Aljuni Hirossie Berbagi informasi mengenai tips fashion, tips kain, dan inspirasi outfit untuk tampil elegan nan cantik setiap harinya.

5 Cara Mengukur Lingkar Dada dengan Benar

2 min read

Cara Mengukur Lingkar Dada

Cara mengukur lingkar dada merupakan hal basic yang perlu diketahui oleh semua individu agar tidak terjadi kesalahan pada saat membeli baju. Khususnya saat membeli pakaian melalui online. Maka dari itu, dalam artikel kali ini MC Texstyle akan memberikan ulasan lengkap mengenai cara mengukur lingkar dada yang bisa dilakukan dengan 5 cara.

Baca Juga: Cara Mencuci Baju Putih Dengan Benar

Namun sebelum itu ada beberapa hal yang perlu diketahui terlebih dahulu. Membeli sebuah pakaian khususnya baju melalui online di beberapa e-commerce memang perlu effort yang lebih. Pasalnya, baju yang dibeli melalui online sering sekali tidak sesuai dengan ukuran yang terpampang.

Patokan ukuran S, M, L, atau XL sering sekali berbeda pada saat dikenakan. Bisa jadi terlalu kecil, atau bahkan terlalu besar. Hal ini lah yang menjadi salah satu poin penting kenapa kamu harus memahami cara mengukur lingkar dada yang benar.

Cara Mengukur Lingkar Dada

Melansir dari berbagai sumber, berikut mctexstyle.id sediakan 5 cara mengukur lingkar dada yang benar.

1. Gunakan Meteran Khusus Jahit

Cara mengukur lingkar dada yang pertama adalah dengan menggunakan meteran khusus jahit. Meteran jahit ini adalah salah satu alat yang sangat penting dan wajib ada ketika kamu ingin membuat atau menjahit sebuah baju. Dengan meteran jahit ini, kamu bisa mengukur seluruh bagian tubuh untuk disesuaikan dan diaplikasikan pada sebuah busana.

Baca Juga: Cara Mencuci Bra yang Benar dan Sehat

Untuk menggunakannya, kamu bisa mencoba dengan 2 cara. Yang pertama adalah dengan meminta bantuan orang lain untuk mengencangkan di area punggung dan juga lengan. Lalu cara kedua adalah dengan menggunakan meteran yang dibentangkan pada sebuah pakaian yang juga dihamparkan di tempat datar dengan posisi lurus atau tidak renggang.

Jika sudah menentukan dengan cara yang mana, kamu bisa mengukur secara melintang dari bawah ketiak sepanjang 5 cm. Ketika angka sudah didapat, silakan kalikan 2 dari angka tersebut. Dan hasil perkalian tersebut adalah ukuran lingkar dada yang tubuhmu miliki.

Sebagai informasi tambahan, jika kamu memiliki lingkar dada 100 cm saja, maka ada baiknya tambahkan 4 hingga 6 cm agar baju yang kamu pesan tidak terlalu ketat.

2. Dengan Menggunakan Penggaris

Jika di rumah tidak ada meteran khusus jahit, maka kamu bisa menggunakan penggaris untuk mengukur lingkar dada. Silakan ambil baju yang sering kamu kenakan dengan nyaman, lalu letakkan baju di atas meja atau tempat yang datar. Mulai ukur dengan penggaris dari sisi ketiak kanan hingga ketiak kiri, atau pun sebaliknya, lalu silakan catat hasilnya.

Jika sudah, hasil yang sudah dicatat tadi silakan dikalikan 2. Jika hasil dari penggaris adalah 55, maka lingkar dadamu adalah 110 cm. Mudah bukan?

3. Menggunakan Jengkal Jari

Langkah ketiga ini bisa kamu gunakan apabila kamu memiliki penggaris yang ukurannya tidak terlalu panjang. Pada umumnya, setiap jengkal jari memiliki ukuran kurang lebih 2 cm. Namun untuk memastikannya, kamu bisa menggunakan penggaris untuk mengukur panjang jengkal jari tangan.

Jika sudah memastikan ukuran jengkal jari, silakan lakukan beberapa langkah berikut ini:

  • Letakkan jengkal jari di atas punggung.
  • Mulai menghitung dengan mengukur dari punggung pelakang hingga ke arah depan dada.
  • Hasil yang didapat merupakan lingkar dada yang kamu miliki

4. Menggunakan Lembaran Kertas

Cara mengukur lingkar dada selanjutnya adalah dengan menggunakan lembaran kertas. Lembaran kertas yang kamu miliki harus memiliki panjang yang tetap. Sebagai contoh, kamu bisa menggunakan kertas karton dengan ukuran 21×27 cm atau bisa juga menggunakan beberapa lembar uang dengan nominal yang sama.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Noda Make Up di Baju

Untuk mengukurnya, kamu bisa mulai mengukur dari punggung ke bagian dada. Jika kamu menggunakan uang 50 ribu, maka ukuran uang tersebut adalah 149 mm (panjang) dan 65 mm (lebar). Sementara untuk uang 100 ribu, ukuran panjangnua adalah 151 mm dan lebarnya 65 mm.

Kamu bisa memperkirakannya sendiri pada saat menghitung ukuran lingkar dadamu.

5. Cara Mengukur Lingkar Dada dengan Tali Rafia

Cara mengukur lingkar dada yang terakhir adalah dengan menggunakan tali rafia. Tali rafia ini bisa dijadikan alat mengukur apabila memang alat-alat di atas tidak kamu miliki sama sekali. Silakan siapkan dulu tali rafia dengan panjang 1 meter, kemudian gulung pada area lingkar dada.

Untuk perempuan, caranya sedikit berbeda. Apabila ukuran lingkar dada di bawah 1 meter, berarti ukuran bajunya adalah ukuran S pada pria. Sedangkan apabila lingkar dadanya di atas 100 cm, maka termasuk ke dalam ukuran L.

Kesimpulan

Dan itu dia pembahasan singkat mengenai cara mengukur lingkar dada dengan berbagai cara. Semoga dengan artikel kali ini, kamu sudah bisa tahu bagaimana cara mengukur lingkar dada yang baik dan benar sehingga tidak salah saat belanja pakaian secara online.

Jenis Kain

Aljuni Hirossie Berbagi informasi mengenai tips fashion, tips kain, dan inspirasi outfit untuk tampil elegan nan cantik setiap harinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis
1
Konsultasi Kain Gratis
Customer Service MC Texstyle
Hai Kak,
Ada yang bisa kami bantu terkait Kainnya?