Aljuni Hirossie Berbagi informasi mengenai tips fashion, tips kain, dan inspirasi outfit untuk tampil elegan nan cantik setiap harinya.

5 Istilah Fashion Dalam Bahasa Prancis

2 min read

Istilah Fashion

Istilah Fashion – Prancis adalah salah satu negara yang dikenal dengan mode fashionnya, beberapa brand fashion besar pun datang dari negara Prancis. Sebut saja diantaranya ada Louis Vuitton, Hermēs, Chanel, hingga Dior. Prancis juga memiliki beberapa istilah fashion dalam Bahasa Prancis yang mendunia dan biasanya dapat dijumpai dalam beberapa buku, majalah, hingga artikel yang membahas fashion.

Untuk mengetahui istilah fashion dalam Bahasa Prancis tersebut, mari kita simak informasi lengkapnya di bawah ini.

Baca Juga: Sejarah Paris Fashion Week

Istilah Fashion Dalam Bahasa Prancis

1. Prêt à Porter

Prêt à Porter
Prêt à Porter

Prêt à Porter adalah istilah fashion yang digunakan untuk menyebut busana siap pakai berkualitas tinggi. Dalam Bahasa Inggris, Prêt à Porter memiliki arti ready to wear. Perumpamaan busana siap pakai ini adalah karena pada saat dibeli, busana ini bisa langsung digunakan. Beberapa karakteristik dari busana Prêt à Porter dari beberapa busana lainnya adalah:

  • Prêt à Porter atau ready to wear biasa diproduksi menggunakan standar pengukuran umum
  • Busana ready to wear ini juga tidak membutuhkan penggunaan berkali-kali untuk membuatnya pas dengan ukuran tubuh.
  • Busana Prêt à Porter memiliki konstruksi yang cenderung jauh lebih minimalis dan memiliki tingkat kenyamanan maksimal pada saat dikenakan untuk kegiatan sehari-hari.

2. À la mode

À la mode
À la mode

Istilah fashion dalam Bahasa Prancis selanjutnya ada À la mode. À la mode sendiri memiliki arti terbaru alias up to date. Dengan menggunakan kata ini, maka perujukannya adalah pada sesuatu yang sedang trendy dan juga digunakan untuk mengekspresikan sesuatu yang fashionable.

3. Haute Couture

Haute Couture
Haute Couture

Haute Couture dalam fashion sendiri diambil dari Bahasa Prancis yaitu Haute dengan arti tinggi, dan Couture yang berarti tata busana. Istilah ini bisa kamu maknai sebagai busana high sewing uality dan high craftsmanship karena dibuat dengan teknik menjahit tingkat tinggi.

Penggunaan istilah haute couture ini sendiri tidak bisa sembarangan disematkan pada sebuah busana, karena istilah ini dilindungi hokum dan jika ingin menyematkan istilah ini perlu memenuhi syarat tertentu.

Baca Juga: Tips Fashion ala Paris Fashion Week

4. Avant Garde

Avant Garde
Avant Garde

Istilah avant garde sendiri ialah bentuk dari kata sifat yang merujuk kepada orang atau sebuah karya yang bersifat kreatif, unik, dan juga inovatif dalam desain dan teknik pembuatannya.

Dalam industri seni, avant-garde ini berarti sebuah terobosan baru dalam pembuatan karya seni. Kemudian dalam industri fashion, avant garde ini berarti sebuah rancangan yang tidak mengikuti trens namun mengedepankan eksperimen yang diusung oleh sang desainer.

Untuk mengetahui perbedaan busana avant garde dan busana lainnya sendiri cukup mudah. Untuk avant garde sendiri cukup mudah untuk dikenali karena desainnya tidak umum dan jauh dari kata mainstream. Busana avant garde juga sangat mencolok sehingga sering menarik perhatian banyak orang.

Avant garde pertama kali dikenalkan oleh Pierre Cardin, seorang perancang busana tersebar di dunia. Untuk industri hiburan sendiri ada selebriti yang sering tampil menggunakan busana avant garde, dia adalah Lady Gaga.

5. Croquis

Croquis
Croquis

Istilah fashion dalam Bahasa prancis yang terakhir adalah croquis. Croquis sendiri memiliki arti sketsa, sementara dalam dunia fashion istilah ini digunakan untuk mendefinisikan sketra ringkas dari sebuah figure atau pun rangka tubuh manusia.

Croquis ini sangat diperlukan sebagai model dalam pembuatan sebuah desain fashion, adanya croquis ini untuk mempermudah seorang desainer dalam mempresentasikan busana yang akan dia buat.

Crouis sendiri pada umumnya bisa dibuat dalam berbagai ukuran dan dinyatakan dalam satuan head. Satu head ini memiliki ukuran sama dengan satu bagian kepala. Untuk Croquis Asia biasanya memiliki ukuran 8 head, namun khusus Indonesia dan Jepang adalah 8,5 head.

Sedangkan croquis Eropa dan Amerika terbagi menjadi 9 head dan 10 head. Ukuran croquis yang tidak realistis pada manusia ini sengaja dibuat untuk menegaskan detail dan juga bentuk dari sebuah desain fashion.

Jenis Kain

Aljuni Hirossie Berbagi informasi mengenai tips fashion, tips kain, dan inspirasi outfit untuk tampil elegan nan cantik setiap harinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis
1
Konsultasi Kain Gratis
Customer Service MC Texstyle
Hai Kak,
Ada yang bisa kami bantu terkait Kainnya?