Kain Satin Velvet: Kelebihan dan Harga Terbaru 2023

4 min read

Kain Satin Velvet

Kain satin velvet adalah bahan kain yang memiliki tampilan seperti kain sutera namun dengan harga yang jauh lebih murah. Kain satin velvet ini bisa menjadi bahan alternatif dari kain sutera karena memiliki permukaan kain yang halus, licin, dan juga berkilau pada salah satu permukaan kainnya. Alasan lain dari kain satin velvet yang dijadikan alternatif dari kain sutera adalah dari segi harganya yang jauh lebih murah.

Untuk kamu yang ingin mengetahui lebih jelas tentang kain satin velvet ini, maka Mintex akan menjelaskan beberapa hal yang perlu diketahui. Mulai dari apa itu kain satin velvet? Hingga penjelasan singkat mengenai karakteristik dan kelebihannya.

Cek Disini: Produk Satin Velvet

Apa Itu Kain Satin Velvet?

Mungkin kamu pernah atau bahkan sering melihat gamis atau jilbab yang permukaannya memiliki kilau sehingga tampak sangat cantik dan juga mewah. Efek kilau tersebut kemungkinan berasal dari kain satin velvet yang digunakan untuk pembuatan gamis atau jilbab yang kamu lihat.

Kain satin velvet adalah jenis kain yang terbuat dari bahan polyester 100% dan sering digunakan untuk membuat item fashion seperti gamis, jilbab, hingga rok. Sebagai informasi tambahan, bahan satin velvet diproduksi dengan Teknik anyam Bernama sateen sehingga pada salah satu permukaan kainnya tampil mengkilap dan membawa kesan elegan jika dikenakan pada tubuh.

Walaupun kain satin velvet ini terbuat dari 100% polyester, namun satin velvet tetap memiliki tekstur atau pun handfeel yang halus, lembut, dan tentunya jatuh. Dengan kelebihan tersebut maka tak heran apabila kain satin velvet sudah berubah menjadi pakaian dan dikenakan penggunanya, akan menimbulkan efek nyaman karena dapat mengikuti gerak pemakainya.

Untuk penggunaan pada busana muslim, kain satin velvet juga sangat cocok dikarenakan kain ini memiliki ketebalan yang pas sehingga tidak menimbulkan efek menerawang alias tembus pandang. Meski begitu kain ini tidak berat bahkan cenderung ringan.

Ciri Kain Satin Velvet

Berikut di bawah ini adalah poin-poin lengkap mengenai ciri kain satin velvet. Silakan simak informasi lengkapnya di bawah ini.

  • Salah satu sisi kain satin velvet mengkilap, sedangkan sisi lainnya cenderung doff dan tidak mengkilap
  • Permukaan kain satin velvet lembut dan halus
  • Kain satin velvet memiliki look yang elegan dan mewah
  • Karakteristik bahan satin velvet adalah jatuh saat digunakan
  • Bahan satin velvet tidak menetawang atau tembus pandang
  • Bahan satin velvet nyaman untuk digunakan dan juga tidak panas
  • Bahan satin velvet tidak mudah kusut
  • Pilihan warna kain satin velvet sangat lengkap.

Kekurangan Kain Satin Velvet

Setelah mengetahui beberapa kelebihan kain satin velvet, maka dalam artikel ini juga kita akan membahas kekurangan kain satin selvet. Apa saja itu? Simak di bawah ini.

  • Karena permukaan kain yang licin, maka perlu keahlian yang lebih untuk menjahit bahan satin velvet
  • Daya serap tidak sebaik kain katun yang terbuat dari serat alami
  • Perawatannya cukup susah dari bahan gamis lainnya.

Cara Merawat Kain Satin Velvet

Untuk sisi perawatannya, kain satin velvet memiliki cara perawatan yang cukup sulit. Hal ini dikarenakan satin velvet memiliki tekstur khas yang apabila salah dalam penanganan akan membuatnya rusak. Untuk mengetahui bagaimana cara merawat kain satin velvet, silakan simak informasi lengkapnya di bawah ini.

1. Cuci dengan Metode Dry Cleaning

Cara merawat busana yang terbuat dari kain satin velvet yang pertawa adalah dengan mencucinya dengan menggunakan metode dry cleaning. Apa itu metode dry cleaning? Dry cleaning sendiri adalah proses mencuci pakaian dengan cara memanfaatkan beberapa larutan kimia tertentu. Metode mencuci kering ini sangat dianjurkan untuk kain satin velvet dikarenakan dapat menjaga keutuhan dan tekstur dari kain satin velvet yang halus tersebut.

Namun, proses mencuci dengan metode dry cleaning ini tidak bisa dilakukan secara sering. Ada baiknya kamu mencuci busana yang terbuat dari satin velvet ini sesudah digunakan 2 hingga 5 kali saja. Sisanya? Cuci saja dengan air yang dingin menggunakan mesin cuci atau dengan tangan secara manual.

2. Jangan Setrika di Suhu yang Tinggi

Penggunaan suhu yang tinggi atau panas pada setrika akan membuat komposisi dari kain satin velvet menjadi rusak. Maka dari itu ada baiknya hindari penggunaan setrika dengan suhu tinggi, gunakanlah suhu yang sedang apabila ingin menyetrika pakaian yang terbuat dari kain satin velvet.

Untuk menghindari suhu yang tinggi ini, kamu bisa mengakalinya dengan menambahkan kain tamabahn di atas kain satin velvet yang ingin disetrika. Walaupun memang terlihat ribet dan rumit, namun hal ini perlu dilakukan untuk menjaga kualitas dari bahan satin velvet.

Penggunaan Bahan Satin Velvet

Berikut di bawah ini adalah beberapa contoh penggunaan bahan satin velvet yang sudah diaplikasikan pada item fashion yang sudah jadi. Untuk kamu yang masih bingung bagaimana cara mengaplikasikan bahan satin velvet, silakan simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Gamis Bahan Satin Velvet

Gamis Bahan Satin Velvet
Gamis Bahan Satin Velvet

Dilansir melalui Wikipedia Indonesia, gamis adalah sejenis baju kurung yang dominan digunakan di timur tengah dan juga negara-negara islam lainnya. Di Indonesia sendiri model gamis cukup banyak ditemui di pasaran, bahkan gamis merupakan salah satu fashion item yang wajib dimiliki oleh setiap Muslimah.

Kepopulerannya tersebut membuat banyak produsen berlomba-lomba membuat gamis dengan model dan bahan terbaik. Salah satu bahan terbaik yang populer digunakan untuk membuat gamis adalah kain satin velvet. Dengan berbagai kelebihannya, kain satin velvet mampu menunjang aktivitasmu seharian dengan gamis bahan satin velvet.

2. Dress Bahan Satin Velvet

Dress Bahan Satin Velvet
Dress Bahan Satin Velvet

Dress adalah busana wanita yang banyak digunakan untuk berbagai acara, mulai dari acara formal hingga non formal. Penggunaannya yang bisa ditempatkan secara universal tersebut tentu saja membuat bahan pembuatannya perlu diperhatikan secara serius dari segi kualitas. Kain satin velvet adalah salah satu jenis kain yang biasanya digunakan untuk membuat dress.

Penggunaan bahan satin velvet pada dress membuat penggunanya mendapatkan efek nyaman secara maksimal. Hal inilah yang menjadi alasan utaa kenapa satin velvet sering digunakan menjadi busana dress.

3. Jilbab Satin Velvet

Jilbab Satin Velvet
Jilbab Satin Velvet

Di pasar fashion Indonesia sendiri, jilbab atau hijab ada banyak sekali pilihan model dan juga bahannya. Namun satin velvet menjadi salah satu bahan favorit pengguna jilbab yang menginginkan kenyamanan saat menggunakannya.

Bahan yang adem dan mudah menyerap keringat membuat satin velvet sangat cocok untuk dijadikan bahan utama jilbab. Hal ini jugalah yang membuat banyak wanita Muslimah memburu jilbab satin velvet di pasaran.

4. Mukena Satin Velvet

Mukena Satin Velvet
Mukena Satin Velvet

Terakhir ada mukena satin velvet yang tentu saja berfungsi untuk beribadah bagi wanita Muslimah. Shalat adalah salah satu kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap muslim dan Muslimah. Dalam melaksanakan shalat, kenyamanan sangat diperlukan agar shalat dan ibadah yang dijalankan dapat berjalan khusyuk. Untuk mendapatkan kenyamanan, tentu salah satu faktor pendukungnya ialah busana yang dikenakan.

Untuk wanita Muslimah, mukena adalah busana yang dipakai saat menjalan shalat. Maka dari itu, gunakanlah mukena yang terbuat dari bahan berkualitas sehingga kekhusyukan saat beribadah bisa didapatka. Kain satin velvet adalah salah satu jenis bahan yang biasanya digunakan untuk membuat mukena.

Kelebihan dan karakteristiknya sangat mendukung untuk mendapatkan kenyamanan saat beribadah sehingga fokus ibadah pun bisa didapatkan. Mukena satin velvet saat ini sedang digandrungi karena berbagai kelebihannya tersebut. Maka tak heran, mukena jenis ini sering kehabisan stok di pasaran.

Harga Satin Velvet

Harga Satin Velvet
Harga Satin Velvet

Untuk para clothing line seluruh Indonesia, kami MC Texstyle membawa kabar Bahagia untuk kalian yang sedang mencari kain satin velvet berkualitas dan murah. MC Texstyle menjual kain satin velvet di harga 12.500 saja untuk setiap yardnya, kamu bisa mendapatkan bahan satin velvet ini melalui produk kami di bawah ini.

Cek Disini: Produk Satin Velvet

Atau jika kalian ingin melakukan konsultasi, kami sangat open pertanyaan-pertanyaan kalian mengenai bahan kain. Silakan hubungi kami melalui Akun Instagram @mctexstyle atau bisa juga melalui tombol WhatsApp di bawah ini.

Semoga dengan penjelasan singkat mengenai bahan kain satin velvet ini dapat dipahami dengan mudah oleh semuanya. Jangan ragu untuk menghubungi kami yah ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis
1
Konsultasi Kain Gratis
Customer Service MC Texstyle
Hai Kak,
Ada yang bisa kami bantu terkait Kainnya?
AIRFLOW Crinkle Warna Cetar