Cara Memulai Bisnis Fashion untuk Pemula di Tahun 2023

4 min read

Cara Memulai Bisnis Fashion

Cara Memulai Bisnis Fashion – Di jaman yang serba modern saat ini, ada banyak sekali peluang usaha yang bisa kamu jadikan sebagai bisnis utama. Mulai dari bisnis di bidang kuliner, hingga bisnis fashion, semua sangat menjanjikan jika menggunakan cara yang tepat.

Bisnis kuliner sangat banyak sekali dilakoni oleh banyak orang, dan ini membuat persaingan pasar sangat besar. Untuk itu kamu bisa mencoba untuk memulai bisnsis fashion atau pakaian. Kamu bisa melakukan produksi pakaian sendiri, atau melakukan stok pakaian kepada supplier terpercaya.

Lalu, apakah ada cara sukses untuk menjalankan bisnis fashion? Tentu saja ada dong, yuk simak informasi lengkap mengenai cara memulai bisnis fashion di bawah ini.

Ide dan Peluang Bisnis Fashion

Industri fashion memang sangat berkembang dan menjadi peluang besar bagi para calon pengusaha. Setidaknya ada beberapa peluang bisnis di dalam industry fashion yang bisa kamu jalani untuk mendapatkan uang. Apa saja itu? Simak ulasannya di bawah ini.

Baca Juga: Cara Memulai Bisnis Clothing Line untuk Pemula

1. Jadi Fashion Designer

Cara Memulai Bisnis Fashion
Fashion Designer

Jika kamu memiliki skill di bidang merancang busana, maka menjadi seorang fashion designer adalah salah satu bisnis yang cocok untuk kamu geluti.

2. Fashion Blogger

Cara Memulai Bisnis Fashion
Fashion Blogger

Apakah kamu memiliki skill menganalisa trend dan mengobservasi detail terkecil dunia fashion? Jika ada, maka kamu bisa berkutat dalam bisnis fashion walau pun memiliki modal yang minim. Kamu bisa membuat sebuah blog fashion dengan menulis artikel review, dan sebagainya mengenai dunia fashion. Blog sendiri bisa menghasilkan melalui iklan yang di pasang, iklan website yang populer saat ini adalah Adsense. Kamu bisa mendapatkan banyak uang melalui iklan tersebut.

3. Bisnis Majalah Fashion

Bisnis Majalah Fashion
Bisnis Majalah Fashion

Selain menjadi blogger, cara memulai bisnis fashion lainnya juga bisa bermula dengan melakukan penerbitan majalah yang berfokus pada style dan juga tren fashion. Tugas utama dalam bisnis ini ialah menjaga para penggemar mode untuk terus berlangganan berita dengan selalu mengupdate kabar terbaru mengenai industri fashion.

4. Buat Brand Pakaian Sendiri

Cara Memulai Bisnis Fashion
Buat Brand Pakaian Sendiri

Memiliki sebuah brand fashion sendiri merupakan idaman bagi para calon pengusana di bidang bisnis fashion. Sebagian orang mungkin berpikir sulit karena memang tidak memiliki latar belakang desain atau sebagainya.

Jangan pernah menganggap membuat brand sendiri itu sulit, ada banyak sekali jasa yang bisa kamu gunakan untuk mewujudkan mimpi besar mu tersebut. Kamu bisa melakukan perekrutan karyawan di bidang desainer, hingga menyewa konveksi sendiri.

Soal supplier kain untuk kebutuhan brand pakaian mu, percayakan saja semuanya kepada MC Texstyle. MC Texstyle sendiri adalah supplier kain Jakarta terbaik yang menawarkan berbagai jenis kain dengan harga yang sangat terjangkau. MC Texstyle sudah dipercaya oleh ratusan brand pakaian dalam memenuhi kebutuhan bahan kain mereka.

Hubungi MC Texstyle melalui akun Instagram @mctexstyle atau melalui tombol WhatsApp di bawah ini untuk melakukan order atau sekadar tanya-tanya. Kamu juga boleh melakukan request Handbook MC Texstyle yang berisikan kain Hand Feel berbagai jenis kain secara GRATIS.

Baca Juga: Toko Kain Jakarta Terbaik

5. Bisnis Agen Model

Bisnis Agen Model
Bisnis Agen Model

Agen model adalah sebuah perusahaan yang menaungi para model fashion yang bekerja di dalam industry fashion itu sendiri. Agen model mendapat keuntungan dari komisi yang sudah didiskusikan dengan model dan juga kepala agen.

Jika kamu merasa cukup ahlo dalam mencari model dan juga membuat deal dengan para model tersebut. Maka jenis bisnis ini adalah salah satu hal yang bisa kamu geluti dengan profesional.

6. Impor dan Ekspor Produk Fashion

Impor dan Ekspor Produk Fashion
Impor dan Ekspor Produk Fashion

Apabila kamu memiliki modal dan juga pengetahuan teknis, maka kamu bisa mencoba bisnis import produk fashion dari berbagai negara. Kamu bisa menjual pakaian tersebut di dalam negeri bahkan bisa berkesempatan untuk melakukan ekspor produk local ke negara lain.

7. Menjadi Konsultan

Menjadi Konsultan
Menjadi Konsultan

Kamu juga bisa menjadi konsultan untuk sebuah perusahaan yang memang bergerak di bidang fashion.

8. Fotografer

Fotografer
Fotografer

Apabila kamu memiliki bakat di bidang fotografi, maka kamu bisa menjadi fotografer di sebuah majalah terkemuka, iklan fashion, art photography, hingga papparazi.

Baca Juga: Toko Kain Bandung Terbaik

Cara Memulai Bisnis Fashion untuk Pemula

Berikut di bawah ini terdapat beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar bisa sukses dalam menjalankan bisnis fashion. Apa saja itu? Simak ulasannya berikut ini.

Lakukan Riset Pasar

Sebelum kamu memulai untuk membangun sebuah usaha, maka lakukan lah riset terlebih dahulu untuk mengetahui kebutuhan atau permintaan pasar. Cara memulai bisnis fashion yang satu ini perlu dilakukan untuk menentukan siapa pelanggan yang akan kamu sasar. Dengan menentukan pelanggan di awal bisnis, maka kamu bisa lebih mudah dalam proses pemasaran dan juga menentukan jenis produk yang ingin dipasarkan.

Ada jenis orang yang ingin membeli sebuah pakaian dengan melihat kualitas, harga terjangkau, hingga sesuai model yang sedang trend. Beberapa target pasar tersebut akan menentukan jenis barang apa yang akan kamu stok dan jual, begitu pun untuk teknik marketingnya.

Susun Business Plan Berdasarkan Riset

Cara memulai bisnis fashion selanjutnya adalah dengan menyusun business plass. Business Plan adalah salah satu persiapan yang sangat dibutuhkan untuk merencanakan hal seperti anggaran, proses transaksi, pngiriman, sistem retur, dan lainnya yang berkaitan dengan bisnis. Apabila kamu melakukan produksi pakaian sendiri, maka kamu perlu menambahkan rencana seperti desain produk, brand atau merk dagang, serta budget untuk melakukan branding merk.

Tentukan juga jenis pakaian yang ingin kamu jual dan pelajari jenis bahan yang diminati pembeli saat ini. Kemudian carilah vendor atau supplier kain terpercaya untuk menjadi supplier tetap dalam memproduksi produk bisnis fashion yang kamu miliki.

Baca Juga: Rekomendasi Toko Kain Semarang Terpercaya

Ikuti Tren

Menjalankan bisnis fashion memang sedikit berbeda dengan bisnis pada umumnya. Karena memang mayoritas konsumen akan terus mengikuti tren yang sedang berkembang saat itu juga. Maka dari itu, sebagai pelaku bisnis di bidang fashion, kamu juga perlu memerhatikan tren yang sedang berkembang.

Jangan terlalu banyak menumpuk stok produk apabila belum memiliki banyak konsumen. Ikutilah tren yang sedang banyak dicari dan gunakan tren tersebut untuk melakukan stok produk yang diperlukan.

Gunakan Strategi Pemasaran yang Tepat

Hampir sama seperti bisnis lain, dalam bisnis fashion pun perlu merencaranakan strategi pemasaran yang tepat. Kamu bisa melakukan promosi dengan media online atau pun offline. Banyak para pengusaha fashion yang membuat grup di beberapa sosial media yang berisikan target pelanggan dan memposting gambar produk pada grup tersebut.

Strategi bisnis ini dirasa cukup efektif apabila kamu sudah izin terlebih dahulu terhadap target pasar yang ingin dituju. Jangan sampai target market kamu merasa terganggu atas postingan gambar produk mu secara terus menerus.

Buka Toko Online dan Offline

Cara selanjutnya adalah dengan membuka toko online atau pun offline. Step ini harus kamu lakukan agar kamu memiliki tempat sebagai transaksi bisnis. Jika kamu belum memiliki cukup modal untuk membuka toko yang besar, maka mulailah dari yang kecil namun menarik.

Gunakan kreativitas untuk membangun toko fashion yang kamu miliki, bangun dengan menarik agar banyak calon konsumen yang tertarik untuk datang. Hal ini tentu berlaku untuk toko online maupun offline.

Bekerjasama dengan Influencer atau Buzzer

Untuk memperkenalkan produk fashion yang kamu jual, maka kamu perlu bekerja sama dengan influencer atau buzzer dengan profesi model atau pun public figur. Cobalah minta model atau publik figur tersebut mengenakan pakaian yang kamu jual sekaligus mempostingnya di sosial media mereka.

Hal ini tentu menjadi promosi bisnis yang menarik. Selain itu, jika sebuah produk fashion yang dikenalan oleh orang terkenal, maka tak menutup kemungkinan banyak orang yang menykainya. Dengan begitu, maka bisnis yang kamu jalani akan dikenal banyak orang.

Baca Juga: Toko Kain Surabaya Termurah

Beri Diskon Menarik

Semua orang pasti menyukai diskon, termasuk admin mc hehehe. Sebagai pemilik brand, kamu perlu mencoba sesekali memberikan diskon pada konsumen agar mereka lebih sering membeli produk yang kamu jual. Dengan diskon juga bisa membuat konsumen menjadi loyal loh. Berikan lah diskon di hari-hari tertentu, misalnya saat hari belanja nasional, hari konsumen, diskon ulang tahun, dan sebagainya.

Dan itu dia cara memulai bisnis fashion dari awal yang cocok untuk pemula. Jika kamu ingin sukses dalam bisnis fashion ini, maka kamu perlu menerapkan berbagai tips di atas. Jangan lupa juga untuk  berdoa kepada Tuhan agar bisnis yang dijalankan semakin dilancarakan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis
1
Konsultasi Kain Gratis
Customer Service MC Texstyle
Hai Kak,
Ada yang bisa kami bantu terkait Kainnya?
AIRFLOW Crinkle Warna Cetar