Berbusana dengan tampilan keren dan juga nyaman adalah dambaan setiap orang terutama yang senang dengan fashion. Seperti yang diketahui, pada masa pandemi seperti ini tend fashion sangatlah berubah.

Tidak sedikit orang yang menghabiskan waktunya hanya di rumah saja sehingga kesan homey ikut melekat dalam trend fashion. Konsep ini sedang diminati oleh banyak orang karena mengutamakan kenyamanan dan juga kesimpelan saat berbusana.

Bahan Rose Crepe Seperti Apa?

Ketika ditanya bahan Rose Crepe seperti apa, maka hanya satu kata yang pantas menggambarkannya, yaitu PREMIUM. Salah satu hal utama yang menjadi penunjang kenyamanan dalam dunia fashion adalah bahan kain yang digunakan. Pemilihan kain yang tepat tentu saja menjadi hal yang wajib dipertimbangkan agar produk baju yang dihasilkan tampil dengan maksimal. Perlu diketahui, setiap jenis kain memiliki karakteristiknya masing-masing. Dan dari banyaknya jenis kain, bahan Rose Crepe adalah kain dengan kualitas premium yang bisa menjadi pilihan para pelaku di dunia fashion.

Bahan rose crepe sendiri memiliki banyak kelebihan yang tentunya perlu diketahui. Apa saja itu? Yuk simak informasi yang sudah mintex rangkum di bawah ini.

Cek Produk Kain Rose Crepe Disini

Kelebihan Kain Rose Crepe

Kain Rose Crepe
Kain Rose Crepe

Alasan dari banyaknya pegiat fashion yang menyukai kain rose crepe adalah salah satunya karena nyaman untuk digunakan pada saat menyentuh kulit. Selain itu, ada beberapa kelebihan kain rose crepe lainnya yang perlu kamu tahu. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

1. Nyaman Digunakan

Bahan kain Rose Crepe adalah bahan yang memiliki berat sangat ringan karena tidak terlalu tebal sehingga ketika digunakan sangat nyaman dan juga adem. Terlebih bahannya yang jatuh dan juga tidak kaku membuatnya sangat cocok untuk digunakan pada negara tropis seperti Indonesia.

2. Tekstur Halus

Kelebihan kain rose crepe selanjutnya ada pada teksturnya yang sangat halus. Walaupun semua jenis kain crepe memiliki tekstur yang hampir sama, namun jenis rose crepe adalah jenis kain yang paling halus dibandingkan lainnya.

3. Kainnya Elastis

Kain ini bisa dibilang cukup elastis dan bisa melar ke satu arah, dengan keelastisannya, kain rose crepe ini tidak mudah kusut sehingga menambah kenyamanan saat digunakan.

Jenis Pakaian yang Cocok Menggunakan Kais Rose Crepe

Ada banyak jenis pakaian yang bisa kamu buat dengan mengaplikasikan rose crepe ini sebagai bahan utamanya. Salah satunya adalah kemeja yang merupakan busana paling dicari untuk saat ini. Selain kemeja, ada beberapa jenis pakaian lain yang bisa kamu buat dengan kain rose crepe, diantaranya adalah:

  1. Blouse
  2. Tunik
  3. Dress
  4. Kemeja
  5. Kerudung
  6. Gamis
  7. Abaya

Cek Produk Kain Rose Crepe Disini

Harga Kain Rose Crepe

Kain Rose Crepe
Kain Rose Crepe

Apabila kamu adalah seorang produsen pakaian, clothing brand, atau pelaku dunia tekstil dan ingin membeli kain rose crepe dengan harga grosir termurah, maka MC Texstyle bisa menjadi pilihan yang tepat.

MC Texstyle adalah supplier kain Jakarta termurah yang menjual puluhan jenis kain grosir untuk kebutuhan pegiat fashion di Indonesia. MC Texstyle menawarkan berbagai macam bahan kain dengan kualitas terbaik dan harga termurah, termasuk salah satunya adalah kain rose crepe. Di MC Texstyle, kamu bisa mendapatkan kain rose crepe dengan harga grosir yaitu Rp23.000/y.

Cek Produk Kain Rose Crepe Disini

Dapatkan HANDOOK + HANDFEEL Gratis dengan menghubungi MC Texstyle melalui tombol WhatsApp di bawah ini.

Apa Itu Kain Crepe?

Setelah membahas jenis kain rose crepe,  saatnya kita membahas lebih lengkap mengenai kain crepe. Kain crepe adalah kain yang unik dan juga banyak diminati terutama oleh kaum hawa. Kain crepe ini merupakan jenis kain yang sifatnya lentur, fleksibel, tidak kaku, namun memiliki permukaan bertekstur seperti butiran kerikil.

Bahan kain crepe juga bisa dibilang cukup tebal sehingga saat digunakan tidak menerawang dan cocok untuk kamu yang menyukai fashion dengan bahan tebal terutama bagi hijabers yang tidak boleh menggunakan pakaian dengan bahan tipis.

Walaupun tidak memiliki tekstus yang halus, namun hal inilah yang menjadi daya tarik dari kain crepe karena selama ini masih sangat sedikit jenis kain yang memiliki tekstur seperti crepe. Tekstur kain crepe ini juga yang membuat nilai kain ini cukup tinggi di pasaran. Dan tidak jarang juga beberapa pakaian yang terbuat dari bahan kain crepe memiliki harga yang cukup mahal.

Asal-Usul Bahan Kain Crepe

Sebelum lebih lanjut mengetahui tentang berbagai macam jenis kain crepe, mari kita bahas terlebih dahulu mengenai asal-usul crepe. Kain crepe sendiri pertama kali muncul pada tahun 1911 silam, namun saat itu masih sedikit sekali yang melakukan proses prodeksi. Hal ini dikarenakan proses pembuatan kain crepe memang cukup sulit dan beberapa produsen pada saat itu sangat menjaga ketat tentang bagaimana pembuatan kain crepe tersebut.

Selain itu tenunan kain crepe harus membentuk pola yang tidak beraturan pada saat proses penenunan berlangsung. Bahkan kain crepe dengan hiasan seperti emboss juga membuatuhkan alat khusus.

Jenis-Jenis Kain Crepe

Kain Rose Crepe
Kain Rose Crepe

Pada dasarnya, bahan yang digunakan untuk membuat crepe adalah sutra, wol, polyster, dan juga katun. Berdasarkan jenis bahan pembuatannya, kain crepe ini dibagi menjadi beberapa jenis seperti di bawah ini.

1. Wool Crepe

Jenis kain crepe yang pertama ada wool, permbuatan kain ini tidak terlalu kompleks dan dibuat dengan teknik tenun polos dari serat wool yang berasal dari bulu hewan tertentu. Sebut saja seperti kambing casmier, angora, hingga kelinci angora. Kain ini sangat cocok untuk negara dengan kondisi cuaca yang dingin karena bahannya sangat baik untuk suhu dengan udara yang dingin.

Jenis kain satu ini juga bisa disebut sangat tahan air sehingga tidak mudah basah apabila terkena air hujan.

2. Crepe de Chine

Crepe de Chine adalah jenis kain crepe yang memiliki bahan dasar dari sutra dan warna yang dihasilkan tidak berkilauan. Kain crepe de chine ini sangat cocok untuk kamu yang ingin membuat dress mewah dan juga elegan. Harga kain crepe de chine dibandrol cukup mahal sehingga biasanya kain ini hanya digunakan oleh kalangan atas saja.

Untuk penggunaan di alam terbuka, kain ini tidaklah cocok karena akan cepat rusak apabila terus terkena sinar matahari secara langsung. Ketika hal itu terjadi, maka warna kain akan cepat memudah.

Tekstur dari kain crepe de chine ini sangat ringan namun tetap berpasir. Finishing warna yang tidak berkilau sehingga sering dijadikan sebagai baju ataupun dress di berbagai acara pesta. Kekurangan kain crepe de chine adalah tidak bisa dijemur di bawah terik matahari langsung karena akan menyebabkan kain berubah warna kehitaman. Apabila ingin menjemur baju dengan bahan kain ini, maka ada baiknya di angina-anginkan saja.

3. Crepe Georgette

Bahan crepe georgette adalah jenis kain yang cukup tipis dan juga transparan. Warna kain ini tidak berkilauan, sangat lentur dan juga dingin. Creppe Georgette ini banyak digunakan pada dalaman atau fashion atasan saja. Jenis kain crepe yang satu ini lebih terlihat seperti kain sifon karena transparan.

Untuk serat dari kain ini terbuat dari bahan sutera asli atau sutera buatan yang tidak berkilau dan juga memiliki kelenturan yang sangat baik sehingga elastis. Nama georgette sendiri diambil dari sebuah dressmaker berasal dari Prancis bernama Georgette de la Plat di awal abad 20-an.

4. Crepe Marocain

Jenis bahan crepe marocain adaah kain yang memiliki tekstur berat, bahan asli dari jenis adalah sutera dan terkadang dicampur dengan rayon atau wol. Kain crepe marocain ini menghasilkan karakter bergelombang dengan tekstur garis-garis. Biasanya digunakan sebagai setelan jas untuk pria, dan dress mewah untuk wanita.

Yang unik dari jenis kain ini ialah pada era Victorian, crepe Marocain digunakan sebagai pakaian janda yang sedang berkabung dan juga sebagai kerudung untuk para biarawati.

5. Bubble Crepe

Kain Bubble crepe menjadi salah satu jenis kain yang banyak peminatnya. Bahan Bubble crepe juga bisa disebut sebagai light weight fabric atau kain berjenis ringan. Selain ringan, bubble crepe juga sangat lembut, kainnya tidak transparan dan juga tidak terkena cahaya. Namun memang kain ini akan sedikit transparan dan menerawang apabila diberi cahaya yang intense.

Salah satu kelebihan bubble crepe adalah bahannya yang tidak mudah kusut sehingga menyetrikanya juga sangat gampang. Untuk bubble crepe sendiri biasanya terbuat dari serat polyster namun ada juga yang mencampurkannya dengan serat spandex untuk mendapat tekstur sedikit lentur dan juga stretch.

Hampir sama dengan bahan crepe lainnya yang memiliki bentuk kulit jeruk, gelembung-gelembung kecil di seluruh permukaan kain. Karena karakteristiknya seperti itu membuat kain ini disebut sebagai bubble crepe atau kain crepe yang bergelembung.

Kelebihan Kain Crepe

Kain crepe memiliki banyak kelebihan yang perlu diketahui, diantaranya adalah lembut sehingga sangat enak untuk digunakan. Kainnya pun bagus dan untuk kualitas tentu saja tidak perlu diragukan. Kain ini apabila disenruh cukup dingin dan bisa menahan panas terutama jenis kain crepe dengan bahan dasar wool.

Kelebihan kain crepe lainnya dari kain crepe ini ada pada kenyamanannya saat digunakan, kain ini elastis sehingga penggunanya akan lebih leluasa saat digunakan dalam bekerja maupun beraktivitas sehari-hari. Kain ini juga cukup tebal dan tidak menerawang sehingga sangat cocok untuk digunakan di busana pesta.

Bisa dikatakan bahwa kain ini adalah kain yang fleksibel alias bisa digunakan di berbagai acara formal atau pun non formal. Cocok untuk membuat beberapa pakaian seperti blouse, tunik, celana, jas, dan lain sebagainya.

Kekurangan Kain Crepe

Walaupun memiliki banyak kelebihan, bahan kain crepe juga ternyata memiliki kekurangan tertentu. Sebut saja diantaranya serat kain yang mudah rusak apabila terkena sinar matahari langsung terlalu lama. Selain itu untuk kain wool crepe memiliki kain yang berat sehingga saat dicuci pengeringannya membutuhkan waktu yang cukup lama.

Tips Memilih Kain Crepe

Untuk kamu khususnya para wanita yang ingin membeli serta mengunakan kain crepe sebagai bahan utama pakaian, maka sangat penting sekali untuk mengetahui bagaimana cara memilih kain crepe. Ketika salah dalam memilih kain crepe, maka itu hanya akan membuat kamu menyesal mengingat harga kain crepe ini cukup mahal dibandingkan dengan jenis kain lainnya. Untuk menghindari kesalahan seperti ini, maka silakan simak beberapa tips memilih kain crepe secara benar dan baik di bawah ini.

1. Analisis Kebutuhan

Hal pertama yang bisa kamu lakukan dalam memilih kain crepe ialah menganalisa kebutuhan yang kamu butuhkan terlebih dahulu. Tentu saja setiap individu memiliki kebutuhan yang berbeda-beda sehingga kamu perlu tahu tujuan kamu membeli kain crepe ini untuk membuat apa. Sebagai contoh, kamu sedang ingin membuat jas atau blouse, maka kamu perlu memilih kain yang memiliki tekstur halus.

Selain itu juga kamu perlu memahami tempat dan suasana kamu menggunakan baju tersebut. Jika akan dikenakan di ruangan berpendingin AC, maka kamu perlu menggunakan kain crepe dengan bahan yang cukup tebal. Namun apabila pakaian tersebut digunakan untuk di ruang non AC, maka ada baiknya pilih kain yang sedikit tebal saja.

2. Kain yang Jatuhnya Cakep

Untuk memudahkan kamu dalam mengatur kain, maka pilih kain crepe yang jatuhnya bagus. Apabila jatuh kain tidak bagus maka sangat memungkinkan pada saat digunakan akan kaku dan juga sulit dirapikan dengan setrika. Ketika menggunakan pakaian yang tidak tapi, tentu saja itu akan membuatmu tidak nyaman dan tampilan pun menjadi tidak maksimal.

3. Pilih Kain yang Menyerap Keringat

Tips memilih kain crepe selanjutnya adalah pilihlah jenis kain yang mampu menyerap keringat dengan baik. Ciri kain crepe yang mudah menyerap keringat adalah dingin ketika digunakan. Untuk memilihnya, kamu bisa coba menyentuhnya terlebih dahulu dengan kulit. Apabila kain terasa kasar saat menyentuh kulit dan tidak nyaman digunakan, maka ada baiknya pilih kain crepe lainnya.

4. Hitung Ukuran yang Dibutuhkan

Untuk menghindari kekurangan bahan saat produksi, maka kamu perlu sekali menentukan dahulu berapa ukuran kain yang dibutuhkan. Ukuran kain ini tergantung dengan berat badan, jenis fashion yang akan dibuat, dan lain sebagainya.

Apabila kamu ingin menggunakan kain crepe yang sudah dipilih untuk membuat celana panjang, maka ukuran kain yang dibutuhkan tentu lebih banyak dibandingkan dengan pembuatan rok pendek. Bentuk tubuh pun pelru diperhatikan, terutama tinggi badan yang akan membutuhkan ukuran kain lebih besar dibandingkan dengan badan yang berukuran pendek.

5. Pilih Supplier Kain Terpercaya

Agar tidak menyesal dikemudian hari, maka kamu perlu memilih dan juga membeli kain crepe dari supplier kain terbaik. Kamu bisa memilih supplier kain Jakarta seperti MC Texstyle yang selalu memberikan pelayanan terhadap konsumen dengan sebaik-baiknya.

Walaupun MC Texstyle adalah supplier kain Jakarta, namun untuk pengiriman produk kain bisa diatur hingga ke seluruh Indonesia. Harga kain crepe yang dijual oleh MC Texstyle pun sangat terjangkau, kamu bisa mendapatkan HANDFEEL + HANDBOOK gratis untuk mengetahui tekstur kain hanya dari rumah saja.

Dapatkan harga kain grosir termurah se-Indonesia dengan menghubungi MC Texstyle melalui tombol WhatsApp di bawah ini. Free konsultasi dalam memilih bahan.

Ciri Kain Crepe Berkualitas

Ada beberapa ciri bahan kain crepe yang berkualitas yang tentunya sangat penting kamu ketahui. Seperti yang diketahui bersama, baju berkualitas adalah baju yang terbuat dari bahan berkualitas juga. Maka dari itu kamu perlu mengetahui ciri bahan kain yang berkualitas, termasuk kain crepe.

Ciri kain crepe berkualitas ditandai dengan serat yang rapi, kokoh, dan juga kuat. Ketika kain ditarik, maka serat kain tidak mudah trlepas atau menjadi berkerut. Kain crepe yang berkualitas juga tidak akan mudah pudar pada saat dicuci menggunakan cara manual atau mesin cuci. Kain crepe berkualitas tidak akan terkena noda dari pemrosesan pembuatan kain tersebut sehingga warna akhir sangat mulus tanpa satu titik noda sekalipun.

Apabila saat ini kamu ingin membuat baju ataupun seragam kerja, maka kain crepe ini sangat direkomendasikan dan menjasi salah satu bahan yang bisa dipertimbangkan karena tampilannya yang elegan dan juga berkelas. Yang perlu kamu ingat ketika ingin membeli bahan kain ini adalah pilih kain crepe dari supplier kain terbaik dan terpecaya agar kamu tidak menyesal ke depannya, terutama apabila pembelian dilakukan dalam partai besar.

Supplier Kain Jakarta Terbaik

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, dalam memilih bahan kain, maka kamu perlu mencari supplier kain terbaik. MC Texstyle adalah supplier kain terbaik dengan menawarkan harga kain grosir termurah se-Indonesia.

Sudah banyak brand clothing yang memasok bahan kainnya melalui MC Texstyle. Selain harga kain yang murah, pelayanan yang diberikan pun sangat professional karena ditangani langsung oleh SDM berpengalaman di bidang tekstil.

Cek Produk Kain Rose Crepe Disini

Hubungi MC Texstyle sekarang juga untuk konsultasi secara gratis dan dapatkan harga terbaiknya. Dapatkan juga HANDBOOK + HANDFEEL GRATIS yang dikirim ke alamat rumah mu untuk mengetahui tekstur-tekstur kain yang ingin dibeli.

Airflow Crinkle Warna Cetar