Katun Poplin – Busana seperti kemeja, blus, gamis, baju koko, baju anak, dan baju-baju formal lainnya memang membutuhkan bahan kain yang berkualitas dan juga bagus. Hal ini perlu diperhatikan karena bersangkutan dengan kenyamanan saat menggunakannya ketika menjalani aktivitas di luar rumah.

Untuk kamu yang memang mengedepankan sisi kenyamanan pada saat berbusana, maka kamu perlu mengetahui lebih jauh tentang kain katun poplin yang mampu menawarkan banyak kelebihan sebagai bahan utamanya. Simak beberapa ulasan di bawah ini mengenai kain katun poplin.

Cek Disini Produk Kain Katun Poplin

Mengenal Kain Katun Poplin

Katun Poplin Adalah
Katun Poplin Adalah

Kain katun poplin adalah salah satu jenis kain yang berasal dari family kain katun. Nama poplin pada bahan kain ini adalah Bahasa dagang yang biasa digunakan untuk menyebutkan jenis bahan kain dengan konstruksi 133×72. Artinya adalah dalam 1 inchi kain katun poplin terdapat 133 helai benang lusi dan 72 helai benang pakan.

Jika dilihat dari teknik tenunan yang digunakan dalam membuatnya, kain katun poplin adalah kain yang masuk ke dalam jenis kain yang dibuat dengan teknik anyam model plat atau polos. Dimana setiap benang lusi dan juga benang pakan yang menjadi benang penyusun kain diposisikan secara saling menyilang sehingga membentuk garis kotak-kotak.

Bahan Katun Poplin Bagus atau Tidak?

Ketika ditanya apakah bahan katun poplin bagus atau tidak, maka jawabannya tentu saja sangat bagus. Terutama untuk kamu yang ingin membuat busana seperti kemeja, blus, gamis, baju koko, baju anak, dan baju-baju formal lainnya. Deretan busana tersebut tentu saja membutuhkan bahan kain berkualitas yang mampu memberikan rasa nyaman seharian, maka dari itu kain katun poplin adalah salah satu pilihan kain terbaik untuk digunakan.

Bahan katun poplin sendiri memiliki banyak kelebihan yang membuatnya menjadi salah satu kain berkualitas premium. Salah satunya adalah sifat kain yang halus dan juga lembut. Sifat ini tentu saja membuat penggunanya akan mendapat rasa nyaman yang maksimal dalam menjalani berbagai aktivitas.

Jadi, ketika ditanya apakah bahan katun poplin bagus atau tidak? Maka kamu pun bisa mengetahui dari banyak kelebihan di dalam kain katun poplin tersebut. Untuk mengetahui kelebihan kain katun poplin lainnya, kamu bisa menyimak ulasan lengkap tentang katun poplin berikut ini.

Kelebihan Kain Katun Poplin

Katun poplin adalah salah satu bahan kain premium yang berkualitas tinggi, katun poplin memiliki karakteristik khusus yang membuatnya tampak begitu istimewa. Beberapa karakteristik yang paling khas ditemui pada katun poplin menjadi kelebihan kain katun poplin yang paling disegani. Simak beberapa kelebihannya di bawah ini.

Cek Disini Produk Kain Katun Poplin

1. Halus dan Lembut

Kain katun poplin adalah jenis kain yang bisa dibilang cukup halus dan lembut ketika bersentuhan dengan kulit. Hal ini karena kain katun poplin sendiri biasanya memiliki rangkaian benang yang rapat dan juga permukaan kain yang rata.

2. Bahan Kain Katun Poplin Adem

Di dalam kain katun poplin terdapat banyak kandungan katun yang menjadi salah satu material penyusun. Hal inilah yang membuat bahan kain katun poplin terasa adem dan juga nyaman pada saat digunakan untuk aktivitas sehari-hari terutama di luar ruangan. Hal ini juga yang membuat banyak orang sangat tertarik untuk mencari dan membuat busana dengan menggunakan kain katun poplin sebagai bahan utamanya.

3. Tidak Mudah Luntur

Kelebihan kain katun poplin selanjutnya adalah kain ini memiliki warna yang sangat menarik dan tentunya tidak mudah luntur. Selama dilakukan perawatan secara benar, maka warna kain katun poplin akan tetap terlihat bagus walaupun sudah lama digunakan.

4. Mudah Menyerap Keringat

Sama seperti bahan kain lain yang terbuat dari katun, kain katun poplin juga memiliki karakteristik yang sudah pasti mampu menyerap keringat. Selain mudah untuk menyerap keringat, kain katun poplin juga adalah jenis kain yang tidak pengap saat digunakan.

Dengan kelebihan satu ini, maka kain katun poplin cocok untuk digunakan pada saat musim panas karena memiliki kemampuan menyerap keringat sangat baik. Dengan kamu menggunakan pakaian atau busana yang terbuat dari bahan kain katun poplin pada saat cuaca panas maka mampu mencegah berbagai penyakit akibat kulit terlalu lembat.

5. Sejuk dan Nyaman untuk Kulit

Kain katun poplin ini sangat cocok untuk digunakan pada daerah tropis seperti Indonesia karena sifatnya yang mampu menyerap keringat dengan baik serta cukup sejuk dan juga nyaman di kulit. Kain katun poplin ini mampu membuat pori-pori kulit terasa dingin dan membuat kulit lebih beas untuk bernapas.

Cek Disini Produk Kain Katun Poplin

6. Ringan Tapi Kuat

Kain katun poplin ini cenderung memiliki bobot yang ringan dan tidak berat pada saat dikenakan. Meski kain katun poplin tergolong ringan, namun kekuatannya tidak bisa disepelekan. Kain katun poplin ini pada prinsipnya memiliki jenis kain yang sangat kuat dan juga tidak mudah untuk sobek. Kain katun poplin juga bisa awet hingga bertahun-tahun asalkan sisi perawatan dan penyimpanannya dilakukan secara tepat.

7. Mudah untuk Dijahit

Tidak seperti beberapa jenis kain premium yang susah untuk dijahit, kain katun popling sangat mudah dijahit dan dikreasikan ke berbagai macam model busana. Hal ini dikarenakan permukaan kain poplin sangatlah halus dan mampu menahan bentuk secara maksimal.

8. Memiliki Sifat Serbaguna

Dengan karakteristik bahan yang terbilang lentur dan juga lembut, kain katun poplin juga disebut sebagai salah satu jenis kain terbaik yang bagus untuk digunakan. Para produsen fashion pria, wanita, hingga anak-anak pasti lebih memilih bahan kain poplin karena bahannya yang dikenal sangat unggul.

Katun poplin menjadi salah satu jenis kain yang menjadi bahan utama untuk pembuatan baju pria. Biasanya, mulai dari baju pria dengan model kemeja dan baju koko banyak yang menggunakan bahan poplin.

Lalu untuk pelengkap penampilan wanita saat beraktivitas, katun poplin bisa dibentuk menjadi sebuah baju wanita dengan model gamis, blus, rok, hingga tunik. Sedangkan untuk baju anak-anak, kain katun poplin lebih banyak dijadikan sebagai bahan kemeja, baju koko, blus, gamis, dress, dan juga rok.

9. Cara Perawatan yang Mudah

Katun poplin adalah bahan yang masuk ke dalam jenis kain yang cukup mudah untuk perawatannya. Selain dari sisi perawatan yang mudah, proses untuk mengeringkan kainnya pun bisa dibilang sangat cepat.

Untuk mencuci pakaian atau busana yang terbuat dari kain katun poplin, kamu bisa menggunakan cara manual yaitu mencuci dengan kedua tangan ataupun mesin cuci. Walaupun demikian untuk pencucian menggunakan metode tangan lebih dianjurkan untuk menjaga kualitas kain.

10. Mudah Disetrika

Kain katun poplin adalah kain yang cenderung tidak mudah kusut. Sekalipun bahan ini kusut, maka kerutannya pun tidak terlalu terlihat jelas. Hal ini lah yang membuat kain katun poplin mudah untuk disetrika.

Kekurangan Kain Katun Poplin

Dari semua kelebihan yang sudah dijelaskan di atas, tentu ada juga beberapa kekurangan yang perlu kamu tahu. Sekalipun kekurangan ini tidak akan menutup kelebihan dan keunggulan yang ditawarkan oleh katun poplin.

  • Kekurangan katun poplin yang pertama adalah kain ini tidak bisa menyimpan panas dengan cukup baik.
  • Lalu kekurangan kedua, kain katun poplin terlalu tipis untuk digunakan pada musim dingin.

Pada saat membuat kemeja, ada beberapa bahan kain selain katun poplin yang biasanya digunakan oleh para produsen fashion. Salah satunya adalah katun twill yang memang cukup dikenal. Lalu, apa perbedaan katun poplin dan katun twill? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Katun Twill?

Kain katun twill adalah jenis kain yang sering sekali digunakan untuk membuat kemeja. Berbeda dengan bahan katun poplin yang polos dan cenderung tidak bermotif, katun twill ini justru memiliki ciri khas dan motif yang diagonal atau sejajar pada permukaannya.

Namun, perlu diketahui bahwa motif pada katun twill ini tidak hanya asal dibuat. Motif yang ada pada katun twill ini dibuat agar kain memiliki pintalan yang lebih kuat sehingga tidak mudah untuk terlepas. Tidak hanya itu, katun twill juga dengan sebuah benang yang sangat rapat sehingga kain jenis ini tidak mudah sobek ataupun kusut.

Kelebihan Katun Twill

Dengan sedikit campuran dari bahan spandex, katun twill ini sedikit lebih lentur dan juga lembut dibandingkan katun poplin. Katun ini juga memiliki ketahanan yang bisa dibilang sangat awet. Sama halnya seperti katun poplin, kain ini juga mudah menyerap keringat sehingga cocok untuk digunakan di daerah tropis seperti Indonesia.

Persamaan lainnya dari katun poplin dan katun twill adalah tidak mudah luntur dan menimbulkan efek adem pada saat digunakan. Sektor yang menjadi unggulan dari kain katu twill adalah sifatnya yang tidak menerawang saat digunakan, jadi kamu tidak perlu menambahkan furing pada pakaian dengan bahan ini.

Pemanfaatan Katun Poplin

Pemanfaatan Katun Poplin
Pemanfaatan Katun Poplin

Kain katun poplin sendiri pada dasarnya bisa menjadi bahan utama produk fashion apa saja. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, katun poplin bisa digunakan sebagai bahan pembuatan pakaian pria, pakaian wanita, hingga pakaian anak-anak.

Untuk produk fashionnya sendiri, kain katun poplin ini biasa dibentuk menjadi sebuah kemeja, pakaian kasual, pakaian untuk kerja, baju koko, blus, gamis, dress, dan juga rok. Tertarik untuk membuat pakaian dari katun poplin? Yuk simak harga dan tempat beli katun poplin terbaik di bawah ini.

Harga Kain Katun Poplin

Katun Poplin
Katun Poplin

Untuk kamu yang ingin membeli bahan kain katun poplin dengan harga grosir termurah, kamu bisa mengunjungi akun Instagram @mctexstyle. MC Texstyle sendiri adalah supplier kain Jakarta dan termurah bagi para pelaku usaha di dunia fashion Indonesia. Kamu bisa mendapatkan harga grosir termurah seindonesia untuk pembelian kain katun poplin di MC Texstyle.

Sebagai supplier kain professional, MC Texstyle memastikan kualitas seluruh kain yang dijual dalam kondisi baik tanpa ada kurang sedikit pun. Dengan menjaga kualitas ini, maka sudah banyak brand-brand clothing ternama yang melakukan repeat order kain sebagai bahan pakaian di MC Texstyle.

Cek Disini Produk Kain Katun Poplin

Harga kain katun poplin di MC Texstyle pun sangat murah dan bersaing, kamu bisa mendapatkan kain katun poplin ini di harga Rp33.500/yard. Hubungi kami sekarang juga melalui akun Instagram @mctexstyle dan WhatsApp dengan menekan tombol WA di bawah ini. Dapatkan FREE HANDBOOK + HANDFEEL dengan menghubungi kami sekarang.

Kesimpulan

Dan itu dia sedikit pembahasan tentang kelebihan dan kekurangan katun poplin beserta harga terbaru 2023 yang bisa Mintex bagikan dengan kamu semua. Dengan mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki katun poplin, semoga kamu bisa menjadi tahu dan lebih mudah untuk menemukan bahan kain yang tepat dan juga sesuai dengan kebutuhan kamu. Semoga bermanfaat yah.

Video Katun Poplin

 

View this post on Instagram

 

A post shared by MC Texstyle (@mctexstyle)

Airflow Crinkle Warna Cetar