4 Jenis Kain untuk Mukena Paling Populer

2 min read

Jenis Kain untuk Mukena

Melansir laman Wikipedia Indonesia, Mukena adalah perlengkapan untuk melaksanakan shalat bagi para wanita muslim di Indonesia. Kewajiban shalat 5 waktu bagi seluruh umat muslim di dunia khususnya Indonesia membuat pemilihan jenis kain untuk mukena sangat diperlukan. Walaupun hal ini tampak sepele, namun kenyataannya ini dapat memengaruhi konsentrasi sekaligus kekhusyukan saat beribadah.

Baca Juga: Jenis Kain untuk Kemeja Paling Populer di 2022

Bisa kamu bayangkan, apabila kamu sedang melakukan ibadah shalat di tengah hawa malam yang panas atau udara dinihari yang dingin. Tentu saja rasanya menjadi tidak nyaman bukan? Nah, inilah mengapa kamu perlu mengetahui beberapa jenis kain untuk mukena agar tidak salah pilih saat membelinya.

Jenis Kain untuk Mukena Paling Populer

Di artikel kali ini, Mintex akan memberikan beberapa rekomendasi jenis kain untuk mukena yang paling populer dan paling nyaman saat digunakan beribadah. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

1. Katun Jepang

Mukena Katun Jepang
Mukena Katun Jepang

Katun jepang adalah salah satu jenis kain yang banyak diburu sebagai bahan utama pembuatan mukena, hijab, hingga busana muslim seperti gamis. Jenis kain untuk mukena yang satu ini tidak terlepas dari karakteristiknya yang sangat halus, ringan, dan juga mampu menyerap keringat dengan sangat baik. Sifat dan karakteristik inilah yang membuat katun Jepang sangat difavoritkan. Selain itu, katun jepang juga terbuat dari bahan baku 100% organik.

Baca Juga: Jenis Kain untuk Rok Paling Rekomendasi

Dari nama kainnya sendiri kamu pasti sudah tahu jenis kain ini berasal dari mana kan? Yaps betul, dari negara Jepang. Kain katun jepang merupakan jenis kain yang berasal dari Jepang dan dibuat oleh perusahaan resmi pemegang hak patennya. Untuk katun jepang sendiri memiliki beberapa motif yang cukup beragam, mulai dari polos, hingga print.

2. Katun Rayon

Mukena Katun Rayon
Mukena Katun Rayon

Jenis kain untuk mukena selanjutnya ada katun rayon yang memiliki karakteristik mampu menyerap keringat dengan baik, adem, hingga jatuh saat dikenakan. Sesuai dengan nama kainnya, katun rayon terbuat dari bahan kombinasi katun dan rayon dengan perbandingan tertentu. Kombinasi antara bahan katun dan rayon ini sendiri membuat katun rayon menjadi salah satu jenis kain untuk mukena paling populer dan banyak dicari.

3. Bahan Kain Sutra

Bahan Kain Sutra
Mukena Kain Sutra

Jenis kain untuk mukena yang ketiga ada bahan sutra yang kualitasnya tidak perlu diragukan. Kain sutra memiliki sifat adem dan kenyamanannya pun maksimal pada saat dikenakan. Selain itu, bahan sutra merupakan golongan kain premium yang mewah dan berkualitas tinggi. Untuk mukena yang terbuat dari kain sutra asli memiliki kemampuan menyerap kelembaban hingga sepertiga beratnya tanpa meninggalkan efek basah. Kain yang diperoleh dari kepompong ulat sutra ini memiliki kilau yang sangat alami dan teksturnya pun sangat halus.

Baca Juga: Jenis Kain untuk Blazer Terbaik

Namun, dengan beberapa sifat tersebut membuat mukena sutra sangat rentan sekali untuk rusak apabila tidak dirawat dengan baik. Selain itu, harga kain sutra juga cukup mahal di pasaran yang membuat mukena dengan bahan sutra juga ikut mahal.

4. Bahan Jersey Premium atau Spandek

Bahan Jersey Premium
Mukena Bahan Jersey

Apabila kamu sedang mencari bahan kain untuk mukena yang memiliki tekstur tebal dan tidak menerawang, maka jersey premium bisa kamu jadikan pilihan. Walaupun jersey premium memiliki daya serap yang tidak sebagus kain katun atau sutra, tapi bahan jersey premium ini tetap memiliki kelebihan berupa lembut, adem, dan nyaman saat digunakan. Mukena yang terbuat dari bahan jersey memiliki ketebalan yang cukup, namun beratnya terasa ringan dan tentunya terkesan jatuh. Bahan jersey juga memiliki banyak variasi warna dan proses perawatannya sendiri pun sangat mudah.

Baca Juga: Jenis Kain untuk Baju Tidur yang Paling Nyaman

Kesimpulan

Dan itu dia penjelasan singkat mengenai jenis kain untuk mukena paling populer yang perlu kamu ketahui. Jadi, untuk kamu yang ingin membeli mukena, jangan tergiur harga mukena yang terjangkau saja yah. Kamu juga perlu melihat dari bahan yang digunakan pada mukena tersebut, apakah memiliki bahan yang berkualitas atau hanya “murah” saja.

Jika kamu mencari jenis kain untuk mukena berkualitas, maka MC Texstyle siap menyediakannya untukmu. MC Texstyle adalah supplier kain Jakarta yang sudah dipercaya oleh ratusan brand clothing line seluruh Indonesia.

Selain jenis kain untuk mukena, MC Texstyle juga menyediakan berbagai macam jenis kain berkualitas namun dengan harga yang sangat bersaing. Untuk kamu yang ingin melakukan konsultasi secara gratis, kamu bisa menghubungi kami melalui tombol WhatsApp di bawah ini. Mintex tunggu yah, dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis
1
Konsultasi Kain Gratis
Customer Service MC Texstyle
Hai Kak,
Ada yang bisa kami bantu terkait Kainnya?
AIRFLOW Crinkle Warna Cetar