Aljuni Hirossie Berbagi informasi mengenai tips fashion, tips kain, dan inspirasi outfit untuk tampil elegan nan cantik setiap harinya.

Kain Mesh: Sejarah, Jenis, Karakteristik, & Cara Penggunaannya

5 min read

Kain Mesh

Kain mesh atau yang biasa dikenal sebagai kain jaring adalah salah satu jenis kain yang memiliki keunikan pada permukaan kainnya yang berlubang. Bahan yang mirip seperti jaring ikan ini mampu memberikan kenyamanan maksimal untuk penggunanya dalam menjalani aktivitas. Berikut di bawah ini Mintex jelaskan secara lengkap mengenai bahan mesh, disimak yah!

Sejarah Kain Mesh

Sejarah Kain Mesh
Sejarah Kain Mesh

Kain mesh sendiri pada awalnya dirancang pada 1888 silam oleh seorang pemilik tekstil ternama di Inggris. Dan pada 1980 kain mesh ini mulai digunakan untuk memproduksi pakaian olahraga hingga saat ini menjadi salah satu kain yang sangat populer.

Seperti yang sudah dibahas pada awal paragraf, bahan mesh adalah kain tenun ringan yang memiliki tampilan seperti jala ikan. Kain ini memiliki sifat breathable dan juga sangat kuat terhadap perubahan suhu yang ekstrim.

Pada masa awal produksi silam, kain ini dibuat dengan alat tenun yang sedemikian rupa sehingga terciptalah ruang terbuka di antara benangnya. Hasilnya pun sesuai dengan keinginan produsen, yaitu memproduksi kain dengan sifat yang sangat breathable.

Kain mesh ini pada awalnya hanya digunakan sebagai bahan utama pembuatan pakaian olahraga saja. Namun karena perkembangan zaman dan teknologi, kini bahan mesh juga sering dan menjadi populer di industry fashion maupun medis.

Dalam proses pembuatannya, pada umumnya bahan mesh ini terbuat dari kain polyester, nylon, spandek. Ketiga bahan dasarnya terbuat merupakan bahan sintetis yang memiliki ketahanan sangat lama. Selain itu, bahan mesh juga dibuat dari logam untuk memberikan kesan mengkilap pada permukaan kain.

Walaupun semua bahan mesh memiliki struktur seperti jala yang sama, namun ada perbedaan dalam ketebalan, berat, warna, hingga hasil akhir. Selain itu, bahan mesh ini juga tersedia dengan jenis lubang yang halus atau kasar.

Karakteristik Kain Mesh

Karakteristik Kain Mesh
Karakteristik Kain Mesh

Berikut di bawah ini adalah beberapa karakteristik kain mesh yang menjadikannya sangat disukai oleh banyak produsen fashion dan juga medis. Disimak yah!

1. Permukaan Kain yang Berlubang

Karakteristik bahan mesh yang pertama ialah kain ini memiliki permukaan dengan struktur yang berlubang kecil sehingga memungkinkan sirkulasi udara dan masuknya sinar matahari menjadi lancar. Dengan karakteristik ini, kain mesh sehing digunakan untuk membuat busana-busana yang berventilasi.

2. Awet & Kuat

Seperti yang sudah Mintex bahas sebelumnya, kain mesh biasanya terbuat dari bahan-bahan sintetis seperti kain polyester hingga nilon. Bahan dasar inilah yang membuat bahan mesh memiliki karakteristik yang kuat dan juga tahan terhadap kerusakan fisik atapun cuaca ekstrem.

3. Memiliki Ukuran Lubang yang Beragam

Kain mesh memiliki ukuran lubang kain yang berbeda-beda, ada yang berukuran sangat kecil hingga besar. Penggunaannya pun bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

4. Cepat Kering

Karena bahan dasar pembuatannya ialah serat sintetis, maka produk yang terbuat dari bahan mesh pun akan memiliki kelebihan cepat kering. Hal inilah yang membuat banyak produsen pakaian outdoor hingga pakaian olahraga menggunakan bahan mesh sebagai bahan utama pembuatan produk mereka.

Jenis Kain Mesh

Jenis Kain Mesh
Jenis Kain Mesh

Selanjutnya, kita akan membahas jenis bahan mesh. Di pasaran sendiri saat ini terdapat beberapa jenis bahan mesh yang berbeda. Dan ada juga beberapa istilah atau nama lain yang digunakan untuk merujuk pada varian kain mesh yang sama. Untuk mengetahui detail lengkapnya, silakan disimak yah!

1. Polyester Mesh

Jenis polyester mesh adalah kain yang sering digunakan untuk pembuatan bahan pakaian olahraga dan atletik. Jenis kain ini memang memiliki kelebihan yaitu sangat ringan dan mampu menyerap kelembaban secara maksimal. Tidak seperti jenis bahan mesh lainnya, polyester mesh tidak akan basah oleh keringat karena memiliki kemampuan menyerap keringat dengan baik.

2. Nylon Mesh

Apakah kamu tahu tudung penutup kepala yang sering digunakan peternak lebah untuk memanen madu? Nah tudung tersebut adalah salah satu produk yang terbuat dari bahan nylon mesh. Jenis bahan mesh ini memang kurang umum digunakan untuk membuat pakaian jadi, namun produk lain seperti kasa tenda dan tas cucian kotor sering menggunakan nylon mesh sebagai bahan pembuatannya.

3. Tulle / Tile

Jenis bahan mesh yang satu ini paling sering digunakan sebagai aksen pada busana pesta atau dansa berwarna cerah. Dalam sejumlah kesempatan, tulle atau kain tile juga bisa dibuat dari sutra yang bisa mengurangi dampak lingkungan dari jenis mesh ini.

Namun pada umumnya, tulle terbuat dari kain polyester atau nylon. Dan kain ini biasanya digunakan untuk menambahkan aksen bertekstur pada sebuah busana.

4. Power Mesh

Power mesh adalah jenis kain yang memiliki kemampuan pada kompresinya. Bahan ini pada umumnya digunakan untuk berbagai pakaian olahraga dan pakaian pembentuk tubuh. Jenis kain ini juga terkadang digunakan untuk keperluan dekorasi rumah karena memiliki penampilan yang hampis seluruhny tipis.

5. Powernet

Jenis bahan mesh yang terakhir adalah powernet. Powernet memiliki kualitas tenun yang relative padat. Bahan ini biasanya digunakan pada beberapa item fesyen seperti celana ketat, bra, hingga slip kontrol. Dan dalam beberapa kasus, istilah ‘powernet’ ini bisa juga digunakan secara bergantian dengan ‘power mesh’.

Penggunaan Kain Mesh

Penggunaan Kain Mesh
Penggunaan Kain Mesh

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, bahan mesh memiliki banyak bentuk, ukuran, hingga bahan karena dan digunakan sesuai dengan peruntukannya. Berikut di bawah ini adalah sejumlah item yang dibuat dengan bahan mesh, silakan disimak yah!

1. Pakaian Olahraga

Kain mesh sering dijadikan bahan utama pembuatan activewear, kaos sepak bosa, sport bra, hingga pakaian renang. Karakteristik kain mesh adalah ringan dan fleksibel, hal inilah yang membuat bahan mesh memiliki sifat breathable dan kebebasan bergerak. Tentu saja sifat dan karakteristik ini akan sangat penting bagi atlet tingkat tinggi dalam menunjukan performanya.

2. Shapewear

Kain mesh juga sering dijadikan shapewear yang berfungsi untuk membantu memegang bagian yang ingin kamu sembunyikan sambal menghaluskan dan menonjolkan lekukan yang ingin kamu tampilkan.

3. Jaring Ikan

Sebagaian besar jaring ikan cenderung memiliki desain berbentuk berlian pada lubangnya di mata jaring, ini dilakukan untuk memberikan kekuatan dan fleksibilitas yang lebih besar.

4. Gaun

Kain mesh juga sering digunakan sebagai furing di bagian bawah rok untuk gaun. Bahkan hingga saat ini, mes seperti kain tile masih digunakan untuk menambahh volume gaun malam dan gaun prom.

5. Pakaian dan Aksesoris Pengantin

Penggunaan kain mesh selanjutnya adalah pada bridewear atau pakaian pengantin. Tidak hanya sebatas gaun pengantin saja, namun juga hingga kerudung pengantin biasanya dibuat dengan menggunakan kain mesh. Namun memang penggunaannya berada di dalam gaun untuk menambah kesan volume yang cantik.

6. Pintu dan Jendela

Tidak hanya digunakan pada industry fesyen saja, kain mesh juga sering digunakan pada barang-barang di rumah. Salah satunya adalah yang terdapat pada pintu kasa. Kegunaan kain mesh pada pintu atau jendela ini adalah untuk mencegah Binatang terbang untuk masuk ke dalam rumah.

7. Topi Peternak Lebah

Topi yang sering digunakan oleh peternak lebah dirancang khusus dengan sebuah jaring penutup yang terbuat dari kain mesh. Bahan mesh ini berfungsi untuk menghalangi lebah masuk ke dalam dan menyengat peternak.

8. Medical Mesh

Kain mesh juga sering digunakan pada item medical. Salah satunya adalah medical mesh yang digunakan pada operasi hernia atau dalam kasus dimana terlah terjadi prolaps. Mesh sendiri berfungsi untuk menahan hernia atau organ tubuh di tempatnya.

Cara Merawat Kain Mesh

Kain mesh adalah kain yang kuat, namun tanpa perawatan yang tepat, maka fungsi dan ketahanannya tidak akan lama. Cara merawat bahan mesh sendiri terbilang cukup mudah, bahan mesh sendiri disarankan jangan terlalu sering untuk dicuci. Ketika ingin mencucinya, maka ada baiknya air yang digunakan memiliki suhu hangat kurang lebih 30 derajat.

Kemudian untuk cara pengeringannya, biarkan saja dikeringkan secara alami di angin-anginkan dan jangan melalui setrika. Adapun jika kamu ingin menyetrika, maka setrika lah kain di suhu rendah. Ok?

Kelebihan dan Kekurangan Kain Mesh

Setelah mengetahui jenis, penggunaan, dan cara merawat bahan mesh. Selanjutnya kita akan membahas kelebihan dan kekurangan bahan mesh, untuk informasi lengkapnya silakan simak di bawah ini.

Kelebihan Kain Mesh

Berikut di bawah ini beberapa kelebihan bahan mesh yang wajib kamu ketahui, silakan disimak yah:

  • Looknya kasual
  • Anti kerut
  • Memiliki harga yang murah
  • Tingkat elastisnya cukup baik
  • Kain mesh sejuk dan breathable
  • Mudah dicuci
  • Nyaman

Kekurangan Kain Mesh

Untuk kekurangannya sendiri, bahan mesh memiliki sejumlah kekurangan. Berikut di bawah ini kekurangan bahan mesh yang perlu diketahui sebelum membelinya:

  • Tidak memberi perlindungan untuk kulit
  • Jika tidak segera dicuci, akan cepan bau
  • Konstruksi kain tidak stabil sehingga cepat meregang hingga keausan
  • Menyingkap dengan mudah apabila lubangnya cukup besar.

Kesimpulan

Dan itu dia pembahasan singkat mengenai kain mesh, mulai dari jenis, karakteristik, hingga membahas kelebihan dan kekurangannya. Untuk kamu yang ingin mencari kain mesh jenis tille, kamu bisa menghubungi MC Texstyle.

MC Texstyle adalah toko kain Jakarta yang meyediakan ratusan jenis kain polos hingga motif. Kain tille adalah satu jenis kain yang dijual MC Texstyle dengan harga murah dan terbaik. Untuk melakukan konsultasi, silakan hubungi admin kami melalui akun Instagram @mctestyle atau melalui tombol WhatsApp di bawah ini.

 

Jenis Kain

Aljuni Hirossie Berbagi informasi mengenai tips fashion, tips kain, dan inspirasi outfit untuk tampil elegan nan cantik setiap harinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis
1
Konsultasi Kain Gratis
Customer Service MC Texstyle
Hai Kak,
Ada yang bisa kami bantu terkait Kainnya?