sebagai bahan untuk membuat sprei, karpet, sofa, tali makrame, dan juga selimut. Kamu bisa melihat sekilas pada tag merek pakaian kalian, disitu tertulis bahan dan komposisi kain yang terkandung pada pakaian kamu.

Bahan polyester sering digunakan sebagai campuran yang dicampurkan dengan bahan alami untuk membuat pakaian. Sebagai informasi tambahan, bahan polyester pertama kali ditemukan pada 1941 silam oleh ahli kimia asal Inggris bernama John Rex Whinfiels dan juga Tennant Dickson. Setelah pertama kali ditemukan tersebut, bahan ini semakin populer sektiar tahun 1970-an karena ada kalimat iklan “serat ajaib yang bisa digunakan selama 68 hari berturut-turut tanpa perlu disetrika dan masih tampil rapi”.

Karakteristik Bahan Polyester

Untuk lebih memudahkan dalam mengetahui perbedaan bahan polyester dengan bahan lainnya, maka silakan simak informasi lengkapnya di bawah ini.

1. Serat yang Lentur

Bahan polyester adalah bahan yang termasuk lentur. Walaupun bahan ini lentur, namun polyester tidak mudah untuk melar sehingga sangat tepat apabila kamu menggunakan bahan sintetis satu ini sebagai bahan utama pembuatan baju atau busana. Dengan ketahanannya, kamu bisa menggunakan pakaian dengan bahan polyester dalam jangka waktu yang lebih lama.

2. Awet dan Tidak Mudah Mengkerut

Karakteristik bahan polyester selanjutnya adalah kain ini dianggap lebih awet dibandingkan dengan jenis bahan lainnya. Bahan polyester juga tidak mudah kusut sehingga masa pakainya jauh lebih lama. Tampa perlu menurunkan kualitas serat atau bahan polyester secara utuh, kamu sudah bisa mendapatkan jenis kain yang bersifat awet dan tidak mudah mengkerut.

3. Kurang Menyerap Keringat

Karakteristik bahan polyester selanjutnya adalah kurangnya daya serap yang dimiliki sehingga untuk menyerap keringat pun masih kurang. Walaupun diklaim sebagai bahan yang awet, lentur, dan juga tidak mudah berkerut, bahan polyester ini nyatanya tidak bisa terlalu diandalkan untuk menyerap keringat. Fakta ini membuat bahan polyester ada baiknya dihindari penggunaan pada saat cuaca sedang panas.

4. Menimbulkan Iritasi

Bahan polyester adalah bahan yang dapat menimbulkan iritasi karena proses pembuatannya yang melewati tahap kimiawi. Ada beberapa orang yang memiliki alergi pada hal tertentu sehingga ketika menggunakan pakaian dengan bahan polyester akan menimbulkan iritasi yang lumayan membuat risih.

Sebut saja seperti timbul gatal, kulit yang memerah, muncul ruam, dan yang lainnya. Ketika gejala ini sudah muncul, maka ada baiknya segera lepas atau bahkan jangan menggunakannya kembali.

5. Tahan Bahan Kimia

Karakteristik selanjutnya adalah bahan polyester ini lebih tahan terhadap bahan kimia. Selain dibuat dari bahan kimia, bahan ini juga jauh lebih kuat apabila melalui proses pencucian kimia, dry cleaning, atau pun dicuci menggunakan pelarut berjenis organik. Kamu tidak usah khawatir bahan polyester ini akan rusak karena bahannya yang terbukti tahan terhadap reksi pencucian secara kimiawi.

6. Mudah Terbakar

Yang perlu kamu ketahui adalah bahan polyester ini termasuk jenis bahan yang sangat mudah terbakar sehingga untuk kamu yang memiliki pakaian yang terbuat dari bahan polyester ada baiknya jauhi sumber api atau apapun jenis yang bermuatan listrik. Proses penyebaran api pada bahan kain polyester sangatlah mudah dan cepat sehingga kamu perlu ekstra hati-hati.

7. Anti Jamur dan Bakteri

Jenis bahan polyester diyakini anti jamur dan juga bakteri sehingga sangat cocok untuk diaplikasikan pada jenis barang yang ditempatkan di kamar tidur. Ebut saja seperti sprei, sarung isi bantal, isi guling, hingga selimut.

8. Mudah Kering

Selain mudah untuk dicuci, bahan polyester juga terbukti sangat mudah kering sehingga kamu tidak perlu lagi menjemur pakaian dengan bahan polyester dengan waktu yang lama. Kelebihan ini membuat polyester sangatlah cocok untuk dijadikan bahan pembuatan pakaian yang sering digunakan.

9. Pengaplikasian Bahan Polyester

Perlu kamu ketahui, bahan polyester termasuk ke dalam jenis bahan yang sanagat sering digunakan sebagai bahan pembuatan busana seperti kaos, kemeja, jas dan berbagai jenis pakaian lainnya. Selain itu, bahan ini juga sering sekali diaplikasikan menjadi cover perabotan rumah tangga.

Alasan kenapa bahan ini sering digunakan menjadi sebuah produk selain pakaian adalah karena bahannya kuat, awer, dan bisa dibentuk untuk berbagai macam keperluan.

Tipe Bahan Polyester

Bahan polyester sendiri terbagi menjadi 3 tipe utama yang paling sering digunakan. Simak ulasan lengkapnya mengenai tipe polyester di bawah ini.

1. PET (Polyethylene Terephthalate)

Tipe bahan polyester yang pertama ada PET yang merupakan tipe paling populer dan umum digunakan. Sebenarnya tipe ini tidak hanya ditemukan pada produk pakaian saja, namun juga digunakan sebagai bahan dasar pembuatan botol air mineral,botol susu plastik, botol minuman bersoda, dan botol lainnya.

Banyak yang mengira bahwa tipe polyester yang satu ini tidak ramah lingkungan. Namun ternyata bahan ini bisa di daur ulang, karena sebelum digunakan untuk membuat kain atau beberapa produk lainnya, tipe ini terlebih dahulu divakum dengan menggunakan suhu yang sangat tinggi di ruang hampa.

2. PCDT (Poly-1, 4-cyclohexylene-dimenthylene)

Karakteristik dari tipe PCDT ini adalah sangat elastis dan juga lentur. Maka dari itu, tipe polyester yang PCDT ini sering sekali digunakan sebagai bahan utama pembuatan tirai jendela atau cover furniture lainnya. PCDT sendiri terbuat dari hasil campuran zat asam dengan campuran bahan kimia lainnya.

3. Benang Sintetis

Sesuai namanya, tipe polyester yang satu ini terbuat dari benang sintetis seperti filament, benang pintal, dan juga nilon. Kain yang berasal dari bahan polyester satu ini akan menyerupai kain dengan bahan dasar alami seperti kapas. Hal ini bisa terjadi dikarenakan dalam proses pembuatannya, pakaian ini menggunakan benang sintetis. Terdapar proses memutar benang untuk menjadikan satu untaian benang atau serat.

Jenis-jenis Bahan Polyester

Selain memiliki beberapa tipe, bahan polyester juga dibedakan menjadi 4 jenis, yaitu bahan Lacoste CVC Pique, PE, Woven, dan juga Lacoste PE Pique. Simak ulasan lengkap mengenai 4 jenis bahan polyester di bawah ini.

1. Polyester Lacoste CVC Pique

Bahan polyester jenis Lacoste CVC Pique ini adalah bahan yang terbuat dari campuran polyester dan juga katun. Selain itu, jenis bahan ini memiliki ketahanan dan tidak cepat rusak.

2. Bahan PE

Keunikan dari jenis bahan ini ialah 100% terbuat dari polyester tanpa adanya campuran bahan apapun. Jenis ini sering sekali digunakan untuk membuat pakaian secara massal karena biaya produksi untuk jenis ini sangat lebih terjangkau dibandingkan dengan bahan katun.

3. Bahan Woven

Jenis polyester yang satu ini adalah bahan dengan permukaan yang terlihat kasar apabila dibandingkan dengan semua jenis bahan polyester yang ada. Namun, apabila kamu meraba kain ini, ternyata kain woven juga memiliki permukaan yang terasa halus. Pada umumnya, bahan ini digunakan pada label baju.

4. Bahan Lacoste PE Pique

Sebagai pecinta fashion, kamu pasti sudah mengetaui tentang baju dengan model polo. Bahkan mungkin kamu sudah memilikinya tersimpan rapi di dalam lemari. Perlu diketahui, pakaian dengan model polo ini terbuat dari bahan utama Lacoste PE Pique. Ciri khas yang bisa dilihat dari bahan ini adalah adanya pori-pori yang berukuran sama pada permukaan bahan.

Kelebihan Bahan Polyester

Walaupun bahan polyester ini terbuat dari berbagai senyawa kimia yang ada, namun bahan ini juga tidak kalan dengan bahan alami seperti katun atau pun wol. Bahan ini memiliki banyak kelebihan yang seharusnya kamu tahu. Untuk mengetahui informasi lengkap tentang kelebihan bahan polyester ini, maka simak ulasannya di bawah ini.

1. Tidak Mudah Rusak Alias Awet

Bahan polyester ini memiliki serat yang sangat kuat dan juga kokoh. Kelebihan bahan polyester yang satu ini menjadikan produk bisa digunakan dalam jangka waktu yang lumayan lama bahkanbisa bertahun-tahun.

2. Tahan Air

Selain karena awet dan tidak mudah rusak, pakaian yang terbuat dari bahan polyester juga dikagumi karena memiliki kelebihan yang sangat membantu saat pencucian, kelebihan itu adalah cepat kering. Dengan kelebihan ini, maka kamu tidak perlu lagi menunggu lama agar pakaian tersebut kering setelah dicuci.

Selain cepat kering, pakaian yang terbuat dari kain polyester juga tahan terhadap air karena mudah menyerap panas. Maka dari itu, beberapa produk yang menggunakan bahan ini biasanya digunakan untuk keperluan outdoor. Contohnya adalah seperti Payung, Tenda, Jaket Parka, hingga jas hujan.

3 Anti Kuman dan Bakteri

Karena bahan dasar pembuatannya adalah senyawa kimia, bahan polyester ini tahan akan kuman dan juga bakteri. Sehingga kamu tidak perlu khawatir lagi untuk mengalami gejala gatal atau alergi apabila menggunakan pakaian dengan bahan dasar polyester. Hal ini memang dikarenakan bahan polyester sudah sangat aman dari bakteri dan juga kuman.

4. Tidak Mudah Kusut

Apakah kamu termasuk orang yang sangat aktif beraktivitas sehingga sering sekali pakaian yang digunakan cepat kusut? Jika benar, maka untuk meminimalisir timbulnya kusut tersebut, gunakan pakaian yang terbuat dari bahan polyester. Bahan polyester memang memiliki kelebihan yang tidak mudah kusut meskipun sudah dipakai beraktivitas seharian penuh.

Bahan ini juga memiliki kelebihan anti melar, hal ini lah yang membuat kain polyester sangat populer digunakan sebagai bahan utama permbuatan pakaian. Terutama memang untuk pakaian yang sering digunakan untuk beraktivitas sehari-hari atau hanya sekadar santai.

Kekurangan Bahan Polyester

Semua produk entah itu kain atau yang lainnya pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Untuk mengetahui kekurangan bahan polyester, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

1. Unbreathable atau Tidak Memiliki Sirkulasi Udara yang Baik

Dikarenakan bahan polyester adalah bahan yang termasuk kuat dan juga awet, maka dari bahan ini memiliki serat yang bertekstur rapat. Hal ini membuat penggunanya akan merasa tidak nyaman ketika menggunakannya karena mudah lembap dan juga kurang mampu untuk menyerap keringat berlebih. Ditambah dengan bahan ini memiliki senyawa kimia yang mungkin untuk sebagian orang dengan kulit sensitif akan berisiko terkena iritasi.

2. Mudah Terbakar

Senyawa kimia yang digunakan pada bahan polyester adalah senyawa yang sama persis untuk membuat plastik. Maka dari itu, bahan polyester ini memiliki kekurangan yaitu sangat mudah sekali terbakar. Apabila kamu memiliki pakaian yang terbuat dari bahan polyester jangan coba untuk mendekatkan pakaian atau barang apapun ke api yang sedang menyala. Jika sampai terjadi, maka risiko fatal seperti terbakar bisa saja timbul.

Untuk mengurangi risiko langsung dari kekurangan yang ada, produsen pakaian mengakalinya dengan tidak menjadikan polyester sebagai satu-satunya komposisi untuk membuat pakaian. Kain polyester akan dicampur dengan jenis kain lain yang lebih alami seperti katun untuk menciptakan perpaduan yang pas dan muncul pakaian dengan bahan terbaik.

Hasil kombinasi ini tentu saja bisa menghasilkan perpaduan bahan dan jenis pakaian yang memiliki karakteristik unggul seperti diantaranya adalah awet, tahan lama, tidak mudah terbakar, mudah menyerap keringat, mudah kering, dan keunggulan lainnya.

Kenapa Harus Polyester?

Bahan polyester sendiri menjadi salah satu bahan tekstil yang cukup populer, bahkan selama puluhan tahun silam bahan ini sudah punya tempat tersendiri di hati produsen pakaian. Salah satu alasan yang membuat banyak orang menyukai bahan ini adalah karena sifatnya yang thermoplastic atau heat-sensitive (peka terhadap panas).

Dengan kelebihan ini maka 100% bahan polyester bisa dikombinasika dengan model pleats dan juga bisa dipotong dengan menggunakan lase. Bahan polyester juga memiliki ketahanan terhadap noda bandel sehingga sangat mudah untuk dibersihkan. Pakaian yang terbuat dari bahan polyester ini cenderung licin dan hampir sangat halus pada saat disentuh oleh tangan langsung. Maka dari itu, bahan ini sangat disukai oleh penjahit karena mudah dalam membuat pola dan juga desain.

Supplier Kain Jakarta

Jika kamu adalah seorang pemilik usaha yang bergerak di dunia clothing, maka kebutuhan bahan kain adalah hal utama untuk usaha mu bukan? Pemilihan bahan kain yang berkualitas dan juga murah adalah hal yang penting untuk dilakukan.

Untuk kamu yang saat ini sedang mencari supplier kain termurah, maka MC Texstyle bisa menjadi pilihan terbaikmu. MC Texstyle adalah supplier kain Jakarta yang melayani pembelian grosir kain termurah ke seluruh Indonesia. MC Texstyle sudah bekerja sama dengan beberapa pengusaha clothing besar dalam memasok kebutuhan kain-kain berkualitas dan murah.

Dapatkan HANDBOOK + HANDFEEL GRATIS sebagai informasi kualitas kain yang dijual oleh MC Texstyle. Hubungi kami melalui akun Instagram @mctexstyle atau melalui tombol WhatsApp di bawah ini untuk mendapatkan harga terbaiknya.

Airflow Crinkle Warna Cetar