Kain toyobo adalah bahan yang memiliki persamaan dengan kain katun atau bisa dikategorikan dalam satu macam kain katun. Untuk seseorang yang masih awam mengenai kain mungkin hanya mengetahui jenis kain seperti katun dan sutra saja. Tidak banyak orang yang mengetahui tentang jenis kain yang bernama kain toyobo. Dari namanya, mungkin kamu bisa langsung mengetahui negara mana kain ini berasal. Jepang adalah negara asal muasal kain Toyobo.

Perusahaan yang pertama kali memproduksi kain ini adalah Toyoboseki Kabushiki-gaisha. Untuk kamu yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang kain toyobo, maka silakan simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Cek Produk Kain Toyobo Disini

Apa Itu Kain Toyobo?

Kain Toyobo
Kain Toyobo

Seperti yang sudah dibahas pada awal paragraf, kain toyobo adalah bahan yang memiliki persamaan dengan kain katun atau bisa dikategorikan dalam satu macam kain katun. Bedanya, kain toyobo memiliki kualitas yang lebih prima dan juga harga yang cukup tinggi.

Selain itu, untuk mendapatkan kain jenis ini, Indonesia diharuskan untuk melakukan impor. Walaupun harganya yang mahal, namun kualitas yang ditawarkan sangat setara. Tekstur kain toyobo sangat lembuh dan halus, hal inilah yang membuat para produsen baju menggunakan kain ini untuk produksinya.

Kain toyobo terbuat dari serat alami yaitu kapas, sehingga pemakai akan merasakan kenyamanan yang maksimal walaupun berada di iklim tropis seperti Indonesia. Ketika menyentuh kulit, kain ini sangat dingin dan juga nyaman, dan kelebihan lainnya adalah kain ini mampu menyerap keringat secara maksimal.

Cek Produk Kain Toyobo Disini

Kenapa Harus Kain Toyobo?

Dari banyaknya jenis kain yang ada di pasaran, mayoritas produsen yang bergerak di bidang busana cenderung memilih kain Toyobo dibandingkan dengan kain katun lainnya. Dan apabila dibandingkan dengan katun lain, Toyobo memiliki lebih banyak kelebihan yang bisa membuat pemakainya merakan kenyamanan maksimal. Untuk lebh detailnya, simak bahasan mengenai alasan kenapa orang memilih kain katun toyobo di bawah ini.

1. Bahannya yang Lembut

Walaupun kain ini memiliki tekstur di bagian permukaannya, namun kain toyobo adalah bahan yang sangat lembut dan juga tidak kasar. Bahan toyobo tidak akan membuat pemakainya merasakan panas ataupun gatal pada kulit sehingga cocok untuk digunakan sebagai bahan pembuatan pakaian sehari-hari.

2. Bahannya Dingin

Alasan lain kenapa banyak orang yang lebih memilih toyobo dibandingkan jenis kain lain adalah karena bahannya yang adem sehingga nyaman pada saat digunakan dalam kegiatan sehari-hari. Baha toyobo memiliki kemampuan menyerap keringat yang sangat baik sehingga tidak akan membuat baju menempel pada tubuh pada saat berkeringat.

Hal ini lah yang membuat banyak orang menyukai bahan toyobo karena bisa beraktivitas dan bergerak dengan mudah walaupu kondisi badan berkeringat sekalipun.

3. Mudah Dibentuk dan Tidak Butuh Furing

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, kain ini memiliki ketebalan yang cukup namun tidak membuatnya mudah kaku. Sehingga memang untuk para wanita yang ingin membuat dress sangat direkomendasikan sekali untuk menggunakan kain toyobo ini. Karena bahannya sendiri tidak sejatuh satin namun masih sangat bisa dibuat dress terbentuk dengan cantic.

Kelebihan lainnya dari toyobo adalah bahan yang mudah dibentuk namun tidak jatuh sehinga membuatnya tetap nyaman saat digunakan pada dress. Apabila ingin membuat dress dari bahan ini, tidak membutuhkan furing karena bahannya yang tidak panas dan juga tidak menempel pada badan.

Cek Produk Kain Toyobo Disini

4. Bahan Glossy dan Banyak Pilihan

Walaupun banyak orang yang menggunakan kain ini sebagai bahan utama bajunya, jangan khawatir terlihat sama atau kembaran dengan orang lain. Karena pilihan dari jenis kain ini sangat banyak, mulai dari yang polos berwarna hingga yang bermotif. Untuk motifnya pun cukup beragam sehingga berpotensi untuk kembaran dari orang asing sangatlah kecil.

5. Bisa Digunakan untuk Acara Formal dan Non Formal

Salah satu alasan kenapa banyak orang yang memilih kain ini ialah karena bahannya yang nyaman sehingga bisa cocok untuk diaplikasikan pada baju formal maupun non formal. Apabila ingin digunakan pada baju pesta, pilihlah warna yang cerah dan juga glossy. Sedangkan untuk baju non formal dan lebih santai, maka gunakan bahayn toyobo bermotif atau polos.

Mengenal Perusahaan Toyobo

Toyo Boseki Kabushiki
Toyo Boseki Kabushiki

Perusahaan Toyo boseki Kabushiki adalah salah satu perusahaan besar yang ada di jepang yang melakukan produksi terhadap beberapa kain seperti polyester, nilon, hingga akrilik. Bahkan untuk sekarang perusahaan ini terus berkiprah dan semakin maju dalam bidang tekstil.

Kelebihan dan Kekurangan Kain Toyobo

Sama seperti kain pada umumnya, kain toyobo juga memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Untuk mengetahui informasi lengkapnya, silakan simak di bawah ini.

Kelebihan Kain Toyobo

  • Kain toyobo memiliki kualitas tersendiri. Dengan bahan yang halus dan agak licin, bahan toyobo ini disusun dengan serabut halus yang dijahit dengan rapi.
  • Kain toyobo tidak membutuhkan furing tambahan karena kain ini sudah cukup tebal dan tidak menerawang.
  • Walaupun serat kain cukup rapat dan tebal, namun kain ini tidak akan kaku dan terasa ringan saat digunakan.
  • Bisa digunakan sebagai bahan baju formal atau non formal dengan kualitas yang paling baik dari jenis-jenis bahan katun yang lainnya.
  • Kain toyobo terbuat dari bahan serat alami sehingga sangat adem ketika digunakan dan bisa menyerap keringat.
  • Memiliki banyak pilihan warna menarik dan juga elegan.
  • Warna tidak mudah pudar walaupun sudah dicuci dan dijemur hingga berulang kali, hal ini karena kain memiliki ketahanan warna yang sangat bagus.
  • Tidak mudah melar dan akan terkesan mewah pada saat digunakan karena memiliki kesan glossy.

Cek Produk Kain Toyobo Disini

Kekurangan Kain Toyobo

1. Hanya Tersedia Motif Polos

Kain toyobo memang memiliki banyak warna-warna cantik dan juga bagus. Namun ketika kamu membutuhkan kain toyobo bermotif, mungkin akan sedikit kesulitan. Hal ini dikarenakan kain toyobo yang dijual sebagian besar adalah jenis dengan warna polos saja.

2. Harga Cukup Tinggi

Apabila dilihat dari sisi harga, kain ini pada umumnya jauh lebih mahal dibandingkan dengan harga kain seperti katun Jepang. Walaupun harga di pasaran tidak terlampau jauh, namun tentu saja hal ini akan membuat pengeluaran terasa cukup besar. Terlebih apabila kamu membutuhkan kain toyobo dalam jumlah besar.

3. Susah Ditemukan

Apabila kamu ingin mendapatkan kain toyobo yang asli dari Jepang, maka kamu harus bersiap kesulitan untuk mendapatkannya. Untuk bisa mendapatkan yang asli, kamu harus langsung membelinya melalui supplier kain terpercaya seperti MC Texstyle.

4. Tingkat Ketahanan Kurang Kuat

Apabila dibandingkan dengan material kain yang terbuat dari serat sintetis, kain toyobo yang berbahan dasar kapas alami memiliki tingkat ketahanan yang tidak begitu kuat. Maka dari itu, apabila kamu akan memproduksi pakaian dengan bahan toyobo, ada baiknya perhatikan juga petunjuk perawatan agar kain tidak cepat rusak.

5. Berisiko Mendapat Kain Toyobo KW

Dengan banyaknya permintaan akan katun toyobo ini, maka semakin banyak pabrik kain local yang membuat produksi katun toyobo dengan kualitas menyerupai toyobo asli dengan berbagai macam grade. Hal ini bisa menyebabkan kamu membeli katun toyobo KW super apabila tidak jeli saat membelinya.

Dapatkan kain Toyobo asli hanya di MC Texstyle yang merupakan supplier kain Jakarta terbaik dengan harga grosir termurah.

Karakteristik Kain Toyobo

Karakteristik Kain Toyobo
Karakteristik Kain Toyobo

Pembahasan kali ini akan mengungkap secara lebih detail dan dalam mengenai kain toyobo. Ada beberapa karakteristik kain ini yang perlu kamu pahami. Untuk mengetahui informasi lengkapnya, silakan simak penjelasan berikut ini.

1. Tingkat Kenyamanan Pengguna

Ada banyak sekali jenis kain yang biasa digunakan sebagai bahan untuk membuat pakaian. Walaupun demikian, masing-masing negara memiliki iklim yang berbeda dan sudah pasti hal ini akan sangat memengaruhi jenis bahan yang nyaman digunakan.

Pada cuaca dingin, sudah pasti bahan dari wol akan sangat membuat pemakainya nyaman. Namun bahan ini sudah sangat pasti tidak akan cocok untuk digunakan di negara dengan iklim tropis seperti Indonesia.

Maka dari itu, warga negara tropis banyak yang menggunakan kain katun untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Kain ini juga bisa menyerap ketingan dengan baik.

2. Serat Kain Rapat & Tidak Menerawang

Kain toyobo memiliki tingkat kerapatan yang sangat besar sehingga tidak menerawang sama sekali. Jadi, ketika dikenakan kamu tidak perlu lagi melapisinya dengan bahan lainnya.

3. Tidak Mengkilat dan Halus

Bahan kain toyobo memiliki tekstur yang sangat halus dan juga lembut. Walaupun demikian, tidak berarti kain ini memiliki tekstur yang mengkilat. Yang paling penting dari bahan ini adalah tidak kaku sehingga sangat mudah untuk dibentuk sesuai dengan desain yang diinginkan.

4. Ketahanan Warna yang Sangat Baik

Kain toyobo memiliki ketahanan warna yang sangat tinggi dan juga sudah teruji. Walaupun sudah dilakukan pencucian berkali-kali dan dijemur, perubahan warna baru akan muncul dalam jangka waktu yang sangat lama.

5. Tidak Mudah Kusut

Ada banyak sekali jenis kain yang mudah kusut dan sangat susah sekali untuk dirapikan walaupun sudah disetrika. Kain dengan jenis ini memang sedikit menjengkelkan bagi sebagian besar ibu-ibu. Bahkan terkadang perlu waktu lebih yang sangat lama hanya untuk menyetrika satu pakaian saja.

Untuk terhindar dari kondisi tersebut, maka kamu membutuhkan kain yang tidak mudah kusut. Dan kain toyobo adalah solusi terbaiknya. Kain ini terbuat dari bahan yang tebal namun sangat mudah untuk dirapikan dan tentunya tidak mudah kusut.

Jadi dengan harga yang lumayan mahal, kamu sudah bisa membuat pakaian dengan kondisi yang sangat bagus dan cantik. Dengan tampilan rapi, maka aktivitas kamu pun akan terasa nyaman dan asik dilakukan.

6. Kain yang Sifatnya Jatuh

Karakteristik lain dari kain toyobo adalah sifatnya yang tidak kaku walaupun tebal. Hal ini menjadi keuntungan tersendiri bagi para desainer baju gamis. Jadi bisa lebih mudah dalam menjahit dan juga membentuk model busana sesuai dengan keinginan.

Sifat kain dengan kriteria tebal namun luwes sangatlah susah untuk dicari. Hal ini dikarenakan kebanyakan kain yang tebal memiliki tekstur yang sangat kaku dan juga sulit untuk dibentuk dengan menggunakan berbagai macam desain baju.

Cek Produk Kain Toyobo Disini

Perbedaan Kain Toyobo dengan Katun Biasa

Untuk kamu yang sudah nyemplung ke dalam dunia fashion, mungkin membedakan antar jenis kain adalah hal sangat mudah. Namun untuk beberapa orang yang masih awam, mungkin hal ini terbilang cukup sulit.

Maka dari itu, perlu adanya edukasi yang membahas berbagai informasi terkait jenis kain agar pembaca selalu up to date. Terlebih untuk seeorang yang ingin membuka sebuah usaha yang berkaitan dengan kain seperti butik.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kain toyobo adalah kain yang dibuat oleh perusahaan dari Jepang dan belum sama sekali membuka cabang di Indonesia. Sehingga sampai saat ini kebutuhan pasar Indonesia akan kain toyobo masih perlu mengimpor dari negara tersebut atau dari negara yang sudah memiliki cabangnya.

Sedangkan kain katun biasa merupakan kain yang sudah ada dan diproduksi langsung di Indonesia. Kedua jenis kain ini memiliki harga yang berbeda dan juga karakteristk yangberbeda. Kain katun biasa memiliki tekstur yang sangat lembut tapi tidak selembut kain toyobo.

Perbedaan Kain Toyobo dengan Katun Ima

Kain katun Jepang yang biasa diimpor ke Indonesia tidak hanya Toyobo saja, melainkan ada juga kain katun Ima. Jadi kamu perlu mengetahui cara membedakan keduanya apabila ingin membelinya. Perbedaan pertama yang bisa diketahui adalah dari harganya.

Kedua kain katun impor Jepang ini memiliki harga yang berbeda. Kain katun Ima biasanya memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan kain Toyobo. Kedua kain ini juga memiliki tekstur yang berbeda dan perlu ketelitian pada saat ingin membelinya. Dari segi pola, kedua kain ini memiliki pola yang sedikit berbeda apabila dilihat lebih seksama.

Sedangkan apabila dirasakan dengan meraba pada bagian kain toyobo, maka kamu akan merasakan ketabalan dan juga sedikit kaku dibandingnkan dengan kain katun Ima. Kain toyobo sendiri memiliki tampilan serat yang lebih jelas alurnya dibandingkan dengan kain katun Ima.

Perbedaan Kain Toyobo dengan Kain Ima Slub

Apabila kamu sudah bisa membedakan antara kainkatun toyobo dengan katin ima, maka untuk pembahasan ini mungkin akan lebih mudah dimengerti lagi. Kain katun ima slub sendiri memiliki tekstur benang yang berpola dan jauh berbeda dibandingkan dengan kain ima polos ataupun katun toyobo.

Untuk kain ima slub ini, kamu bisa melihat beberapa jahitan benang yang tampak jauh lebih tebal saling melintang dan membujur. Bentuk kain ima slub ini memang secara sengaja dibuat seperti itu sehingga berbeda dengan kain ima polos.

Jadi dengan kata lain untuk bisa membedakan karakteristik dari kain ima polos dengan katun toyobo jauh lebih sulit dibandingkan dengan mencari perbedaan antara kain katun toyobo dengan kain Ima Slub.

Kain Toyobo Fodu

Seperti yang kalian tahu, kain toyobo memiliki kelebihan yang sangat banyak sehingga menjadi salah satu kain favorit di pasaran. Apabila kain toyobo saja sudah berada di atas kualitas dari kain katun local, maka kain toyobo Fodu merupakan katun dengan kualitas yang super. Kain ini jauh lebih bagus dari sisi kualitas dibandingkan dengan kain toyobo pada umumnya.

Ketika dilihat lebih dekat, kan toyobo fodu memiliki jalinan serat yang lebih rapat dan juga lebih kecil. Berkat jalinan antar kain yang lebih dekat, maka toyobo fodu memiliki tekstur yang lebih lembut dibandingkan dengan katun lainnya.

Busana seperti gamis adalah salah satu pakaian yang sering diproduksi dengan bahan kain toyobo fodu, dengan berbagai macam kelebihannya tersebut, kain ini memang membawa kenyamanan pada pemakainya saat dikenakan. Selain gamis, kerudung model akhwat yang panjang juga biasanya diproduksi dengan kain toyobo fodu ini. Dan biasanya, entah itu gamis atau kerudung akhwat membutuhkan setidaknya kurang lebih 2,5 meter kain toyobo fodu untuk proses produksinya.

Kain premium ini bisa kamu dapatkan melalui MC Texstyle yang merupakan supplier kain Jakarta dengan harga kain grosirnya yang murah. Kamu bisa mendapatkan bahan kain Toyobo grosir dengan harga Rp22.500 saja per yard-nya.

Untuk yang ingin melakukan order kain toyobo fodu ini, kamu bisa menghubungi kami melalui akun Instagram @mctexstyle atau melalui tombol WhatsApp di bawah ini. Dapatkan HANDBOOK + HANDFEEL GRATIS dengan menghubungi kami sekarang juga.

Ciri-Ciri kain Toyobo KW atau Palsu

Untuk kamu yang sangat menyukai kain toyobo karena banyak kelebihannya, kamu perlu hati-hati terhadap beredarnya kain toyobo versi palsu di pasaran. Kain toyobo palsu tentu saja tidak memiliki kualitas yang sama dengan versi aslinya. Ada yang mudah rusak setelah dicuci, dan berbagai masalah lainnya.

Yang jelas kain palsu ini bisa kamu ketahui dengan harga jualnya yang jauh lebih murah bahkan separuh dari harga kain asli. Maka dari itu, kamu perlu mengetahui lebih detail mengenai karakteristik dari barang atau produk yang akan dibeli secara seksama. Hal ini bertujuan agar kamu tidak menyesal setelah melakukan pembelian.

Penggunaan Kain Toyobo yang Tepat

Kain yang satu ini memang dipandang sangat berkelas dan pantas untuk dikenakan pada pakaian untuk berbagai acara formal. Saat ini kain toyobo sedang laris manis untuk digunakan dalam produksi busana seperti gamis, koko, pakaian kantor, hingga celana formal.

Yang jelas kain ini sangatlah cocok untuk digunakan di berbagai macam busana yang bersifat resmi. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, kain ini juga sangat cocok dan laris apabila digunakan sebagai bahan pembuatan jilbab. Dan tak hanya acara formal, kain ini pun cocok untuk digunakan pada pakaian yang digunakan untuk kegiatan sehari-hari.

Sebagai pengguna kamu tidak perlu khawatir dengan panasnya cuaca di Indonesia yang bisa membuat keringat kamu bercucuran dan menetes. Hal ini dikarenakan bahan kain toyobo dapat menyerap keringat secara sempurna. Selain itu, bahan ini juga memiliki sifat adem dan dingin untuk siapapun yang menggunakannya.

Hal yang lebih menarik lainnya adalah bahan ini sangat cocok untuk digunakan sebagai bahan membaut seragam dan juga baju almamater. Dan bahan ini juga bisa digunakan untuk semua kalangan, baik itu orang dewasa, anak-anak, laki-laki, ataupun perempuan.

Kelemahan Kain Toyobo

Apabila kamu adalah orang yang sangat menyukai busana dengan berbagai macam motif, maka kain ini mungkin bukan menjadi salah satu pilihan yang tepat. Sebagian besar dari kain ini memang diproduksi dengan polos tanpa ada motif sama sekali. Walaupun memang ada beberapa kain toyobo yang memiliki motif, namun hal tersebut sangatlah sulit dicari.

Jadi memang bahan ini sebagian besar mudah untuk digunakan pada busana yang polos saja. Jadi ketika ingin membuat busana seperti gamis yang berbahan dasar kain toyobo, maka kamu perlu menghitung secara pas dan akurat harga jual gamis tersebut. Karena memang melihat beberapa jenis kain toyobo yang memiliki harga tinggi, maka kamu juga perlu memperhitungkan harga jual yang pas juga.

Walaupun secara warna kain ini tidak mudah untuk luntur, namun dari sisi ketahanannya sedikit kurang bagus dibandingkan dengan kain sintetis. Untuk itulah kamu sebagai pengusaha dibidang clothing dan busana diharuskan memberikan arahan yang tepat tentang bagaimana cara merawat busana tersebut kepada pelanggan.

Harga Kain Toyobo

Jika kamu adalah seorang pengusaha di bidang gamis, maka sangat disarankan untuk memiliki stok kain jauh sebelum bulan Ramadhan datang. Hal ini disebabkan karena meningkatnya harga dari kain toyobo ketika sudah menjelang bulan puasa.

Sebenarnya peningkatan harga ini bisa terjadi pada seluruh jenis kain yang ada. Jadi agar bisa bersaing dalam memasarkan produk pakaian, kamu perlu memiliki stok kain dua hingga tiga bulan sebelum Ramadhan tiba.

Sedangkan pada satu bulan sebelum bulan puasa digunakan untuk proses produksi dan menjahit busana yang dapat mulai dijual pada saat Ramadhan tiba hingga menjelang idul fitri. Harga jual jual yang kamu tawarkan pada saat momen Ramadhan bisa meningkat signifikan dibandingkan pada saat hari-hari biasa.

Penjualan busana muslim memang sangat laku keras dan mendatangkan keuntungan jauh lebih banyak pada saat momen Ramadhan dibandingkan hari biasanya.

Supplier Kain Jakarta Termurah

Untuk kamu yang saat ini sedang mencari kain Toyobo dengan harga murahnamun bingung ingin membelinya di mana. Maka kamu bisa memilih MC Texstyle. MC Texstyle sendiri adalah supplier kain Jakarta yang menjual berbagai macam jenis kain dengan kualitas premium dan harga grosir termurah.

Untuk yang ingin melakukan order kain toyobo ini, kamu bisa menghubungi kami melalui akun Instagram @mctexstyle atau melalui tombol WhatsApp di bawah ini. Dapatkan HANDBOOK + HANDFEEL GRATIS dengan menghubungi kami sekarang juga.

Airflow Crinkle Warna Cetar