Aljuni Hirossie Berbagi informasi mengenai tips fashion, tips kain, dan inspirasi outfit untuk tampil elegan nan cantik setiap harinya.

Bahan Katun Twill: Kelebihan, Kekurangan, dan Penggunaan

4 min read

Bahan Katun Twill

Bahan katun twill adalah kain yang sering digunakan oleh banyak orang karena kelebihannya. Untuk kamu yang ingin membuat celana, seragam, hingga kemeja, maka kain katun twill adalah salah satu pilihan bahan terbaiknya.

Katun twill sangat cocok untuk kamu yang mengutamakan faktor kenyamanan saat beraktivitas. Hal ini dikarenakan kain katun twill memiliki berbagai kelebihan yang memanjakan. Namun sebelum membahas lebih jauh tentang kelebihan katun twill, berikut Mintex akan membahas terlebih dahulu tentang apa itu katun twill?

Cek Bahan Twill Disini

Apa Itu Bahan Katun Twill?

Bahan katun twill merupakan salah satu jenis kain katun yang dibuat dengan menggunakan teknik tenun keper. Dengan teknik tenun ini, maka kain katun twill memiliki karakteristik khusus yaitu motif diagonal searah/sejajar pada permukaan kainnya.

Teknik tenun keper sendiri sebenarnya memiliki nama lain pada sejumlah negara. Untuk negara USA, teknik ini disebut twill. Kemudian drill pada negara Inggris, dan koper pada Jerman.

Dilansir melalui fitinline.com, pada tenun twill memiliki titik pertemuan antara lusi dan pakan yang berjalan miring membentuk sudut 45 derajat pada garis horisontal.

Tampilan kain yang ditenun dengan pola twill akan terlihat pada permukaan atas dan bawahnya yang berlainan. Anyaman twill ini biasanya dibuat dalam konstruksi padat yang diberi nama sesuai dengan banyaknya gun minimum.

Proses Pembuatan Katun Twill

Proses Pembuatan Katun Twill
Proses Pembuatan Katun Twill

Dilansir melalui ozzakonveksi.com, bahan katun twill dibuat dengan teknik tenun kepar. Dimana setiap benang pakan atau benang pengisi melewati benang lusi dari arah kanan atau pun kiri. Dengan teknik tenun kepar ini, maka permukaan kain akan membentuk pola diagonal yang unik.

Teknik tenun kepar sendiri membutuhkan tiga atau lebih tali pengikat, namun akan disesuaikan pada tingkat kerumitannya. Teknik tenun kepar sendiri sering ditunjuk sebagai pecahan seperti 2/1, pecahan 2/1 ini dibaca sebagai “dua naik, satu turun”.

Artinya, pembilang (angka 2) menunjukkan tali pengikat yang dinaikkan. Dan bilangan penyebut (angka 1) sebagai jumlah tali pengikat yang diturunkan ketika benang pengisi dimasukkan. Sebagai contoh, kamu perhatikan gambar di atas. Di atas adalah contoh proses pembuatan katun twill dengan pecahan 2/2 dan 3/1.

Cek Bahan Twill Disini

Kelebihan Bahan Katun Twill

Setelah mengetahui apa itu katun twill, maka saatnya kamu mengetahui kelebihan dari bahan katun twill ini. Sebagai salah satu jenis kain berkualitas tinggi, maka katun twill memiliki beberapa kelebihan khusus yang kemungkinannya tidak dimiliki oleh bahan lain.

Berikut di bawah ini adalah beberapa kelebihan katun twill yang perlu kamu ketahui. Disimak yah!

1. Memiliki Tekstur yang Khas

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahan katun twill memiliki tekstur yang sangat khas yaitu memiliki bentuk miring alias diagonal. Dengan pola diagonal ini, maka katun twill akan memiliki pintalan kain yang lebih kuat dan menjadikannya awet saat digunakan.

Selain itu, pola diagonal pada kain katun twill akan membuat tampilannya menjadi lebih menarik dan unik. Bagian dalam dan luar dari bahan katun twill biasanya berbeda, sehingga sangat mudah dikenali walaupun secara kasat mata.

Bahan katun twill sendiri memiliki nama lain pada pasar tekstil Indonesia, salah satu sebutan khasnya adalah kain katun Cina. Dan apabila kamu mencari kain yang memiliki kualitas sepadan dengan katun twill, maka kain katun Jepang adalah pilihan tepatnya.

2. Permukaan Kain Sangat Rapat

Kelebihan bahan katun twill selanjutnya ada pada permukaan kainnya yang memiliki jalinan benang alias hasil tenun yang sangat rapat. Dengan kerapatan ini membuat bahan katun twill menjadi tidak mudah tobek dan tentu saja tidak mudah kusut. Premium banget!

3. Lembut dan Melar

Kelebihan bahan katun twill yang satu ini sebenarnya cukup khas. Yaitu ketika diraba dengan telapak tangan, maka akan terasa lembut. Selain lembut, katun twill juga memiliki sifat lentur atau melar karena dalam proses pembuatannya ada sedikit campuran bahan spandex.

4. Kuat dan Awet

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, katun twill juga memiliki kelebihan dalam hal kekuatan dan keawetan karena permukaan kain cukup rapat dan tebal sehingga sangat cocok untuk diproduksi berbagai jenis item fesyen.

Selain itu, bahan katun twill juga tidak akan mudah rusak walaupun sering digunakan dan dicuci secara berulang-ulang dalam jangka waktu yang lama.

5. Mudah Menyerap Keringat

Kelebihan lainnya dari bahan katun twill adalah kemampuannya dalam menyerap keringat yang sangat baik. Dengan karakteristik ini, maka kain katun twill sangat cocok digunakan pada daerah yang beriklim tropis seperti Indonesia.

6. Bahan Kain Adem

Karena katun twill merupakan bagian dari kain katun, maka sudah pasti katun twill tergolong kain yang adem dan tidak panas pada saat digunakan sebagai bahan pakaian. Ini akan membuat aktivitas seharianmu menjadi sangat nyaman bersama bahan katun twill.

7. Tidak Menerawang

Karena katun twill ini memiliki permukaan kain yang sangat rapat, maka pada saat dijadikan sebuah pakaian, pakaian tersebut tidak tembus pandang. Ini tentu saja membuat katun twill cocok dijadikan sebagai bahan muslim wear.

Cek Bahan Twill Disini

Kekurangan Katun Twill

Dari banyaknya kelebihan bahan katun twill, tentu saja ada sejumlah kekurangan yang perlu kamu tahu. Apa saja kekurangan bahan katun twill? Kekurangan katun twill sendiri ada pada warnanya yang kurang begitu cerah.

Walaupun warna yang ada cenderung soft dan tidak begitu cerah, namun warna yang ada pada katun twill justru tidak mudah pudar.

Penggunaan Bahan Katun Twill

Untuk kamu yang masih bingung akan dijadikan apa bahan katun twill ini, berikut Mintex berikan sejumlah inspo alias inspirasi outfit yang bisa kamu jadikan referensi. Beberapa busana di bawah ini akan sangat cocok jika diproduksi menggunakan kain katun twill. Apa saja daftarnya? Yuk disimak!

1. Gamis Syar’i

Gamis Katun Twill
Gamis Katun Twill

Karena kerapatan bahan katun twill ini, maka membuatnya sangat cocok untuk dijadikan bahan utama pembuatan gamis. Hal ini dikarenakan bahan katun twill tidak menerawang dan aman untuk digunakan wanita muslimah.

2. Celana Kulot

Celana Kulot Katun Twill
Celana Kulot Katun Twill

Celana kulot adalah salah satu item fesyen yang bisa diproduksi menggunakan bahan katun twill. Potongan celana kulot yang lurus dari pangkal paha dan melebar ke ujung celana sangat cocok dengan salah satu karakteristik bahan katun twill, yaitu Melar.

3. Celana Chino

Celana Chino Katun Twill
Celana Chino Katun Twill

Celana chino atau chinos yang ada di pasaran saat ini kebanyakan menggunakan bahan katun twill. Hal ini dikarenakan sifat katun twill yang lembut dan stretch membuatnya nyaman untuk digunakan dalam berbagai aktivitas. Sehingga pilihan yang tepat apabila celana chino menggunakan katun twill sebagai bahan utama pembuatannya.

4. Seragam Kerja

Seragam Kerja Katun Twill
Seragam Kerja Katun Twill

Selain bahan drill, katun twill juga sering digunakan sebagai bahan pembuatan seragam kerja jenis PDH, PDL, dan Wearpack. Hal ini dikarenakan bahan katun twill memiliki karakteristik dan sifat adem yang membuat nyaman pemakainya walaupun dalam kondisi panas sekalipun.

5. Kemeja

Kemeja Katun Twill
Kemeja Katun Twill

Kemeja adalah salah satu item fesyen yang juga sering menggunakan bahan katun twill sebagai bahan utamanya. Sifat kain yang ringan, adem, mudah menyerap keringat, hingga memiliki pola diagonal yang unik membuat kemeja katun twill memiliki tampilan yang keren dan nyaman saat digunakan.

Cek Bahan Twill Disini

Kesimpulan

Dan itu dia pembahasan singkat mengenai bahan katun twill yang populer. Semoga dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan bahan katun twill ini, kamu bisa menjadi lebih mudah dalam menemukan bahan kain yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Baju Kurta Pria: Jenis, Ciri, dan Bahan Kain untuk Membuatnya
5 Jenis Kain untuk Kemeja Paling Populer di 2023
6 Jenis Kain untuk Rok Paling Rekomendasi di 2023
4 Jenis Kain untuk Blazer Terbaik dan Paling Nyaman

Jenis Kain

Aljuni Hirossie Berbagi informasi mengenai tips fashion, tips kain, dan inspirasi outfit untuk tampil elegan nan cantik setiap harinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis
1
Konsultasi Kain Gratis
Customer Service MC Texstyle
Hai Kak,
Ada yang bisa kami bantu terkait Kainnya?