Pasti dari sekian banyak produsen yang bergerak di dunia fashion, mulai dari yang awam hingga profesional sudah mengetahui tentang kain sutra asli. Kain dengan tekstur yang sangat lembut dan berkualitas tinggi ini sangat patut diperhitungkan dan menjadi patokan dari bahan kain dengan kualitas tebaik. Kain ini pun sangat cocok sekali untuk dibuatkan berbagai macam busana, dengan berbagai kelebihan ini, maka kamu sebagai pengguna pasti akan merasa kenyamanan yang sangat maksimal.

Apa Itu Kain Sutra?

Kain sutra adalah kain dengan kualitas yang sangat tinggi karena terbuat dari tenunan serat alami kepompong ulat sutra murbei. Kain ini juga tidak mudah basah karena kemampuannya yang bisa menyerap air sepertiga dari berat kain sendiri.

Selain itu, kain sutra juga termasuk ke dalam kategori kain primadona dari berbagai macam jenis kain yang ada dari sisi kelembutan dan juga kemewahannya. Kain sutra juga memiliki kelebihan dari sisi ketahanannya yang mampu awet hingga beberapa tahun. Bahkan di zaman dahulu, keluarga kerajaan selalu menggunakan kain sutra sebagai bahan utama pembuatan pakaiannya.

Hal ini dikarenakan harga kain sutra yang cukup mahal sehingga hanya orang-orang tertentu saja yang mampu membeli dan menggunakan kain ini.

Proses Pembuatan Kain Sutra

Dengan berbagai macam kelebihannya, apakah kamu penasaran bagaimana prosespembuatan dari kain sutra yang sangat mewah ini? Kain sutra sendiri dibuat dengan bahan dasar serat protein alami atau yang biasa kita kenal dengan fibroin. Apa itu fibroin? Fibroin adalah jenis protein yang dikeluarkan oleh larva serangga jenis tertentu untuk membuat sebuah kepompong.

Setidaknya terdapat dua cara untuk membuat kain sutra. Yang pertama adalah dibuat dengan menggunakan alat tenun mesin atau ATM. Proses pembuatan dengan cara ATM ini dapat memperoleh kain yang lebih lembut, halus, dan juga jahitan yang rapat. Coraknya pun lebih banyak yang sama karena proses pembuatannya dilakukan secara masal. Untuk harga kain sutra yang dibuat dengan proses ini pun terbilang cukup murah.

Cara kedua dalah dengan menggunakan alat tenun bukan mesin atau ATBM. Jika dilihat dari namanya, kamu pasti sudah bisa menduga bagaimana prosesnya dilakukan. Cara pembuatan ATBM sendiri dilakukan secara manual juga dengan jumlah yang terbatas sehingga harganya pun di pasaran lebih mahal. Walaupun harganya mahal, namun dengan kualitas dan warna yang dihasilkan sangat nyata, maka untuk harganya pun masih dibilang sangat worth it.

Kelebihan Kain Sutra

Sebagai bahan kain yang memiliki kualitas bahan tinggi dan juga populer, kain sutra sendiri memiliki kelebihan yang tentu akan membuat kamu semakin menginginkannya. Untuk mengatahui kelebihan kain sutra lebih lengkap, silakan simak ulasannya di bawah ini.

  • Kelebihan kain sutra yang pertama adalah tenunan benang sutra asli memiliki kekuatan di atas rata-rata sehingga tidak akan mudah rusak atau pun sobek.
  • Kelebihan yang kedua adalah kain sutra mampu menyerap air atau pun keringat dengan sangat baik tanpa meninggalkan bekas basah pada kainnya.
  • Ketiga adalah bahan kain sutra memiliki kelebihan di teksturnya yang sangat lembut dan halus sehingga sangat cocok apabila digunakan pada semua jenis kulit karena memang tidak mengandung zat kimia sama sekali. Kain ini pun sangat awet dan tahan lama sehingga bisa digunakan hingga bertahun-tahun lamanya.
  • Kelebihan keempat dari kain sutra ini adalah ada efek glossy yang membuat pakaian dengan bahan kain sutra tampil lebih elegan dan juga mewah. Kain ini pun akan terlihat berkulau karena ada efek yang berasal dari fibroin yang terkandung di dalam serat alami sutra alami.

Kekurangan Kain Sutra

Setiap ada kelebihan, tentu saja ada kekurangan disitu. Dan kamu juga perlu mengetaui kekurangan kain sutra yang cantic ini. Kekurangan pertama dari kain sutra adalah dari harga yang cukup tinggi alias mahal. Karena memang proses pembuatannya sangatlah tidak mudah. Kain dengan kualitas tinggi ini adalah jenis sutra asli yang bukan merupakan sutra sintetis, hal inilah yang membuatnya mahal.

Kekurangan kedua ialah pada saat ingin mencuci baju dengan bahan sutra asli, maka kamu perlu melakukannya secara manual agar tidak mengalami kerusakan. Ini perlu dilakukan karena bahannya terbuat dari bahan alami sehingga cara perawatannya pun perlu semaksimal mungkin.

Kekurangan kain sutra yang ketiga adalah kelembutan yang dimiliki kain sutra bisa menarik serangga untuk datang dan bertengger. Dengan kekurangan ini, maka kain bisa saja dirusak oleh serangga tersebut. Maka dari itu penyimpanannya pun perlu diperhatikan sekali.

Ciri-ciri Kain Sutra Asli

Siapa di antara kamu yang tidak menginginkan kain sutra menempel di tubuhmu dan menemani segala aktivitas sehari-hari mu? Tentu saja semua orang pasti menginginkan kain sutra ini. Kain dengan jutaan pesona dan kemewahannya ini membuat beberapa oknum yang tidak bertanggung jawab menciptakan kain sutra palsu untuk menarik pelanggan. Maka dari itu, kamu perlu tahu membedakan mana sutra asli dan juga mana sutra yang palsu.

Bahannya Adem

Salah satu karakteristik yang dimiliki oleh kain sutra ialah bahannya yang lembut dan juga adem, sehingga ketika digunakan untuk menemani kegiatan sehari-hari di bawah terik matahari tidak akan terasa. Bahannya yang ringan juga tidak akan membuat kamu susah untuk bergerak.

Menyerap Air

Kelebihan lain yang dimiliki oleh kain sutra selanjutnya adalah bahannya mampu dan sangat mudah menyerap air secara baik. Kamu bisa mencuci kain ini menggunakan conditioner kain dengan bahan comfort pure, sehingga kain kamu akan tetap terawat dengan baik.

Bahan Kain Kuat

Apabila dilihat dari tekstur kain yang lembut dan halus, kamu mungkin akan berpikir bahwa kain tidak kuat dan juga mudah robek. Tetapi kenyataannya kain sutra adalah salah satu jenis kain paling kuat. Ini dikarenakan panjang serat yang dihasilkan dari kapas dan linen sangat panjang sehingga bahannya memiliki ketahanan yang kuat dan juga tahan lama.

Elastis

Sifat kain sutra selanjutnya adalah elastis atau fleksibel, dengan sifat ini kain akan tetap tertarik ke bentuk awal walaupun terlihat secara sembarangan. Karena kainnya yang elastis ini, baju atau pakaian lainnya yang terbuat daru sutra tidak akan mudah kusut.

Cepat Kering dan Berkilau

Kelembutan dari teksturkain sutra mampu membuat kain ini cepat kering dengan sangat mudah. Walaupun kamu beraktivitas panas-panasan di luar ruangan dan berkeringan, namun pakaian kamu akan cepat keting tanpa meninggalkan bau tidak sedap.

Bahan kain sutra yang lembut juga mampu membuat bahan ini tampil berkilau dan juga bercahaya sehingga ketika dikenakan menghasilkan kesan mewah.

Jenis-Jenis Kain Sutra

Kain sutra sendiri memiliki beberapa jenis yang tentunya perlu kamu ketahui, beberapa jenis kain sutra ini tentu saja sudah cukup terkenal di kalangan masyarakat Indonesia. Untuk mengetahui ulasan lengkapnya, silakan simak di bawah ini.

1. Raw Silk

Jenis kain sutra yang satu ini memiliki permukaan yang terlihat mengkilap namun tekstur kiannya tidak rata dan juga agak kasar. Kain ini terbuat dari serat sutra alami dan juga asli dengan banyak pilihan warna yang bisa memanjakan mata.

2. Dupion Silk

Tampilan jenis kain sutra yang satu ini hampir sama dengan Raw silk, hanya saja Dupion silk lebih tipis dan juga agak kusut. Selain dupion silk, ada juga yang namanya dupioni silk. Yang menjadi pembeda dari keduanya adalah kain dupioni silk lebih tebal dan bercorak seperti gerimis.

3. Sutra Taffeta

Sutra yang satu ini memiliki ciri dengan tampilan yang mengkilap dan menawan. Looks kain ini akan lebih mewah apabila ditambahkan bordiran yang indah. Kamu akan terlihat sangat cantik apabila menggunakan pakaian yang terbuat dari bahan sutra taffeta. Sangat cocok sekali untuk digunakan ke acara pesta.

4. Nep Silk

Nep silk adalah jenis kain sutra yang memiliki tekstur tipis seperti kain sifon dan juga memiliki corak garis-garis besar. Ada baiknya kamu menggunakan kain ini untuk pakaian santai ketika kamu sedang keluar hangout bersama teman-teman. Kainnya sendiri terlihat lebih santai, maka dari itu sangat cocok untuk digunakan para kaum muda.

5. Paper Silk

Paper silk memiliki tekstur kain yang agak kasar seperti secarik kertas. Namun jangan salah sangka, karena kain ini juga memiliki tekstur lembut dan juga halus. Bahkan kain ini memiliki beberapa otif warna pastel yang indah sehingga bisa membuat penampilan kamu terlihat lebih kece.

Supplier Kain Jakarta Terbaik

Apabila kamu membutuhkan jenis kain sutra berkualitas, maka kamu bisa mendapatkannya di MC Texstyle. MC texstyle adalah supplier kain Jakarta yang menghadirkan berbagai macam jenis kain termasuk salah satunya adalah kain sutra.

Dapatkan juga HANDBOOK + HANDFEEL GRATIS dengan menghubungi kami melalui akun Instagram @mctexstyle atau melalui tombol WhatsApp di bawah ini.

Airflow Crinkle Warna Cetar