Kain Tile Polos – Apakah kamu saat ini sedang mencari bahan kain yang bagus dan cocok untuk digunakan membuat gaun pesta, rok tutu, gamis, blouse, kebaya, tunik, dan berbagai macam pakaian lainnya? Apabila kamu ingin mendapat bahan kain dengan karakteristik yang unik dan lain dari biasanya, maka kamu bisa menggunakan kain tile. Apa itu kain tile?

Pengertian Kain Tile

Kain tile atau nama lain dalam Bahasa Inggris adalah tulle adalah jenis kain yang memiliki ciri khas seperti jarring kecil dengan permukaan berlubang-lubang sehingga tampilannya menjadi tampak transparan. Walau pun jenis ini bisa dibilang memiliki tekstur yang transparan, namun kain ini cukup kuat dan tahan lama untuk digunakan sebagai bahan utama pembuatan busana.

Sebagai bahan kain yang memiliki kelebihan dan karakteristik spesial, kain tile biasanya terbuat dari berbagai macam serat seperti sutra, nilon, polyester, hingga rayon. Dari berbagai macam jenis serat tersebut, kain yang terbuat dari rayon adalah kain paling langka, sedangkan kain yang paling banyak terbuat dari bahan sintetis polyester.

Sejarah Kain Tile

Jika dilihat dari sejarahnya, kain tile pertama kali muncul digunakan sebagai kostum balet di Paris. Kemudian setelah itu populatitasnya mulai meningkat setelah digunakan oleh Ratu Victoria pada gauh pernikahannya pada 1840 silam. Hal yang membuat kain tile ini banyak menarik perhatian adalah karena struktur kain tile diambil dari struktur Bobbinet.

Bobbinet sendiri diketahui pertama kali muncul di Britania dan diciptakan oleh John Heathcoat pada awal 1800-an dengan cara melilitkan benang pakan di sekitar benang lungsi sehingga tercipta desain heksagonal yang kuat. Bentuk ini tidak akan berubah karena dililit dengan tegangan tertentu.

Dengan mengadaptasi struktur tenunan bobbinet ini, maka terciptalah kain tile yang memiliki karakteristik yang cukup kuat, ringan, dan tentunya tahan lama. Jadi, walau pun bobbinet dan kain tile sama-sama memiliki tekstur jarring-jaring, keduanya tetaplah dua jenis kain yang berbeda.

Bobbinet

Bobbinet adalah kain tipis yang berbentuk heksagonal dan juga memiliki sifat yang transparan atau menerawang. Hanya saja memang kain ini sedikit buram dan juga memiliki tekstur yang lumayan kasar. Kain ini banyak sekali ditemukan di negara Inggris dan juga Perancis.

Kain Tile

Jenis kain tile adalah kain yang hampir mirip dengan bobbinet, namun terdapat beberapa perbedaan yang perlu diketahui. Apabila kain bobbinet memiliki tekstur yang lumayan kasar, maka berbeda dengan kain tile yang memiliki tekstur lembut. Selain itu, bahan tile juga kebanyakan lebih ringan daripada kain bobbinet.

Jenis Kain Tile Polos

Berdasarkan karakteristiknya, bahan kain tile pada prinsipnya memiliki beberapa warna dan juga jenis. Mulai dari kain tile polos yang kaku hingga yang halus. Kain tile polos digunakan pada pakaian biasanya untuk memberikan kesan mengembang atau bisa juga sebagai renda.

1. Kain Tile Polos Halus

Bahan Kain tile halus biasanya memiliki tekstur yang sangat lembut dan juga lemas apabila dipegang. Kain tile polos halus ini sangat cocok sekali apabila digunakan sebagah bahan utama untuk membuat pakaian resmi seperti kebaya untuk pernikahan atau untuk dalaman brokat.

2. Kain Tile Polos Medium

Bahan tile jenis medium adalah jenis kain yang memiliki tekstur tidak terlalu lembut atau lemas namun tidak juga terlalu kasar atau kaku. Kain tile polos medium sendiri banyak sekali diaplikasikan sebagai bahan utama pembuatan dress tutu, rok tutu, dan juga veil sebagai aksesoris rambut pengantin wanita.

3. Kain Tile Polos Kaku

Jenis kain tile ini disebut kaku karena memang teksturnya yang sangat kaku. Bahan yang satu ini biasanya banyak digunakan untuk membuat bungkus aksesoris pernikahan atau detail dekorasi rumah tangga. Pakaian yang menggunakan kain ini pun sebenarny ada, namun hanya diaplikasikan pada bagian tertentu saja.

Jenis Kain Tile

Salain terbagi menjadi beberapa karakteristik bahannya, kain tile juga pada prinsipnya memiliki banyak variasi bahan yang tidak kalah menarik. Perbedaan setiap jenis tile ini ada pada bahan dasar pembuatannya seperti sutra, polymide polyester, nilon, dan spandek. Ada beberapa jenis bahan tile yang populer, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

1. Silk Tile (Tile Sutra)

Silk tile adalah kain tile yang memiliki tekstur paling halus dan lembut di antara jenis lainnya. Namun, sebagamana kain yang terbuat dari benang sutra lainnya, tile sutra ini jarang dijumpai dan harganya pun sangat mahal.

2. Nylon Tile (Tile Nilon)

Tile yang terbuat dari serat nilon menjadi jenis tile yang paling banyak dijumpai di berbagai jenis pakaian karena harganya pun sangat terjangkau. Gaun yang terbuat dari bahan velvet akan semakin cantik apabila dipadukan dengan bahan ini.

3. Polyester Tile (Tile Polyester)

Sesuai dari sifat polyester sendiri yang cenderung kaku, maka kain tile polyester sendiri memiliki karakteristik yang seikit kaku. Maka dari itu, tile jenis ini banyak digunakan dalam pembuatan aksesori dan juga kerajinan tangan.

4. Illusion Tile

Kain tile yang satu ini terbuat dari campuran serat polyester dan juga nilon yang biasa disebut juga sebagai bridal illusion tile karena sering sekali digunakan pada gaun dan penutup wajah pengantin. Kain ini memiliki lubang jarring yang berbentuk berlian dengan tekstur halus.

5. Stretch Illusion Tile

Stretch Illusion tile adalah kain yang bersifat stretch atau bisa diregangkan. Sifat stretch ini didapatkan dari serat yang digunakan adalah campuran spandeks atau elastane. Tile stretch sangat cocok sekali untuk dijadikan bahan utama membuat gaun.

Bahan Kain Tile untuk Pernak-pernik

Untuk memenuhi kebutuhan para wanita terhadap pakaian yang berkualitas, maka ada juga beberapa jenis kain tile yang dibentuk menjadi berbagai macam pernak-pernik. Kain tile yang dimaksud ialah kain tile glitter yang tampil berkilau, lalu ada juga kain tile mutiara, kain tile akar, dan kain tile border.

1. Kain Tile Glitter

Bahan tile glitter adalah salah satu varian kain tile yang dihiasi dengan glitter sehingga memiliki kesan yang sangat mewah dan berkilau apabila terkena cahaya. Kain tile glitter ini sangat cocok untuk digunakan sebagai bahan utama pembuatan gaun malam dan juga kerajinan lainnya.

2. Kain Tile Mutiara

Bahan tile mutiara adalah bahan yang bertekstur jaring-jaring yang diberi hiasan manik-manik sehingga tampilannya terkesan lebih mewah dan juga elegan. Kain tile mutiara ini sangat cocok untuk dijadikan bahan kebaya, gaun pengantin, gamis, dan juga blouse.

3. Kain Tile Akar

Kain tile akar adalah jenis kain yang memiliki ciri khas berupa motifnya yang merambat layaknya akar. Selain itu motif kain tile akar ini juga sangat cocok untuk dipadukan dengan motif yang lain seperti bunga atau mutiara-mutiara kecil.

4. Kain Tile Bordir

Kain tile border adalah jenis kain yang diperoleh dari perpaduan antara tile dan juga bordiran. Jenis bordiran pada kain tile yang satu ini juga memiliki desain yang sangat beragam. Salah satu yang masih menjadi favorit adalah berupa border bunga yang bisa kamu kreasikan dengan payet.

Negara Produsen Kain Tile

Berbicara mengenai kain tile ini, maka kamu pasti sudah mengetahui negara mana saja yang menjadi pengasil kain tile terbesar. Walau pun sudah sering sekali menjumpai kain tile ini, namun masih banyak diantara kamu yang mungkin masih belum mengetahui bahwa untuk saat ini setidaknya terdapat empat negara besar yang dikenal sebagai produsen kain tile.

Untuk mengetahui ulasan lengkap mengenai negara produsen kain tile ini, silakan simak informasinya di bawah ini.

1. Perancis

Sebagai sebuah negara pusat mode dunia, Perancis diketahui banyak memproduksi berbagai jenis kain mewah dan mahal. Salah satu perusahaan yang menjadi produsen kain tile asal Perancis bernama Dentelle De Calairs memang sudah sangat terkenal ke penjuru dunia. Perusahaan ini sendiri sudah berjalan sejak 1809 silam.

2. Inggris

Inggris adalah salah satu negara yang menjadi produsen kain tile dalam berbagai variasi yang tak terhingga. Kain tile hasil produksi Inggris pada umumna banyak dibuat dengan aksen atau beberapa motif tambahan.

  • Tile dengan aksen bunga menjadi bahan kai yang banyak diproduksi oleh Inggris.
  • Tidak hanya memberikan aksen kain saja, Inggris juga memberikan sentuhan modifikasi pada tekstur dan tampilan lain.
  • Dalam beberapa kesempatan kamu juga bisa menemukan jenis kain yang dipenuhi dengan manik-manik yang membuat lebih elegan.
  • Tile asal Inggris banyak sekali diaplikasikan sebagai bahan utama pembuatan busana acara formal seperti gaun pernikahan.

3. China

China sendiri memang diketahui menjadi salah satu negara yang melakukan ekspor kain tile ke Indonesia. Kain tile yang diproduksi dari negara ini kebanyakan terbuat dari bahan sintetis, hal ini dikarenakan harga bahan kain sintetis cenderung lebih murah jika dibandingkan dengan kain tile yang terbuat dari bahan alami sutra.

4. Italia

Seolah tidak mau kalah dengan negara Perancis yang masih satu benua, Italia juga memang dikenal sebagai negara yang memproduksi kain tile. Bahkan Italia sampai memiliki mesin industri khusus untuk menghasilkan bahan tile ini. Di Italia sendiri, kain tile diproduksi dengan bahan utama nilon.

Penggunaan Kain Tile

Berbicara penggunaan kain ini pada dunis fashion, kain tile sendiri pada prinsipnya bisa digunakan untuk membuat berbagai jenis pakaian, mulai dari gaun pesta, kebaya, rok tutu, veil, gamis, hingga blous wanita. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

1. Gaun Pesta

Gaun pesta ini menjadi salah satu busana yang sangat banyak sekali diproduksi dengan bahan kain tile. Untuk hal ini, bahan kain tile yang digunakan adalah jenis kain tile polos, kain tile glitter, kain tile mutiara, kain tile akar, hingga kain tile bordir.

Penggunaan kain tile pada gaun pesta sendiri biasaya digunakan untuk membentuk kesan yang mengembang. Kain tile juga bisa digunakan sebagai underskirts untuk menciptakan bentuk yang kaku. Untuk mempercantik tampilan dari gaun pesta, kamu juga bisa menambahkan detail payet mutiara, bordir, ikat pinggang, dan lainnya.

2. Kebaya

Selain diaplikasikan untuk gaun pesta, kain tile juga sangat cocok untuk digunakan sebagai bahan utama pembuatan kebaya. Ketika kain tile ini dijadikan sebaga bahan utama kebaya, maka busana yang dihasilkan pun akan membentuk siluet tubuh menjadi lebih menawan, elegan, hingga menawan.

3. Rok Tutu

Rok tutu adalah rok yang biasa dipakai oleh ballerina dengan bahan dasar kain tile yang sedikit kaku dan mengembang. Busana rok tutu yang awalnya digunakan untuk balet, saat ini mulai dikembangkan oleh apra desainer sebagai pelengkap gaya busana anak serta wanita dewasa.

Sebagai pelengkap tampilan anak-anak dan wanita dewasa tok tutu inipun pada prinsipnya bisa dijumpai dengan berbagai macam model yang cukup beragam. Diantaranya adalah:

  • Rok tutu model bertingkat yang terdiri dari beberapa lapis. Dimana panjang dari tiap lapis memiliki perbedaan dan terkadang warnanya pun berbeda sehingga menimbulkan efek ombre.
  • Rok tutu model mengembang yang hanya terdiri dari 1 atau 2 lapis kain tile yang dikerut pada bagian pinggangnya shingga tampak menumpuk dan juga mengembang.
  • Rok tutu tanpa jatihan yang memang diproduksi tanpa jahitan, tapi hanya terdiri dari banyak potongan bahan kain yang diikatkan pada sebuah elastis.

4. Veil Pengantin

Veil pengantin adalah salah satu pelengkap dalam dunia fashion yang juga terbuat dari kain tile. Untuk produk ini biasanya menggunakan jenis kain tile polos ataupun kain tile motif. Veil sendiri adalah potongan kain yang berfungsi untuk menutup beberapa bagian dari kepala atau wajah.

5. Gamis

Gamis wanita saat ini banyak sekali dibuat dengan bahan dasar kain tile. Untuk desain dan modelnya sendiri, gamis yang terbuat dari kain tile ini secara umum bisa kamu temukan dalam berbagai macam varian model yang ada. Beberapa model gamis yang dimaksud adalah:

  • Gamis wanita model ruffle yang dihias dengan aksen ruffle di beberapa bagiannya, missal saja seperti lengan, ujung bawah gamis, bagian leher, hingga bagian depan.
  • Busana gamis wanita dengan lonceng adalah salah satu model gamis wanita yang memiliki lengan mengembang seperti layaknya sebuah lonceng.
  • Baju gamis busui yang dilengkapi dengan fitur kancing atau resleting pada bukaan depan untuk memudahkan penggunanya pada saat ingin menyusui sang anak.
  • Gamis layering dengan aksen bertumpuk sehingga tampak seperti tunik yang dipadukan dengan rok panjang padahal yang sebenarnya bukan.

6. Tunik

Sama seperti gamis dan pakaian wanita lainnya, belakangan ini tunik juga sedang ngetren dan banyak dicari oleh para wanita. Tunik sendiri adalah sejenis pakaian longgar yang menutupi dada, bahu, bagian punggung, dan panjangnya sendiri bisa menutupi lutut hingga pertengahan betis.

7. Blouse Wanita

Blouse dengan model longgar juga bisa dibuat dengan menggunakan bahan utama kain tile. Sama seperti busana gamis atau tunik, blouse wanita juga pada prinsipnya memiliki ciri-ciri khusus yang membedakan dengan jenis pakaian lainnya. Beberapa ciri paling khas dari blouse wanita yang penting untuk kamu ketahui diantaranya adalah:

  • Pertama, blouse wanita tidak selalu menggunakan kancing yang full pada bagian depannya.
  • Blouse wanita tidak selalu menggunakan manset.
  • Untuk sejumlah baju blouse sendiri untuk saat ini ada yang dilengkapi dengan kerah namun ada juga yang tidak menggunakan.
  • Lengan pada baju blouse dibentuk dalam berbagai varian model dan juga ukuran.
  • Bagian bawah baju blouse wanita tampil menggantung pada saat dikenakan.

Kesimpulan

Dan itu dia pembahasan singkat mengenai kain tile, termasuk jenis-jenis dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari yang bisa dibagikan untuk Anda. Dari penjelasan di atas, bisa ditarik sebuah kesimpulan bahwa selain kain ini terdiri dari berbagai macam jenis, pemanfaatannya pun dalam dunia fashion sangat lah luas.

Apabila kamu membutuhkan kain tile polos dengan harga yang murah, maka kamu bisa mendapatkannya di MC Texstyle. MC Texstyle adalah supplier kain Jakarta yang menghadirkan berbagai macam jenis kain dengan harga termurah di Indonesia. Termasuk salah satunya adalah kain tile polos dan kain tile dot.

Harga kain tile polos di MC Texstyle sendiri adalah sekitar Rp6.000/yard, dan harga kain tile dot di MC Texstyle seharga Rp8.000/yard. Harga tersebut bisa sewaktu-waktu berubah.

MC Texstyle sudah menjadi supplier kain bagi ratusan produsen dan pemilik usaha di dunia fashion seluruh Indonesia. Dapatkan HANDFEEL + HANDBOOK GRATIS hanya dengan menghubungi kami melalui akun Instagram @mctextyle atau melalui tombol WhatsApp di bawah ini.

Airflow Crinkle Warna Cetar