Aljuni Hirossie Berbagi informasi mengenai tips fashion, tips kain, dan inspirasi outfit untuk tampil elegan nan cantik setiap harinya.

Cara Menghilangkan Noda Make Up di Baju

2 min read

Cara Menghilangkan Noda Make Up di Baju

Halo girls, apakah kamu sering merasa kesulitan pada saat menghilangkan noda make up yang menempel di baju? Sebenarnya, cara menghilangkan noda make up di baju cukup mudah dan sederhana. Untuk mengetahui bagaimana Cara Menghilangkan Noda Make Up di Baju tersebut, silakan simak informasi lengkap yang sudah Mintex susun di bawah ini.

Mengenal Make Up

Make up adalah salah satu produk kecantikan yang biasanya digunakan untuk menyempurnakan tampilan. Dibalik kegunaan make up yang penting tersebut, ketika make up mengenai pakaian maka cukup sulit untuk membersihkannya dan bahkan meninggalkan noda yang membandel.

Biasanya, make up yang berminyak bisa menyebabkan noda paling parah. Ditambah ketika proses pencucian dilakukan secarakurang tepat, maka kerusakan pada serat pakaian akan timbul dan membuat noda make up menjadi semakin menyebar.

Cara Menghilangkan Noda Make Up di Baju

Cara Menghilangkan Noda Make Up di Baju
Cara Menghilangkan Noda Make Up di Baju

Untuk kamu yang ingin mengetahui bagaimana mudahnya menghilangkan noda make up yang menempel di pakaian, maka silakan simak informasi lengkapnya di bawah ini.

1. Noda Eye Shadows

Cara menghilangkan noda make up di baju yang pertama ada dari noda eye shadows. Untuk membersihkan noda eye shadows yang menempel di pakaian, kamu bisa menggunakan tisu basah yang bisa dengan mudah ditemukan di sekitar kamu. Cara melakukannya adalah dengan menyiapkan kuas terlebih dahulu, jika sudah siap maka silakan gosok noda dengan kuas dan tisu basah agar pakaian menjadi bersih kembali.

2. Noda Karena Blush On

Sama seperti noda eye shadow, untuk membersihkan noda blush on, kamu bisa menggunakan tisu basah. Namun perlu kamu perhatikan, jangan menggosok noda terlalu keras karena dampaknya tentu bisa memperparah noda hingga merusak tekstur pakaian.

3. Noda Lipstik

Untuk membersihkan noda lipstik yang menempel di pakaian, kamu bisa menggunakan kapas dan juga alcohol, lalu sabun mandi serta hair spray yang biasa digunakan untuk rambut dengan cara sederhana seperti berikut.

  • Kapas dan Alkohol

Basahi kapas terlebih dahulu dengan cairan alcohol, kemudian gosokkan pada permukaan pakaian yang bernoda. Setelah itu silakan bilas paaian dengan air hangan dan cuci kembali seperti biasa.

  • Sabun Mandi

Silakan gosokkan sabun mandi di permukaan pakaian yang terkena noda. Selanjutnya kucek pakaian hingga berbusa dan noda lipstik menghilang, dan kemudian pakaian bisa dicuci kembali seperti biasa.

  • Hair Spray

Silakan semprotkan hair spray yang terdapat noda, kemudian biarkan selama 10 menit. Apabila sudah, maka segera bersihkan secara perlahan dengan spons dan cuci kembali seperti biasanya.

Selain menggunakan beberapa bahan di atas, kamu juga bisa membersihkan noda lipstik pada pakaian dengan bedak bayi, kapur, hingga baking soda.

4. Noda Bedak

Cara menghilangkan noda make up di baju selanjutnya ada dari noda bedak. Apabila pakaian yang kamu kenakan secara tidak sengaja terkena bedak, maka langkah pertama yang dilakukan adalah kibaskan bedak dari pakaian yang kamu kenakan. Apabila terasa sudah sedikit menghilang, silakan sikat secara lembut area yang terkena noda bedak tadi. Tujuan penyikatan secara lembutini adalah agar tidak mendorong bedak tersebut ke dalam serat kain.

Ketika selesai disikat, maka silakan guyur bagian belakang pakaian yang kotor dengan air hangat. Setelah nodanya berkurang, cucilah pakaian seperti biasanya dengan menggunakan deterjen untuk menghilangkan sisa-sisa bedak yang masih ada.

5. Noda Foundation

Untuk membersihkan noda foundation yang menempel di pakaian sebenarnya bisa menggunakan metode seperti pada noda bedak sebelumnya. Namun karena noda foundation cukup susah untuk dihilangkan dan sering menempel pada bagian kerah pakaian, maka kamu bisa menggunakan krim cukup.

Namun jika noda foundation ini masih belum hilang juga, kamu bisa mencampurkan sedikit alkohol ke dalam krim cukur lalu mengoleskannya pada pakaian. Untuk memaksimalkan hasil, maka segera lakukan pencucian seperti biasanya dengan menggunakan deterjen.

Cara kedua ialah dengan menggunakan pisau atau pun sendok yang berdungsi untuk mengikis foundation yang menempel. Kemudian kamu bisa oleskan es batu untuk mengangkat noda yang tersisa pada pakaian.

Baca Juga: Warna Sepatu yang Cocok untuk Semua Baju

6. Noda Maskara

Noda Maskara
Noda Maskara

Cara menghilangkan noda make up di baju yang terakhir ada dari noda Maskara. Untuk menghapus noda maskara sendiri bisa dibilang cukup sulit dikarenakan bahan dasarnya yang terbuat dari minyak. Namun kamu bisa menggunakan make up remover yang jenis oil free. Caranya ialah tuangkan make up remover yang kamu miliki pada kapas kering. Lalu tap-tap pada noda maskara secara perlahan hingga bersih.

Jika sudah selesai, maka bilas pakaian kamu dengan air dingin untuk menghilangkan make up remover yang masih ada pada pakaian. Selain menggunakan make up remover, kamu juga bisa menggunakan deterjen cair untuk membersihkan noda maskara.

Caranya cukup mudah, silakan siapkan kurang lebih seperempat sendok teh deterjen cair lalu campurkan dengan satu cangkir air hangat. Kemudian teteskan campuran tersebut pada bagian yang terkena noda dan tap-tap noda dengan spons sampai bersih.

Kesimpulan

Dan itu dia pembahasan singkat mengenai beberapa cara menghilangkan noda make up di baju. Walau pun memang tampak sepele, beberapa noda seperti bedak, foundation, hingga maskara perlu cara yang berbeda untuk membersihkannya.

Secara garis besar, apabila kamu tahu bahwa pakaianmu terkena noda make up, maka ada baiknya segera bersihkan pakaian tersebut. Karena ketika dibiarkan saja, maka noda akan menjadi semakin sulit untuk dihilangkan dan bahkan bisa menjadi membekas selamanya. Semoga bermanfaat.

Jenis Kain

Aljuni Hirossie Berbagi informasi mengenai tips fashion, tips kain, dan inspirasi outfit untuk tampil elegan nan cantik setiap harinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis
1
Konsultasi Kain Gratis
Customer Service MC Texstyle
Hai Kak,
Ada yang bisa kami bantu terkait Kainnya?