Bahan kain katun saat ini menjadi idola di kalangan masyarakat untuk dijadikan sebagai bahan utama pembuatan pakaian. Walau pun memang bahan kain katun terdiri dari banyak jenisnya. Pada kesempatan kali ini, mimin MC akan membahas seputar kain katun. Mulai dari apa itu kain katun, jenis kain katun, harga kain katun, dan juga kelebihan dan kekurangan katun. Untuk mengetahui lebih lengkapnya, silakan simak informasinya di bawah ini.

Mengenal Bahan Kain Katun

Kain katun adalah bahan pakaian yang sering sekali digunakan oleh masyarakat dalam membuat pakaian. Katun sendiri terbuat dari bahan alami seperti kapas. Kain katun di pasaran sendiri memiliki nama lain yaitu cotton, yang mana benang atau pun serat kainnya berasal dari serat kapas. Kain katun ini mudah sekali dijumpai di berbagai toko kain, atau kamu juga bisa mendapatkannya di MC Texstyle sebagai supplier kain Jakarta yang menghadirkan berbagai jenis kain dengan harga termurah.

Jenis Kain Katun

Di pasaran sendiri ada banyak sekali jenis kain katun yang mungkin sering kamu jumpai. Meski sama-sama terbuat dari bahan dasar kapas alami, namun dari banyaknya jenis kain katun ini tentu saja masing-masing jenis memiliki perbedaan tersendiri. Untuk mengeatahui beberapa jenis kain katun, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

1. Kain Katun Minyak

Dari namanya saja, mungkin kamu sudah mengetahui bahwa kain jenis ini memiliki tampilan yang mengkilap ketika dilihat secara sekilas. Kamu mungkin bisa menemukan jenis kain katun ini pada acara-acara pesta yang mana banyak perempuan menggunakan kain katun minyak sebagai bahan utama pembuatan hijab ke acara tersebut.

Selain tampil megkilap, katun minyak juga memiliki kelebihan dimana daya serapnya bisa dikatakan sangat baik. Jadi tidak perlu khawatir keringat akan mudah keluar jika mengenakannya. Katun jenis ini pun memiliki kadar kilap yang berbeda-beda saat pertama kali dibeli. Hal ini dikarenakan kilapan akan berkurang ketika dicuci beberapa kali.

Bicara harga kain katun minyak, di pasaran sendiri cukup murah. Untuk motif polos, kain katun minyak biasanya dibanderol dengan harga Rp25.000/meter.

2. Kain Katun Paris

Kain katun jenis ini secara sekilas tampak seperti katun biasa. Namun, sebenarnya kain ini berbeda dari bahan kain katun lainnya. Kualitas kain katun paris lebih tinggi dibandingkan dengan kain katun biasa pada saat dilihat. Kamu akan lebih mudah mengenalinya dari jenis kain yang tipis dan ringan ketika disentuh.

3. Kain Katun Satin Jepang

Kain katun satin Jepang adalah kain yang memang didatangkan langsung dari negara pembuatnya yaitu Jepang. Maka dari itu, banyak orang yang mengenalnya dengan nama kain katun Jepang. Harga kain katun Jepang sendiri di pasaran cukup terjangkau, dapatkan kain katun Jepang di harga Rp33.000/yard dengan menghubungi MC Texstyle melalui akun Instagram @mctexstyle atau melalui tombol WhatsApp di bawah ini.

4. Kain Katun Cina

Tidak hanya dari Jepang saja, kain katun Cina pun sudah masuk ke Indonesia. Para pemilik toko kain dan masyarakat pada umumnya mengenal katun Cina ini dengan istilah katun twill tadi mudah dikenali dari segi warnanya. Apabila katun Jepang menggunakan warna kuat, maka katun twill atau katun Cina ini memiliki warna yang tidak terlalu mencolok.

Katun twill ini mudah ditemukan dengan warna yang sangat lembut. Selain itu ketika disentuh, bahan kain katun Cina ini cenderung lebih tipis. Karena bahan kain ini berasal dari luar Indonesia, maka terkadang kualitas yang datang pun bisa dikatakan cukup rendah dibandingkan katun twill di negara asalnya. Walau pun impor, kain katun Cina ini dijual dengan harga yang sangat murah.

5. Kain Katun Silk Sutra

Jenis kain katun yang satu ini terbuat dari bahan alami yaitu kepompong ulat sutra dalam proses pembuatannya. Namun sebenarnya kain katun silk sutra ini tidak murni kain katun, hal ini dikarenakan katun silk sutra memiliki campuran dengan kain sutra sesuai dengan namanya. Kamu akan dengan mudah mengetahui kain ini dari karakteristiknya pada saat menyentuh secara langsung, sebab silk sutra cenderung licin dan juga lembut. Selain itu, kain ini juga memiliki tekstur halus dan kuat jadi tidak akan mudah rusak.

Kamu bisa menggunakan silk sutra ini sebagai bahan utama untuk membuat hijab atau gamis karena kain memilii tekstur seuk ketika dikenakan dan sama sekali tidak membuat gerah. Kain ini sendiri cenderung lebih ringan darijenis katun lainnya.

6. Kain Katun Bangkok

Kain ini berbeda dengan kain katun Jepang dan Cina yang sudah dijelaskan sebelumnya. Motifnya mirip dengan Thailand, namun bedanya kain ini cenderung lebih kasar dan bahannya mudah menerawang. Jadi, untuk dijadikan bahan utama pembuatan hijab, kamu perlu menggunakan ciput terlebih dahulu agar tidak menerawang. Harga katun Bangkok sendiri cukup terjangkau, kamu bisa mendapatkan kain ini di MC Texstyle dengan harga Rp33.500/yard.

7. Kain Katun Rayon

Kain rayon sering sekali digunakan untuk membuat berbagai pakaian muslim dengan berbagai model. Kainnya sangat sejuk digunakan, ketika dipegang cenderung licin dan juga ringan saat dikenakan. Sementara untuk daya serapnya sangat baik sehingga walau pun berkeringan akan tetap nyaman beraktivitas.

Namun kain ini memiliki kekurangan yang mudah kusut, jadi kamu wajib menyiapkan tenaga ekstra sebelum menggunakannya. Untuk harga katun rayon terbagi dari beberapa kategori sesuai dengan jenis kain rayonnya.

Dapatkan harga rayon crinkle termurah hanya di MC Texstyle dengan harga Rp26.000/yard. Lalu ada juga kain rayon uniqlo dengan harga Rp18.500/yard. Harga rayon twill di MC Texstyle hanya Rp22.500/yard. Dan untuk rayon motif seperti Rayon Viscose Print ada di harga Rp22.500/yard.

8. Kain Katun Biasa

Jenis kain katun ini dikatakan biasa dikarenakan memang harganya paling ekonomis dari yang lain. Ciri kain katun biasa adalah sangat mudah diketahui, kain ini memiliki motif yang cukup banyak. Daya serap untuk kain ini mengikuti kadar kapas yang terkandung di dalamnya. Tidak ada kode warna di dalam kainnya. Harga kain katun dengan motif ini biasanya dibanderol dengan harga 30 ribuan per meternya.

Kekurangan Bahan Kain Katun

Pada bagian sebelumnya sudah dijelaskan berbagai jenis kain katun beserta kelebihannya tersendiri. Maka untuk kali ini kita akan membahas mengenai kekurangan bahan kain katun dari semua jenis kain yang sudah dibahas tadi. Simak informasi lengkap mengenai kekurangan kain katun di bawah ini.

  • Kekurangan kain katun yang pertama adalah dari segi tekstur yang ketika digunakan dan dicuci secara terus menerus bisa membuatnya semakin menyusut dari kondisi awalnya. Ini berlaku untuk semua jenis bahan kain katun yang ada. Untuk meminimalisirnya, ada baiknya jangan terlalu sering dicuci. Pun kalau ingin dicuci, sebisa mungkin jangan gunakan mesin cuci alias cucilah secara manual dengan tangan.
  • Kekurangan kain katun selanjutnya ialah kain ini cenderung mudah luntur. Hal ini terjadi karena bahan kain katun terbuat dari serat alami. Jadi cucilah pakaian yang terbuat dari kain katun secara manual dengan tangan sendiri dan cara menyikatnya pun perlu dilakukan secara perlahan.

Supplier Kain Jakarta

Jika kamu adalah seorang pemilik usaha yang bergerak di dunia clothing, maka kebutuhan bahan kain adalah hal utama untuk usaha mu bukan? Pemilihan bahan kain yang berkualitas dan juga murah adalah hal yang penting untuk dilakukan.

Untuk kamu yang saat ini sedang mencari supplier kain termurah, maka MC Texstyle bisa menjadi pilihan terbaikmu. MC Texstyle adalah supplier kain Jakarta yang melayani pembelian grosir kain dengan harga termurah ke seluruh Indonesia. MC Texstyle sudah bekerja sama dengan ratusan brand clothing besar dalam memasok kebutuhan kain-kain berkualitas dan murah.

Dapatkan HANDBOOK + HANDFEEL GRATIS sebagai informasi kualitas kain yang dijual oleh MC Texstyle. Hubungi kami melalui akun Instagram @mctexstyle atau melalui tombol WhatsApp di bawah ini untuk mendapatkan harga terbaiknya.

Airflow Crinkle Warna Cetar