Kain katun jepang adalah salah satu jenis kain katun yang saat ini menjadi primadona banyak produsen dunia clothing karena kelebihannya yang cukup banyak dibandingkan dengan jenis katun lainnya. Walau pun memang harga kain katun jepang ini sedikit lebih mahal, namun kain ini memiliki kelebihan di sektor kenyamanan yang membuat pengguna menyukainya.

Nah, untuk kamu yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai kain katun jepang, maka terus baca artikel ini sampai ke bawah. Karena di artikel ini kita akan mengupas secara detal tentang apa itu kain katun jepang. Di artikel ini juga kita akan membahas tentang ciri-ciri, karakteristik, kelebihan, dan kekurangannya sehingga pada saat ingin membeli kain ini tidak akan tertipu. Dengan membaca artikel ini juga kamu akan mengetahui busana apa saja yang cocok menggunakan bahan utama kain katun jepang.

Sebelum lanjut membahas lebih jauh tentang kain katun jepang ini, ada baiknya kita membahas terlebih dahulu arti harfiah kain katun secara umum. Kain katun adalah bahan yang berasal dari cotton (dalam Bahasa inggris) yang memiliki arti kapas. Dengan melihat pengertian tersebut, maka bisa diketahui bahwa bahan dasar kain ini adalah serat kapas. Dan kenyataannya memang benar, kain katun terbuat dari bahan serat kapas yang kemudian dipintal menjadi sebuah benang.

Kemudian pintalan benang tersebut dirajut sehingga dapat menghasilkan kain yang dinamakan dengan kain katun. Dan jika melihat perkembangan zaman yang semakin maju, terutama dibidang teknologi garment, hasil pembuatan kain katun pun terlihat semkain rapid an juga halus serta warna dan corak yang diberikan pun semakin apik dan menarik.

Kembali ke pembahasan awal mengenai bahan kain katun jepang, simak ulasan lengkap di bawah ini untuk mengetahui lebih lengkap informasi mengenai kain katun jepang

Apa Itu Kain Katun Jepang?

Kain katun jepang adalah salah satu jenis kain katun yang menjadi favorit untuk saat ini. Terutama untuk para muslimah yang biasa menggunakan busana gamis, pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan bahan kain katun jepang ini. Kain ini memiliki ciri dan kelebihan yang sudah sangat diketahui oleh para muslimah pengguna busana gamis.

Katun jepang adalah termasuk bahan kain premium yang harganya masih bisa dijangkau dibandingkan dengan bahan kelas premium lainnya. Namun katun jepang ini sendiri tidak diproduksi langsung di Indonesia, melainkan langsung diproduksi dari jepang dan untuk memenuhi kebutuhan di Indonesia tentu saja perlu import langsung dari negeri sakura tersebut.

Bahan katun sendiri sebenarnya terdapat banyak macamnya yang biasa digunakan untuk membuat sebuah busana muslim. Sebut saja saja seperti katun rayon, katun jepang, katun Bangkok, dan jenis katun lainnya. Namun karena katun jepang adalah kain yang terkenal dengan kehalusan dan kenyamanannya, maka hal tersebut menjadikan kain ini lebih dikenal dibandingkan jenis katun lainnya.

Ciri-ciri Kain Katun Jepang

Sebagai pecinta bahan kain premium seperti katun jepang ini, maka kamu juga sangat perlu mengetahui ciri dan karakteristik kain katun jepang ini. Simak informasi lengkapnya sebagai berikut.

  • Bahan kain katun jepang memiliki serat kain lembut
  • Kain katun jepang terbuat dari 90%-100% katun kualitas premium
  • Warna kain mengkilap atau glossy, warnanya tidak luntur dan juga tidak mudah pudar
  • Di bagian sisi ujung bahan ada tulisan “Japan Design”, apabila tidak ada, maka biasanya ada kode warna pada kain tersebut
  • Daya serap kain terhadap keringat lebih bagus dibandingkan dengan katun biasa
  • Harga kain katun jepang lebih mahal dibandingkan dengan katun biasa
  • Permukaan kain katun jepang lebih halus.

Kelebihan Kain Katun Jepang

Kelebihan yang bisa kamu dapatkan ketika menggunakan bahan katun jepang sebagai bahan utama pembuatan busana muslimah sendiri cukup banyak. Diantaranya adalah:

  • Bahan katun jepang memiliki serat kain yang lembut dibandingkan dengan jenis katun lainnya
  • Warna kain ini lebih mengkilap dan glossy, serta tampilannya lebih cerah dibandingkan dengan katun lainnya.
  • Untuk perawatan busana yang terbuat dari kain katun jepang sendiri cukup mudah dibandingkan dengan jenis kain lain.
  • Warna kain katun jepang tidak mudah luntur atau pun pudar walau pun sudah berkali-kali dicuci.
  • Memiliki daya serap keringat yang tinggi dibandingkan dengan jenis katun lainnya sehingga ketika digunakan menemani aktivitas outdoor akan terasa nyaman dan dingin. Hal ini bisa terjadi karena katun jepang terbuat dari 100% bahan katun dengan kualitas premium.
  • Bahan kain katun jepang tidak berbulu walau pun disikat saat membersihkannya sehingga tampil bagus dan berkelas.
  • Permukaan dari bahan katun jepang sendiri terasa lebih halus dan juga lembut dibandingka denggan jenis katun lainnya. Maka dari itu tak heran apabila kain jenis katun jepang ini banyak disukai sebagai bahan utama pembuatan pakaian.
  • Ada banyak motif dan juga warna dari katun ini sehingga ada banyak sekali pilihan bagi penggunanya.

Kekurangan Kain Katun Jepang

Selain memiliki kelebihan, kain katun jepang juga memiliki kekurangan yang perlu kamu ketahui secara lengkap. Simak informasinya di bawah ini.

  • Bahan katun jepang sangat rentan terhadap asam mineral atau pun asam organik yang biasa digunakan untuk memperindah tenunan. Sehingga penggunaan asam ini sangat perlu dihindari.
  • Kain ini kurang kenyal sehingga mudah sekali kusut dan perlu perawatan yang lebih intensif.
  • Ukuran bahan ini cukup mudah menyusut pada saat dicuci sehingga untuk wanita muslimah apabila ingin membeli busana muslim yang terbuat dari kain katun jepang ini ada baiknya beli dengan ukuran yang lebih besar. Ini dilakukan untuk menghindari penyusutan ketika sering dicuci.
  • Kain ini tidak bisa terlalu tahan dengan kondisi lingkungan yang lembat karena akan rusak, oleh karena itu simpanlah dalam kondisi yang kering dan juga ditempat yang tidak lembab.

Penggunaan Kain Katun Jepang

Bahan katun jepang sangat banyak dicari karena kelembutan dan juga kualitasnya yang bagus. Warna yang dihasilkan oleh kain ini pun sangat cerah dan memiliki banyak pilihan. Maka dari itu, sebagian besar penggunaan dari bahan ini ialah untuk busana wanita yang memang lebih menyukai kenyamana dan juga keindahan. Biasanya, bahan ini digunakan untuk busana muslimah seperti baju gamis, baju kerja, rok, mukena, dan masih banyak lainnya.

Harga Kain Katun Jepang

Untuk harga kain dari bahan katun jepang sendiri memang terbilang lebih mahal dibandingkan dengan harga kain katun jenis lainnya. Namun dengan harga tersebut, kamu tidak akan kecewa karena kualitas yang didapat pun sebanding dengan harga tersebut. Apabila kamu ingin membeli kain jenis ini dengan harga grosir termurah, maka kamu bisa langsung hubungi MC Texstyle.

MC Texstyle adalah supplier kain Jakarta yang menawarkan berbagai macam jenis kain dengan harga termurah dan juga berkualitas. Dapatkan kain katun jepang print di MC Texstyle dengan harga Rp33.000/yard.

Untuk mengetahui tekstur dan karakteristiknya secara langsung, kamu bisa request HANDBOOK + HANDFEEL GRATIS dengan menghubungi langsung melalui akun Instagram @mctexstyle atau melalui tombol WhatsApp di bawah ini.

Airflow Crinkle Warna Cetar