Rayon viscose adalah bahan kain yang pertama kali muncul pada akhir 1800-an silam. Bahan viscose sendiri memiliki ciri khas dengan tekstur yang lembut dan juga ringan, sehingga kain rayon viscose ini banyak disukai oleh para wanita untuk membuat baju atau jilbab.

Bahan viscose sendiri sebenarnya terbuat dari pohon dan alami. Namun, banyak orang percaya bahwa proses pembuatannya tidak ramah lingkungan seperti kebanyakan jenis kain rayon lainnya. Hal ini dikarenakan produksi bahan viscose menggunakan bahan kimia yang memiliki konsentrasi tinggi dan itu berbahaya untuk alam sekitar.

Hal ini pernah disinggung pada jurnal American Public Health Association yang menjelaskan bahwa bahan kimia yang ada pada rayon viscose bisa memberikan efek negative pada pegawai pabrik yang memproduksinya. Namun, pro kontra memang biasa terjadi, yang pasti, Rayon Viscose menjadi bahan kain premium yang disegani oleh banyak orang.

Apa Itu Rayon Viscose?

Rayon Viscose
Rayon Viscose

Seperti namnya, viscose adalah jenis kain rayon semi sintetis yang terbuat dari pulp kayu. Kain ini sering sekali digunakan sebagai bahan pengganti sutra karena memiliki drape dan sifat halus yang mirip dengan bahan premium.

Istilah Viscose sendiri diambil secara khusus dari larutan pulp kayu yang diubah menjadi kain. Viscose sendiri pertama kali diproduksi pada 1883 sebagai sutra buatan yang memiliki harga lebih murah.

Kelebihan dan Kekurangan Bahan Viscose

Bahan viscose sendiri tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Untuk kamu yang ingin membelinya, tentu saja perlu mengetahui kelebihan serta kekurangan jenis kain ini. Untuk mengetahui informasi lengkapnya, silakan simak di bawah ini.

Kelebihan Bahan Viscose

Rayon viscose adalah bahan terbaik untuk kamu yang ingin mencari jenis kain dengan karakteristik ringan namun memiliki detail mewah yang ramah di kantong. Kain satu ini bisa kamu kombinasikan dengan bahan lainnya, mulai dari kain katun, polyester, hingga spandex.

Tak hanya sampai disitu saja, rayon viscose juga memiliki banyak kelebihan yang perlu kamu ketahui. Untuk mengetaui kelebihan bahan viscose, simak berikut ini yah.

1. Mudah Menyerap Keringat

Bahan viscose memiliki sifat yang lembut, serbaguna, dan juga mudah menyerap keringat. Tampilan dari bahan viscose sendiri mengilap seperti sutra yang mampu memberikan kesan mewah pada saat digunakan.

Kain ini pun memiliki kenyamanan maksimal pada saat digunakan sebagai bahan pakaian karena ringan dan cocok untuk suasana formal maupun non formal.

2. Harga Terjangkau

Apakah kamu ingin membuat sebuah gaun atau blouse mewah yang mampu membuat tampilanmu semakin elegan dengan harga yang tak merogoh kantong terlalu dalam? Jika iya, maka rayon viscose adalah pilihan yang tepat. Kesan mengkilap pada kain saat dirubah menjadi busana akan memberi sentuhan mewah layaknya seperti kain sutra. Selain itu, kain ini juga bisa menyerap keringat dengan baik sehingga sangat nyaman pada saat digunakan.

3. Tidak Mudah Pudar

Selain mampu memberi kesan mewah, bahan viscose juga memiliki kekuatan dalam hal warna. Walaupun sudah lama digunakan, warna pada kain viscose tidak akan mudah luntur. Jadi untuk kamu yang memiliki busana yang terbuat dari kain viscose ini tidak perlu khawatir yah.

4. Cocok untuk Negara Tropis

Dengan adanya kelebihan mampu menyerap keringat dengan baik ini membuat rayon viscose sangat cocok untuk digunakan pada negara tropis seperti Indonesia yang memiliki cuaca panas. Jadi wajar saja apabila rayon viscose juga sering dijadikan bahan utama pembuatan pakaian olahraga.

Kekurangan Bahan Viscose

Ada kelebihan, pasti ada juga kekurangan. Simak kekurangan rayon viscose di bawah ini.

1. Tidak Ramah Lingkungan

Seperti yang sudah dijelaskan pada awal-awal paragraf, bahan viscose adalah salah satu kain yang bisa dibilang tidak ramah lingkungan. Hal ini dikarenakan proses pembuatannya menggunakan bahan kimia dan melepaskan asap beracun.

Hal inilah yang membuat kain viscose banyak dibicarakan. Terlebih ada beberapa peneliti yang menyebutkan bahwa selama proses pembuatan kain, para pekerjanya ikut terpapar dan mengganggu kesehatan mereka.

2. Mudah Menyusut

Kekurangan rayon viscose selanjutnya adalah mudah menyusut pada saat dicuci dengan air panas. Kualitas kain ini pun bisa memburuk apabila dijemur langsung di bawah sinar matahari. Apabla tidak dikeringkan secara sempurna, bahan ini pun mudah terkena jamur dan seratnya menjadi lemah. Selain itu, kain viscose juga mudah kusut.

3. Mudah Terkena Noda

Sifat kain yang mudah menyerap air juga ternyata bisa menjadi kekurangan untuk bahan viscose. Dengan sifat ini maka akan membuat kain menjadi mudah untuk terkena noda. Jadi, pada saat menggunakannya kamu perlu hati-hati saat ingin makan untuk menghindari noda menempel secara permanen pada pakaian.

Proses Pembuatan Rayon Viscose

Bahan Viscose
Bahan Viscose

Pada awal paragraf sudah dibahas bahwa bahan viscose ini pertama kali diproduksi pada 1884 silam sebagai alternatif kain sutra alam yang lebih terjangkau. Kain viscose ini sering disebut sebagai sutra buatan, kamu bisa menemukannya pada produk fashion seperti t-shirt, pakaian kerja, gaun modis, tunik, hingga pada lapisan jaket.

Kain ini sangat fleksibel alias bisa dikombinasikan dengan bahan apapun, contohnya adalah seperti dengan kain katun dan juga polyester. Nah, kembali ke topik pembicaraan. Apakah kamu kepo dengan proses pembuatan bahan viscose ini? Kalau kepo, yuk simak bareng-bareng langkahnya.

  • Larutkan serpihan kayu ke dalam bahan kimia seperti natrium hidroksida, dan aduk hingga jadi bubur kayu berwarna kecokelatan.
  • Bubur kayu yang mengandung bahan kimia ini kemudian dilarutkan ke dalam soda api dan mengubahnya menjadi larutan alkali.
  • Proses ini menghilangkan semua kotoran dan juga larutan, membuatnya menjadi bahan yang bersih untuk kain.
  • Larutan alkali ditekan di antara rol untuk menghilangkan kelebihan cairan sehingga membentuk lembaran.
  • Lembaran yang ditekan tersebut kemudian diparuh menjadi potongan lebih kecil.
  • Potongan kain kemudian dicampurkan dengan karbon disulfide dan dilarutkan ke dalam bahan kimia seperti asam sulfat, sehingga tercipta larutan kental.
  • Kain viscose sendiri akan didapat dari larutan kental tersebut.
  • Larutan kental akan disaring untuk menghilangkan elemen yang tidak larut.
  • Selanjutnya proses degassing untuk menghilangkan gelembung udara yang terperangkap pada larutan yang bisa menyebabkan titik lemah serat kain.
  • Cara ini dilakukan secara paksa melalui pemintal, mesin yang membuat filament (serat benang tipis) dari selulosa yang diregenerasi.
  • Serat selulosa yang sudah diregenerasi kemudian dipintal menjadi benang untuk ditenun atau dirajut menjadi sebuah kain.
  • Selesai, terciptalah kain rayon viscose yang cantik.

Cara Merawat Bahan Viscose

Perlu kamu ketahui, apabila kamu memiliki pakaian yang terbuat dari kain viscose, maka perawatan yang ekstra perlu dilakukan. Hal ini dikarenakan kain viscose memiliki kelebihan menyerap dengan baik sehingga mudah terkena noda permanen.

Selain itu, kain ini pun sangat mudah untuk meregang dan menjadi jauh lebih lemah pada saat basah. Pastikan kamu mencuci pakaian yang terbuat dari bahan viscose dengan air dingin agar warnanya tidak mudah luntur.

Gunakan juga deterjen ringan dan usapkan secaralembut ke kain dengan tangan. Jangan pernah peras dengan kuat, karena hal tersebut bisa membuat kain meregang. Kemudian, bilas dan juga jemur kain hingga kering.

Harga Rayon Viscose

Untuk kamu yang ingin memiliki kain rayon viscose print dengan harga yang terjangkau namun kualitas premium, maka MC Texstyle bisa dijadikan pilihan yang tepat. MC Texstyle adalah grosir kain Jakarta yang sudah dipercaya oleh ratusan brand clothing line di seluruh Indonesia.

MC Texstyle menyediakan beragam jenis kain beserta warnanya yang lengkap. Untuk pengiriman pun MC Texstyle menyediakan opsi pengiriman ke seluruh Indonesia dengan pemilihan ekspedisi semurah mungkin. MC Texstyle juga menyediakan kain Rayon Viscose Print dengan harga Rp25.000/y serian.

Untuk kamu yang ingin melakukan konsultasi atau melakukan order kain, kamu bisa menghubungi kami melalui akun Instagram @mctexstyle atau melalui tombol WhatsApp di bawah ini.

Kesimpulan

Dan itu dia gaes rangkuman mengenai bahan rayon viscose yang perlu kamu ketahui. Semoga membantu kamu dalam memilih jenis kain yang tepat. Semoga bermanfaat.

Airflow Crinkle Warna Cetar