Aljuni Hirossie Berbagi informasi mengenai tips fashion, tips kain, dan inspirasi outfit untuk tampil elegan nan cantik setiap harinya.

15 Jenis Kain yang Adem untuk Cuaca Panas & Kulit Sensitif

3 min read

Jenis Kain yang Adem

Jenis Kain yang Adem – Apakah kamu pernah merasakan ketiak menjadi lebih basah dan mengeluarkan aroma tidak sedap ketika mengenakan pakaian tertentu? Cuaca yang panas memang turut andil akan kondisi ini, namun tidak hanya karena faktor itu saja loh yang memengaruhinya. Keringat yang keluar hingga mengendap dan mengeluarkan bau menandakan pakaian memiliki bahan kain yang kurang baik untuk menyerap keringat.

Selain itu, ada juga kain yang membuat kulit menjadi gatal hingga tidak nyaman untuk dikenakan. Lalu, kain seperti apa yang bisa menghindarkan kita dari bau badan?  Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Jenis Kain yang Adem

Kain yang terbuat dari serat alami cenderung lebih aman dan juga nyaman di kulit. Daya serapnya pun lebih baik dibandingkan jenis kain yang terbuat dari bahan selain alami. Bahkan beberapa diantaranya sangat bagus untuk kulit yang rentan alergi. Simak jenis kain yang adem di bawah ini sebagai bahan referensi kamu semua.

1. Kain Linen

Kain Linen
Kain Linen

Jenis kain yang adem pertama datang dari kain linen. Kain linen adalah bahan yang dibuat dari tenunan serat rami. Biasanya digunakan sebagai bahan seprai, dan beberapa produk fashion. Kain linen memiliki karakteristik yang cukup sejuk dan mampu menyerap keringat dengan baik. Kamu bisa memilih kain linen berkualitas untuk membuat pakaian yang lebih halus dibandingkan linen biasa.

Kain ini juga memiliki sifat tahan lama dan nyaman di kulit. Apabila bersentuhan dengan kulit, kain ini tidak mudah menimbulkan reaksi alergi pula.

Cek Produk Kain Linen Disini

2. Kain Cotton Combed

Kain Cotton Combed
Kain Cotton Combed

Jenis kain yang adem selanjutnya ada cotton combed. Cotton combed adalah jenis kain katun yang terbuat dari serat kapas murni. Biasanya kain ini digunakan untuk produksi kaos distro. Dan jenis kain ini juga memiliki tekstur halus, dingin, dan sangat mudah untuk menyerap keringat. Jadi memang ideal untuk bahan pakaian di negara dengan beriklim tropis seperti Indonesia.

3. Kain Katun Jepang

Kain Katun Jepang
Kain Katun Jepang

Katun Jepang adalah salah satu bahan kain yang sering digunakan sebagai bahan utama pembuatan mukena karena ringan dan sejuk. Kain ini memiliki daya serap yang cukup baik sehingga memang cocok untuk dijadikan bahan pakaian di musim kemarau. Selain itu, kain katun Jepang pun lebih berkualitas dibandingkan katun biasa. Sehingga tidak mudah untuk luntur walaupun dicuci berkali-kali.

Cek Produk Kain Katun Jepang Disini

4. Kain Katun Silk

Kain Katun Silk
Kain Katun Silk

Kain ini mengkombinasikan sejuknya katun dan kelembutan sutra. Sering digunakan untuk bahan pakaian hingga mukena, karena memang katun silk sejuk di kulit.

5. Katun Paris

Katun Paris
Katun Paris

Katun paris memiliki tampilan yang mirip dengan katun Jepang. Terasa sejuk di kulit dan juga mudah menyerap keringat, namun sedikit lebih tipis daripada Katun Jepang.

6. Kain Katun Rayon

Kain Katun Rayon
Kain Katun Rayon

Kain katun rayon sedikit mirip dengan kain kaos, namun lebih jatuh dan juga sejuk. Tidak seperti kain rayon lainnya yang panas, katun rayon ini dipintal dari bahan semisintetis yang dikombinasikan dengan kapas sehingga menimbulkan efek dingin.

Cek Produk Kain Katun Rayon Disini

7. Kain Sutera

Kain sutera adalah salah satu jenis kain premium berkualitas tinggi yang sudah terjamin kelembutan dan kesejukannya pada saat dikenakan. Namun harganya memang lebih mahal dibandingkan jenis kain lainnya.

Tidak hanya lembut saja, kain sutera pun lebih aman dikenakan oleh penderita eczema dan juga asma. Hal ini dikarenakan bahan sutra tidak disukai jamur, baik untuk menghindari reaksi alergi, dan bisa membantu memperbaiki kualitas tidur juga.

8. Kain Chambray

Apabila kamu tidak bisa meninggalkan jeans bahkan ketika cuaca sedang panas, maka setidaknya cobalah untuk beralih ke bahan chambray. Chambray adalah jenis kain yang biasa juga disebut sebagai soft jeans. Kain ini termasuk ke dalam jenis denim, namun lebih tipis dan juga ringan.

9. Kain Jersey

Kain jersey juga merupakan kain yang cocok untuk bahan pakaian saat suaca panas. Bahan kain ini memiliki tekstur licin, mengkilap, dan juga jatuh di badan pada saat dikenakan. Bahan kain jersey cenderung tipis dan cukup transparan. Selain itu kain ini juga mudah kusur. Namun kain ini sendiri sangat terasa dingin di kulit dan juga mudah menyerap keringat.

Cek Produk Kain Jersey Disini

10. Viscose

Walau pun tidak semahal sutera yang teksturnya mirip, kain viscose juga memiliki kualitas yang tinggi. Kain ini memiliki karakteristik di mana kainnya terasa sejuk, mudah menyerap keringan, dan terlihat mewah. Viscose diproduksi dari serat semisintetis karena bahan utamanya yang berasal dari sumber alami diproses dengan bahan kimia agar menjadi lembut. Jika kulit kamu memiliki alergi terhadap jenis kain tertentu, maka ada baiknya hindari viscose dan pilih sutera saja.

11. Kain Katun Alami

Kain katun adalah bahan yang terbuat dari serat alami dengan pori-pori yang memudahkan sirkulasi udara, penyerapan keringat, hingga melindungi pemakainya dari paparan sinar matahari langsung serta udara dingin. Bahan kain ini juga hypoallergenic dan tentunya tahan lama.

12. Kain Bamboo

Sesuai dengan namanya, kain ini adalah bahan yang terbuat dari serat bambu. Selain lebih ramah lingkungan, jenis kain bamboo pun memiliki kelembutan yang maksimal, menjadikan kulit mudah untuk bernafas, hypoallergenic, dan bisa mengatur suhu.

Satu lagi kelebihan dari kain bamboo adalah daya serap keringatnya lebih bagus dibandingkan kain katun dan mampu melindungi kulit dari sinar ultraviolet.

13. Kain Wol Merino

Kain wol merino ini terbuat dari rambut domba Merino asli yang memiliki serat paling lembut. Bahan kain ini terasa sangat nyaman di tengah udara panas atau pun dingin. Selain itu, permukaanya pun terasa lembut di kulit, lalu ringan, dan mampu melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet seperti bamboo.

14. Kain Cashmere

Kain cashmere atau kasmir adalah jenis kain yang banyak digunakan oleh desainer brand high-end karena memiliki kesan mewah. Permukaan kain kasmir ini sangat halus seperti sutera dan juga berkualitas tinggi.

15. Kain Hemp

Jenis kain yang adem terakhir ada kain Hemp. Kain hemp ini sudah digunakan manusia selama ribuan tahun. Jenis kain hemp sangat disukai karena memiliki kekuatan yang mumpuni dan jgua tahan lama. Bahannya pun terbuat dari serat alami. Kain hemp ini bersifat breathable dan juga menyerap keringat dengan baik sehingga terasa lembut di kulit.

Supplier Kain Jakarta

Jika kamu adalah seorang pemilik usaha yang bergerak di dunia clothing, maka kebutuhan bahan kain adalah hal utama untuk usaha mu bukan? Pemilihan bahan kain yang berkualitas dan juga murah adalah hal yang penting untuk dilakukan.

Untuk kamu yang saat ini sedang mencari supplier kain termurah, maka MC Texstyle bisa menjadi pilihan terbaikmu. MC Texstyle adalah supplier kain Jakarta yang melayani pembelian grosir kain termurah ke seluruh Indonesia. MC Texstyle sudah bekerja sama dengan beberapa pengusaha clothing besar dalam memasok kebutuhan kain-kain berkualitas dan murah.

Dapatkan HANDBOOK + HANDFEEL GRATIS sebagai informasi kualitas kain yang dijual oleh MC Texstyle. Hubungi kami melalui akun Instagram @mctexstyle atau melalui tombol WhatsApp di bawah ini untuk mendapatkan harga terbaiknya.

Jenis Kain

Aljuni Hirossie Berbagi informasi mengenai tips fashion, tips kain, dan inspirasi outfit untuk tampil elegan nan cantik setiap harinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis
1
Konsultasi Kain Gratis
Customer Service MC Texstyle
Hai Kak,
Ada yang bisa kami bantu terkait Kainnya?