3 Jenis Kain untuk Seragam Sekolah Terpopuler

2 min read

Jenis Kain untuk Seragam Sekolah

Jenis kain untuk seragam sekolah saat ini banyak dicari terutama saat tahun ajaran baru dating. Meski pembelajaran jarak jauh saat ini masih menjadi sarana utama dalam pembelajaan, namun kebijakan membeli seragam sekolah tetap wajib dilakukan. Karena mau bagaimana pun, seragam adalah identitas sekolah itu sendiri.

Penggunaan seragam sekolah yang berjangka panjang menuntut para orang tua dan pihak sekolah memilih jenis kain untuk seragam sekolah yang berkualitas. Saat tahun ajaran baru alias penerimaan peserta didik baru (PPDB), pihak sekolah biasanya akan mempersiapkan berbagai kebutuhan seragam sekolah untuk calon siswanya. Pada situasi ini, permintaan kain seragam sekolah selalu meningkat tajam.

Baca Juga: Jenis Kain untuk Kemeja Paling Populer

Namun, dari banyaknya jenis kain untuk seragam sekolah yang ada di pasaran membuat pihak sekolah hingga orang tua kebingungan untuk memilihnya. Setidaknya kamu perlu mengetahui beberapa aspek sebagai bahan pertimbangan dalam memilih bahan seragam. Mulai dari jenis kain, kualitas, kenyamanan, dan juga ketahanan bahan. Dari banyaknya jenis kain untuk seragam, berikut di bawah ini Mintex rekomendasikan 3 jenis kain yang cocok untuk dijadikan seragam sekolah

Jenis Kain untuk Seragam Sekolah

1. Kain Oxford

Kain Oxford
Kain Oxford

Bahan kain oxford adalah salah satu jenis kain untuk seragam sekolah yang paling direkomendasikan. Kain oxford sendiri terdiri dari kombinasi serat tetoron dan juga katun dengan pola dan juga Teknik anyaman khusus sehingga mampu menghasilkan efek seperti titik pixel. Kain ini juga memiliki serat yang sangat kuat sehingga awet dan tidak mudah robek.

Kain oxford juga memiliki kelebihan berupa tingkat kenyamanan yang maksimal. Walaupun bahan kain oxford ini lebih berat dibandingkan kain TC, namun kekuatan dan keawetan bahannya sudah terbukti. Kain oxford sendiri ini sering sekali digunakan sebagai bahan utama pembuatan seragam pramuka.

Selain menjadi bahan kain untuk seragam sekolah, kain oxford juga sering dijadikan sebagai bahan pembuatan seragam kerja PDL. Tidak sedikit juga menggunakan bahan oxford menjadi kemeja, blouse, dan berbagai item fashion lainnya.

Baca Juga: Jenis Kain untuk Rok Paling Rekomendasi

2. Kain Drill

Kain Drill
Kain Drill

Kain drill adalah jenis kain yang memiliki karakteristik mirip dengan kain twill, yaitu permukaan kainnya membentuk garis diagonal. Namun anyaman kain drill cenderung lebih renggang dan membuatnya tidak sekuat kain twill. Bahan drill ini biasanya digunakan untuk bawahan seragam siswi perempuan atau rok. Namun kain drill juga bisa dijadikan sebagai bahan atasan seragam sekolah.

Seperti kain oxford, kain drill juga memiliki beberapa jenis dengan masing-masing jenisnya memiliki karakteristik tersendiri. Kain drill biasanya terbuat dari hasil kombinasi katun yang membuatnya memiliki kesan lembut. Sifat kain drill adalah ringan namun jatuh sehingga cocok untuk membuat bawahan seragam sekolah atau kerja.

3. Kain TC (Tetoron Cotton)

Kain TC (Tetoron Cotton)
Kain TC (Tetoron Cotton)

Selain kain oxford dan juga drill, kain TC atau teteron cotton juga bisa dijadikan sebagai bahan kain untuk seragam sekolah. Banyak sekolah yang masih menggunakan kain TC ini karena kainnya terbuat dari material katun sehingga permukaan kain terasa sangat halus ketika dikenakan. Dengan kelebihan ini, pemakainya akan secara otomatis merasakan kenyaman yang maksimal walaupun menjalani aktivitas seharian.

Kombinasi kain katun pada jenis kain ini juga mampu membuat kain TC memiliki kemampuan menyerap keringat yang sangat baik. Sedangkan material teteron yang terkandung pada bahan TC menjadikan seragam lebih awet dan tidak mudah rusak walaupun dicuci berulang kali.

Baca Juga: Jenis Kain untuk Blazer Terbaik

Kesimpulan

Dan itu dia penjelasan singkat mengenai 3 rekomendasi jenis kain untuk seragam sekolah paling populer. Untuk kamu yang ingin mendapatkan bahan kain untuk seragam sekolah dengan kualitas terbaik, kamu bisa menghubungi MC Texstyle.

MC Texstyle adalah supplier kain Jakarta yang sudah dipercaya oleh ratusan brand clothing line seluruh Indonesia. Selain jenis kain untuk seragam sekolah, MC Texstyle juga menyediakan berbagai jenis kain sesuai dengan kebutuhan konsumen. Untuk melakukan konsultasi gratis, kamu bisa menghubungi kami melalu tombl WhatsApp di bawah ini. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis
1
Konsultasi Kain Gratis
Customer Service MC Texstyle
Hai Kak,
Ada yang bisa kami bantu terkait Kainnya?
AIRFLOW Crinkle Warna Cetar