Kain oxford adalah jenis kain yang sangat direkomendasikan untuk dijadikan sebagai pakaian seperti kemeja formal, seragam sekolah, seragam kerja, dan produk fashion lainnya. Jenis kain oxford ini memang sudah tak diragukan lagi kualitasnya dan sangat direkomendasikan oleh orang-orang yang berkutat di bidang tekstil ataupun garmen.

Kain oxford adalah salah satu jenis kain yang memiliki kehalusan dan kelembutan berkualitas yang mampu membuat pemakainya merasakan kenyamanan secara maksimal. Lalu, apa itu kain oxford? Yuk simak ulasan lengkapnya dalam artikel ini.

Pengertian Kain Oxford

Pengertian Kain Oxford
Pengertian Kain Oxford

Mungkin untuk beberapa orang menganggap oxford adalah salah satu universitas terkenal di Inggris. Namun, dalam artikel kali ini kita bukan membahas Universitas Oxford yah, melainkan kain bernama oxford. Kain oxford adalah salah satu jenis kain yang terbuat dari gabungan serat alami dan juga serat buatan dengan pola tenunan menyerupai kain drill. Namun struktur anyaman pada kain oxford ini jauh lebih rapat dan juga lebih tipis dibandingkan dengan kain drill. Namun struktur permukaan kain oxford jauh lebih rapat dan lebih tipis daripada kain drill.

Ciri dan Karakteristik Kain Oxford

Sama seperti jenis kain lainnya, kain oxford juga memiliki ciri khas yang bisa memudahkan kamu untuk membedakannya. Hal ini perlu diketahui agar kamu tidak salah membeli sebuah kain. Berikut di bawah ini penjelasan singkat mengenai ciri khas dan karakteristik kain oxford.

  • Kain oxford memiliki sifat yang halus dan lembut pada saat diraba.
  • Serat kain tampak tertata rapi.
  • Kain oxford cenderung tipis dan ringan sehingga sifat kainnya sangat adem.
  • Kain oxford termasuk ke dalam jensi kain yang kuat dan tidak mudah robek karena terbuat dari anyaman khusus.
  • Jalinan antar benang padakain oxford memiliki perbedaan diantara kain lainnya. Walaupun kain oxford merupakan kain drill, namun garis diagonal pada permukaan kainnya tidak terlalu terlihat.

Kelebihan dan Kekurangan Kain Oxford

Nah, setelah mengetahui apa itu kain oxford beserta ciri khasnya, maka kamu juga perlu mengetahui kelebihan dan kekurangan dari kain oxford ini. Apa saja itu? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Kelebihan Kain Oxford

Ada beberapa kelebihan kain oxford yang disukai oleh banyak orang, sampai-sampai kain ini dijadikan bahan utama pembuatan kemeja, blouse, dan juga jenis pakaian lainnya. Simak kelebihan kain oxford lebih lanjut di bawah ini.

  • Karakteristik kain oxford yang halus dan lembut membuatnya menjadi ciri khas sekaligus kelebihan kain oxford.
  • Kain oxford pun lebih kuat dibandingkan jenis kain drill lainnya. Dan kelebihan ini yang membuat kain oxford tahan lama dibandingkan kain lainnya.
  • Terdiri dari berbagai warna yang membuat kita dimudahkan untuk memilih dan menyesuaikan dengan selera kita.
  • Tidak panas dan juga cocok untuk digunakan pada negara beriklim tropis seperti Indonesia.
  • Busana yang terbuat dari bahan oxford sangat mudah dalam hal perawatannya.
  • Harganya cukup terjangkau dengan kualitas kain setara dengan kain premium.
  • Mudah ditemukan karena banyak dijajahkan oleh toko kain online maupun offline

Kekurangan Kain Oxford

Dibalik sebuah kelebihan, pasti terdapat kekurangan yang perlu kamu ketahui juga. Lalu, apa saja kekurangan kain oxford? Simak selengkapnya berikut ini.

  • Bahan kain oxford mudah kusut, walaupun untuk menghilangkan efek kusutnya tidak begitu sulit.
  • Jika dicuci dengan deterjen berlebih, pakaian yang terbuat dari kain oxford lebih rentan sobek.
  • Tidak bisa dibordir karena bahan yang tipis, maka dari itu di pasaran sendiri baju yang terbuat dari kain oxford kebanyakan tampil secara polos.
  • Hanya ada warna soft atau warna pastel.

Penggunaan Kain Oxford

Seperti yang sudah dibahas pada awal paragraf, kain oxford sering dijadikan sebagai bahan utama pembuatan beberapa jenis pakaian. Mulai dari pakaian formal, non formal, hingga kasual. Namun, untuk kain oxford sendiri paling sering diaplikasikan pada seragam sekolah. Untuk mengetahui jenis pakaian apa saja yang biasanya menggunakan kain oxford sebagai bahan utamanya, silakan simak ulasan di bawah ini.

1. Kemeja Pria

kemeja bahan oxford
kemeja bahan oxford

Kemeja adalah salah satu model atasan yang sering digunakan oleh para lelaki dalam berbagai kegiatan. Model kemeja sendiri terdiri dari beberapa macam, mulai dari model formal, regular, hingga slim fit.

2. Seragam PDH atau PDL

PDH bahan oxford
PDH bahan oxford

Dengan feel formal dan harga yang terjangkau membuat kain oxford juga sering dijadikan sebagai bahan pembuatan pakaian dinas seperti seragam PDH (Pakaian Dinas Harian) hingga PDL (Pakaian Dinas Lapangan).

3. Baju Koko

Baju Koko bahan oxford
Baju Koko bahan oxford

Selain dibuat menjadi kemeja pria, kain oxford juga sering dijadikan bahan pembuatan baju koko. Baju koko sendiri adalah baju yang didesain khusus untuk para pria muslim. Biasanya, baju koko juga dibedakan menjadi beberapa jenis, mulai dari model lengan pendek hingga lengan panjang.

Baca Juga: Baju Kurta Pria – Jenis, Ciri, dan Bahan Kain untuk Membuatnya

4. Blouse Wanita

Blus Wanita bahan oxford
Blus Wanita bahan oxford

Setelah membahas busana pria, kini kita akan membahas busana wanita yang menggunakan kain oxford sebagai bahan utamanya. Blouse adalah salah satu pakaian wanita yang terbuat dari kain oxford. Dengan warna-warna pastel dan juga desain blus yang simpel, membuat blus yang terbuat dari kain oxford sangat direkomendasikan untuk dimiliki.

5. Gamis

Gamis Bahan Oxford
Gamis Bahan Oxford

Saat ini kain oxford juga sudah merambah ke dalam dunia fashion muslim, selain baju koko, gamis adalah salah satu pakaian muslim yang bisa diproduksi menggunakan bahan kain oxford. Walaupun bahannya cenderung tipis, namun serat kain oxford cukup rapat sehingga tidak akan menerawang.

6. Outer

Outer Bahan Oxford
Outer Bahan Oxford

Apabila kamu adalah seseorang yang suka tampil rapi namun sederhana, maka outer adalah salah satu produk fashion yang tentunya wajib kamu miliki. Kain oxford juga sering dijadikan sebagai bahan utama pembuatan outer dengan warna-warna netral seperti biru dongker, hitam, yang tentunya sangat cocok untuk dikombinasikan dengan warna apapun.

7. Rok atau Celana

Rok atau Celana Oxford
Rok atau Celana Oxford

Sifat kain oxford adalah kuat, maka tak heran apabila kain ini sering dijadikan sebagai bahan pembuatan bawahan seperti rok hingga celana. Model celananya pun bervariasi, mulai dari celana kulot, celana kerja, hingga celana santai.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai kain oxford, mulai dari kelebihan, kekurangan, hingga penggunaannya pada busana. Untuk kamu yang ingin merasakan bahan kain premium namun dengan harga terjangkau, maka kain oxford ini bisa dijadikan pilihan yang tepat.

Untuk mendapatkan kain oxford berkualitas, belilah pada toko kain dengan rating yang sudah terbukti bagus. MC Texstyle adalah toko grosir kain yang sudah dipercaya oleh ratusan brand clothing line seluruh Indonesia. Selain kain oxford, MC Texstyle juga menjual berbagai jenis kain yang tentunya memiliki kualitas premium namun harga terjangkau.

Untuk kamu yang ingin bertanya-tanya terlebih dahulu, kami selalu terbuka untuk melakukan konsultasi gratis mengenaik bahan kain. Hubungi kami melalui akun Instagram @mctexstyle atau melalui tombol WhatsApp di bawah ini. Semoga bermanfaat yah.

Airflow Crinkle Warna Cetar