Bahan Rayon Uniqlo: Kelebihan, Penggunaan, Harga 2023

4 min read

Bahan Rayon Uniqlo

Rayon Uniqlo adalah jenis kain yang berbahan dasar kain rayon berkualitas. Untuk kamu yang ingin membuat produk fashion seperti kemeja, dress, tunik, hingga mukena premium, maka rayon Uniqlo adalah salah satu bahan rekomendasi yang wajib digunakan. Mungkin ada di antara kalian yang bertanya “bahan rayon Uniqlo seperti apa?”. Nah, untuk menjawab tanda tanya kalian semua tentang kain rayon Uniqlo. Silakan simak penjelasan lengkap mengenai bahan rayon Uniqlo di bawah ini.

Cek Disini: Produk Rayon Uniqlo

Kain Rayon Uniqlo Seperti Apa?

Kain Rayon Uniqlo Seperti Apa
Kain Rayon Uniqlo Seperti Apa

Sebenarnya pertanyaan ini secara garis besar sudah bisa terjawab dalam paragraf pertama artikel ini. Namun pada poin kali ini, kita akan membahasnya secara lengkap. Mungkin bagi para pegiat yang bergulat di industri tekstil sudah tidak asing lagi dengan kain rayon. Seperti yang kita tahu, kain rayon adalah salah satu bahan premium yang bisa disulap menjadi berbagai produk fashion berkualitas. Mulai dari busana wanita, busana pria, hingga busana untuk ibadah seperti mukena.

Secara umum, kain rayon memiliki karakteristik sebagai berikut:

  • Tidak mudah kusut
  • Memiliki tekstur yang licin
  • Halus
  • Lembut, hampir mirip seperti sutera
  • Memiliki daya serap yang tinggi seperti kain katun
  • Memiliki varian warna yang cukup banyak, hal ini dipengaruhi karena kain rayon memiliki kelebihan yang dimana permukaan kainnya sangat mudah untuk diwarnai.

Dari karakteristik di atas mungkin bisa ditarik kesimpulan bagaimana kualitas dari jenis kain yang terbuat dari bahan dasar kain rayon. Meski memiliki kelebihan yang cukup unggul, namun tidak menutup kemungkinan kain rayon memiliki kekurangan. Salah satu kekurangan kain rayon adalah dari sisi kelastisannya yang kurang dan juga bahan kain rayon cukup mudah terbakar sehingga penggunanya perlu mengetahui cara merawat kain rayon dengan benar.

Kembali ke pembahasan utama kita yaitu kain rayon Uniqlo. Seperti yang sudah kita jelaskan sebelumnya, kelebihan yang ada pada kain rayon tentu saja akan menurun kepada jenis kain yang terbuat dari bahan dasar kain rayon juga. Dan salah satunya adalah kain rayon Uniqlo.

Di pasar kain Indonesia sendiri, kain rayon Uniqlo ini menjadi salah satu kain rayon yang banyak dilirik dan menarik perhatian banyak orang. Kain rayon Uniqlo ini memiliki keunggulan pada tingkat kerapatan yarn atau benangnya. Rayon Uniqlo juga memiliki kerapatan yang lebih dibandingkan dengan rayon biasa. Hal inilah yang membuat banyak pegiat tekstil yang memburu bahan rayon Uniqlo, dari sisi kualitas, rayon Uniqlo sangat baik dan premium sekali.

Cara Merawat Bahan Rayon Uniqlo

Berbicara perawatan, seperti yang kita tahu bahwa kekurangan kain rayon adalah bahannya yang mudah terbakar. Maka dari itu butuh perawatan khusus yang sebenarnya tidak terlalu sulit untuk diikuti. Simak cara merawat kain rayon Uniqlo di bawah ini agar tidak was-was untuk kedepannya.

1. Cuci Secara Manual

Dilihat dari sisi tekstur kain yang lembut dan juga licin dari kain rayon Uniqlo, maka cara mencuci pakaian yang terbuat dari bahan rayon Uniqlo adalah dengan cara manual alias menggunakan tangan. Hindari penggunaan mesin cuci untuk mencuci bahan rayon Uniqlo dikarenakan akan merusak serat-serat dari kain rayon Uniqlo itu sendiri. Selain itu tidak perlu menggunakan sikat dalam mencuci bahan rayon Uniqlo, jadi cukup gunakan tangan saja untuk menjaga kualitasnya.

2. Jangan Merendam Kain Terlalu Lama

Cara merawat kain rayon Uniqlo selanjutnya adalah dengan tidak merendamnya terlalu lama. Walaupun memang merendam bahan rayon Uniqlo yang kondisinya sangat kotor dan berbau keringat adalah cara terbaik dalam proses pencucian, namun ada baiknya jangan direndam lebih dari 20 menit. Ketika kamu merendamnya dalam waktu lebih dari 20 menit, maka hal tersebut akan memunculkan potensi rusaknya serat-serat halus pada kain rayon Uniqlo.

3. Jangan Disetrika Disuhu yang Tinggi

Menggunakan setrika untuk merapikan baju adalah hal biasa dalam kehidupan sehari-hari. Namun penggunaannya perlu diperhatikan khususnya untuk pakaian yang terbuat dari bahan rayon Uniqlo. Penggunaan suhu setrika yang tinggi akan membuat serat-serat pada permukaan kain akan menjadi rusak. Maka dari itu ada baiknya gunakan suhu yang sedang saja ketika hendak menyetrika bahan rayon Uniqlo.

Cara yang lebih baik yang bisa kamu gunakan untuk menghindari suhu tinggi saat menyetrika adalah dengan menambahkan kain tambahan di atas bahan rayon Uniqlo yang ingin disetrika. Walaupun memang terlihat rumit, namun hal ini sangat sebanding dengan kenyamanan dan juga kelembutan dari kain rayon Uniqlo itu sendiri. Tentu saja akan sayang apabila kelebihan dan tekstur dari rayon Uniqlo tersebut menjadi hilang karena kesalahan dalam perawatan.

Contoh Bahan Rayon Uniqlo yang Sudah Diaplikasikan

Di bawah ini adalah contoh bahan rayon Uniqlo yang sudah diaplikasikan pada beberapa produk fashion jadi. Untuk kamu yang bingung bagaimana cara mengaplikasikan bahan rayon Uniqlo, silakan simak beberapa rekomendasi di bawah ini.

1. Kemeja Rayon Uniqlo

Kemeja Rayon Uniqlo
Kemeja Rayon Uniqlo

Kemeja adalah salah satu item fashion yang sering digunakan untuk berbagai kegiatan, baik itu kegiatan formal ataupun formal. Maka dari itu, kenyamanan bahan untuk membuat kemeja perlu diperhatikan. Salah satu bahan kain terbaik untuk membuat kemeja adalah rayon Uniqlo. Dengan berbagai kelebihannya, bahan rayon Uniqlo sangat cukup untuk mendukung kegiatan kamu seharian.

2. Blus Rayon Uniqlo

Blus Rayon Uniqlo
Blus Rayon Uniqlo

Menurut Wikipedia, blus adalah pakaian khusus untuk tubuh bagian atas yang memiliki model longgar. Biasanya, busana blus ini sering digunakan oleh para wanita untuk pergi ke berbagai acara seperti pesta, hangout, hingga bekerja. Blus juga sering digunakan oleh anak-anak perempuan untuk menemani kegiatannya.

Bahan rayon Uniqlo adalah salah satu bahan yang direkomendasikan untuk dibuat menjadi busana blus. Untuk itu, di pasar fashion sendiri saat ini banyak sekali busana blus wanita yang menggunakan bahan dasar kain rayon.

3. Kulot Rayon Uniqlo

Kulot Rayon Uniqlo
Kulot Rayon Uniqlo

Dilansir dari Suara.com, pada awalnya celana kulot adalah celana perempuan yang memiliki panjang selutut. Namun seiring dengan perkembangan tren fesyen, model celana kulot saat ini sudah semakin banyak hingga akhirnya muncul celana kulot panjang.

Bahan rayon Uniqlo juga merupakan salah satu bahan kain terbaik untuk membuat celana kulot. Dengan berbagai kelebihannya, kulot rayon Uniqlo dijamin memiliki kenyamanan yang maksimal untuk menemani penggunanya dalam berkegiatan.

Harga Rayon Uniqlo

Harga Rayon Uniqlo
Harga Rayon Uniqlo

Di pasaran sendiri harga rayon Uniqlo ditaksir sekitar 29.500 hingga 40.000 per yard atau per meter. Namun hanya di MC Texstyle yang menjual rayon Uniqlo premium dengan harga 18.500 per yard saja. Yaps, gak salah baca kok, beneran 18.500 per yard loh.

Cek Disini: Produk Rayon Uniqlo

Kalau gak percaya coba deh tanya admin MC Texstyle di Instagram @mctexstyle. Atau kalau kamu mau konsultasi melalui WhatsApp, kamu bisa menghubungi admin WhatsApp kami dengan klik gambar WhatsApp di bawah ini.

Kesimpulan

Dari penjelasan singkat mengenai bahan rayon Uniqlo di atas, maka berikut kesimpulan yang bisa diambil.

  • Jenis = Katun
  • Kenyamanan = Maksimal
  • Kekusutan = Tidak Mudah Kusut
  • Keleturan = Tidak Lentur
  • Kelembutan = Lembut
  • Ketebalan = Tipis
  • Kilauan = Doff / Silki (Opsional)
  • Flowyness = Yes, Jatuh
  • Tekstur = Halus
  • Kegunaan = Gamis, Tunik, Kemeja, Mukena, Blus.

Semoga penjelasan di atas dapat dipahami dengan mudah yah. Sekali lagi, silakan konsultasikan kebutuhan kainmu secara gratis melalui admin Instagram kami di @mctexstyle atau melalui admin WhatsApp kami di bawah ini. Terimakasih.^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis
1
Konsultasi Kain Gratis
Customer Service MC Texstyle
Hai Kak,
Ada yang bisa kami bantu terkait Kainnya?
AIRFLOW Crinkle Warna Cetar