10 Jenis Bahan Crinkle Serta Kelebihan dan Cara Perawatannya

4 min read

Jenis Bahan Crinkle

Jenis Bahan Crinkle – Apakah kamu saat ini sedang membutuhkan rekomendasi bahan kain yang unik dan memiliki tekstur tak biasa untuk membuat produk fashion seperti gamis, blouse, tunik, dan item lainnya? Jika memang begitu, kamu bisa pantengin terus artikel kali ini karena admin mc akan memberikan beberapa bahan pertimbangan terbaik. Bahan crinkle yang memiliki kesan mewah bisa menjadi pilihan yang tepat, dan tekstur ini bisa dijumpai di berbagai jenis kain. Apa saja itu? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Bahan Crinkle?

Bahan crinkle adalah bahan kain yang memiliki tekstur unik yang menyerupai kulit jeruk di keseluruhan permukan kainnya. Walau pun tekstur kain ini tidak rata atau bisa dibilang berkerut, namun pada saat dipegang bahan ini akan tetap sangat lembut. Selain itu bahan ini juga sangat nyaman untuk dikenakan dan memiliki sifat yang adem. Bahan crinkle juga memiliki beberapa kelebihan yang perlu kamu ketahui, diantaranya adalah:

Kelebihan Bahan Crinkle

Kelebihan bahan crinkle yang juga menjadi alasan kenapa kamu harus memakai bahan ini untuk pakaian diantaranya adalah:

  • Bahan crinkle memiliki bobot yang cenderung ringan
  • Kain crinkle memiki sirkulasi yang sangat baik
  • Bahan crinkle sangat nyaman untuk dikenakan meski di cuaca panas sekali pun
  • Kain crinkle memiliki kesan mewah meski harganya cukup terjangkau
  • Bahan crinkle tidak perlu lagi disetrika agar tekstur kusutnya tidak hilang.

Jenis-jenis Bahan Crinkle

Sebagai salah satu jenis bahan kain yang memiliki tampilan cukup unik, bahan crinkle ini ternyata memiliki varian yang banyak juga. Untuk kamu yang ingin membeli kain dengan tekstur crinkle ini, maka simak jenis bahan crinkle berikut agar mengetahui secara lebih lengkap.

1. Bahan Crinkle Crepe

Bahan Crinkle Crepe
Bahan Crinkle Crepe

Jenis bahan crinkle yang pertama ada crinkle crepe yang cenderung memiliki tekstur kasar. Kesan kasar yang ada pada bahan kain ini didapat dari proses tenun yang bervariasi. Bahan crinkle crepe memiliki bentuk serat seperti gelombang dan sifatnya sangat lembut dan juga elastis. Ahan crinkle crepe juga cukup lentur dan permukaannya terlihat kasar atau berkerut. Bahan kain ini juga sangat cocok untuk daerah tropis karena kainnya yang mampu memberi kesan nyaman pada saat dikenakan seharian.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Kain Rose Crepe

2. Bahan Crinkle Shawl

Bahan Crinkle Shawl
Bahan Crinkle Shawl | Foto: Alibaba.com

Kain crinkle shawl adalah salah satu varian dari bahan crinkle yang biasanya digunakan sebagai bahan jilbab pashmina. Bahan kain ini tergolong yang memiliki bobot ringan dan pada umumnya memiliki tekstur yang lebih “tampil” bergelombang.

3. Bahan Crinkle Silk

Bahan Crinkle Adalah Silk
Bahan Crinkle Silk | Foto: Alibaba.com

Jenis bahan crinkle selanjutnya ada dari jenis kain silk yang merupakan bahan crinkle dengan 100% terbuat dari benang sutra (pure silk). Dibandingkan dengan bahan crinkle lainnya, crinkle silk ini cenderung tipis dan juga tembus pandang apabila yang diaplikasikan hanya satu layer saja. Jadi perlu dilapisi furing di dalamnya untuk meminimalisir transparan tersebut.

Baca Juga: Mengenal Kain Satin Silk

Dengan karakteristik bahannya yang cukup mewah ini, bahan crinkle silk sangat cocok untuk digunakan dalam membuat berbagai macam produk fashion seperti maxi dress, blouse wanita, dan beberapa produk fashion wanita lainnya.

4. Bahan Crinkle Cotton

Bahan Crinkle Cotton
Bahan Crinkle Cotton

Bahan crinkle cotton ini sebenarnya memiliki tampilan yang hampir sama seperti bahan crinkle lainnya namun berbeda pada bahan dasarnya saja. Sesuai dengan namanya, kain ini terbuat dari bahan katun yang tentunya memiliki kelebihan dari sisi kenyamanan saat mengenakannya.

5. Bahan Crinkle Miyake

Bahan Crinkle Miyake
Bahan Crinkle Miyake

Crinkle yang satu ini sangat populer sekali di Jepang. Biasanya kain ini dijadikan sebagai bahan utama pembuatan kebutuhan sandang karena tingkat kenyamanannya sudah pasti maksimal untuk menemani kegiatan sehari-hari.

6. Bahan Crinkle Uragiri / Dottie

Bahan Airflow Uragiri Dot
Bahan Airflow Uragiri Dot

Bahan crinkle dottie adalah varian dari bahan crinkle yang memiliki karakteristik sama dengan bahan crinkle pada umumnya. Hal yang paling menonjol dan menjadi pembeda adalah adanya tonjoloan tonjolan kecil pada crinkle dottie dalam jumlah banyak sehingga membentuk sebuah titik pada bahan. Selain disebut bahan crinkle dottie atau dot, kain ini juga biasanya dikenal dengan sebutan Kain Airflow Uragiri.

7. Bahan Airflow Crinkle

Bahan Airflow Crinkle
Bahan Airflow Crinkle

Jenis bahan crinkle yang terakhir ada Airflow Crinkle yang memiliki kesan jatuh pada saat dikenakan dan tentunya adem saat menyentuh kulit.

  • Bahan airflow crinkle merupakan termasuk ke dalam jenis bahan kain halus dan lembut
  • Kain airflow crinkle sangat ringan namun tidak menerawang, jadi sangat nyaman untuk dikenakan
  • Bahan airflow crinkle sangat mudah menyerap keringat
  • Kain airflow crinkle juga tidak mudah membuat kulit gatal dan bisa stretch

Untuk pemanfaatannya dalam produk fashion sendiri, bahan airflow crinkle ini sangat cocok untuk digunakan membuat baju blouse wanita, rok wanita, tunik, jilbab, gamis, dan baju casual lainnya.

Harga Bahan Crinkle Airflow

 

View this post on Instagram

 

A post shared by MC Texstyle (@mctexstyle)

8. Bahan Crinkle Rayon

Bahan Crinkle Rayon
Bahan Crinkle Rayon

Sesuai seperti Namanya, bahan crinkle rayon atau bisa disebut dengan rayon crinkle merupakan jenis bahan crinkle yang terbuat dari 100% bahan rayon. Karakteristik dari kain rayon crinkle ini mirip seperti bahan crinkle lainnya yang memiliki tekstur berkerut namun saat disentuh tetap ringan, jatuh, dan juga lembut.

Bahan crinkle rayon atau rayon crinkle sangat cocok untuk dijadikan bahan utama pembuatan produk fashion seperti daster (homedress), mukena, syal, hingga sarung bantal.

9. Bahan Crinkle Parasut (Parasut Kusut)

Bahan Crinkle Parasut
Bahan Crinkle Parasut

Bahan crinkle parasut adala jenis kain parasut yang memiliki karakteristik dari segi tekstur yang kusut namun saat disentuh terasa sangat lembut, dingin, dan juga licin. Bahan crinkle parasut kusut ini bisa kamu temui pada produk fashion seperti mukena khusus traveling dan hammock karena sifat bahan crinkle ini yang anti air.

10. Bahan Taslan Kusut

Bahan Taslan Kusut
Bahan Taslan Kusut

Bahan taslan kusut adalah salah satu bahan crinkle yang memiliki tampilan kusut sangat khas dan dilengkapi dengan lapisan anti air berwarna transparan alias bening pada bagian luar atau dalam. Dengan ciri khas tersebut membuat kedua warna permukaan kainnya memiliki kesamaan. Kain taslan kusut ini biasanya digunakan untuk bahan tas serut dan juga jaket pria atau wanita.

Cara Merawat Jenis Bahan Crinkle

Untuk kamu yang memang kebetulan memiliki beberapa pakaian yang terbuat dari bahan crinkle, maka kamu perlu mengetahui bagaimana cara merawat pakaian yang terbuat dari bahan crinkle. Untuk mengetahui lebih lengkapnya, silakan simak di bawah ini.

  • Cara merawat pertama yang perlu kamu tahu ialah dari cara mencucinya. Baju dengan bahan crinkle ada baiknya dicuci secara manual menggunakan tangan.
  • Hindari juga penggunaan sikat saat mencuci agar serat kain tidak menjadi rusak.
  • Hindari juga pemakaian produk pemutih untuk menjaga warna alami kain dengan baik.
  • Untuk mengeringkan baju berbahan crinkle, jemur lah baju di bawah panas matahari, jangan menggunakan pengering mesin cuci.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai jenis bahan crinkle beserta kelebihan dan juga cara perawatannya. Semoga dengan penjelasan ini, kamu bisa memahami jenis bahan crinkle, kelebihan bahan crinkle, dan juga cara perawatan dari masing-masing bahan crinkle.

Supplier Kain Jakarta

Toko Kain MC Texstyle
Toko Kain MC Texstyle

Jika kamu adalah seorang pemilik usaha yang bergerak di dunia clothing, maka kebutuhan bahan kain adalah hal utama untuk usaha mu bukan? Pemilihan bahan kain yang berkualitas dan juga murah adalah hal yang penting untuk dilakukan.

Untuk kamu yang saat ini sedang mencari supplier kain termurah, maka MC Texstyle bisa menjadi pilihan terbaikmu. MC Texstyle adalah supplier kain Jakarta yang melayani pembelian grosir kain termurah ke seluruh Indonesia. MC Texstyle sudah bekerja sama dengan beberapa pengusaha clothing besar dalam memasok kebutuhan kain-kain berkualitas dan murah.

Dapatkan HANDBOOK + HANDFEEL GRATIS sebagai informasi kualitas kain yang dijual oleh MC Texstyle. Hubungi kami melalui akun Instagram @mctexstyle atau melalui tombol WhatsApp di bawah ini untuk mendapatkan harga terbaiknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis
1
Konsultasi Kain Gratis
Customer Service MC Texstyle
Hai Kak,
Ada yang bisa kami bantu terkait Kainnya?
AIRFLOW Crinkle Warna Cetar