Kain jersey adalah salah satu bahan kain yang saat ini sedang menjadi primadona bagi para produsen di dunia fashion. Bahkan, kain jersey ini sering disebut sebagai kain yang anyak digunakan untuk produksi fashion busana muslim di tahun 2022  ini.

Kamu bisa melihat hampir di setiap toko busana muslim pasti menjual berbagai busana muslim seperti gamis hingga hijab yang terbuat dari kain jersey. Kain jersey memang memiliki ciri khas berupa bahannya yang dingin dan juga langsung jatuh pada saat digunakan.

Selain itu, kain ini pun memiliki tekstur yang elastis pada saat ditarik dan juga lembut sehinga sangat digemari untuk menjadi bahan utama pembuatan kerudung. Pilihan warna untuk kain jersey endiri cukup beragam dan hal ini lah yang membuat banyak orang menyukai kain jersey.

Mengenal Kain Jersey

Mengenal Kain Jersey
Mengenal Kain Jersey

Kain jersey adalah jenis kain rajut yang terbuat dari kombinasi bahan katun dan juga sintetis. Bahan Kain jersey ini berasal dari sebuah daerah yang bernama Pulau Jersey yang ada di antara negara Prancis dan Inggris.

Jenis kain ini pada awalnya dibuat dari wol dan cukup banyak diminati karena sifatnya yang elastis dan bisa direnggangkan. Tidak hanya bisa direnggangkan, kain ini juga memiliki permukaan yang tidak berbulu, halus, dan lebih tebal dibandingkan dengan jenis spandek lainnya.

Dengan sifat kain yang mampu mengikuti bentuk tubuh pemakainya, maka sangat disarankan para wanita untuk membeli kain jersey ini dengan bahan yang tebal. Hal ini untuk menghindari apabila dibuat menjadi gamis tidak membentuk lekukan tubuh.

Karakteristik Bahan Jersey

Bahan jersey adalah jenis kain yang memiliki ciri cukup mudah untuk dikenali di pasaran karena keunikannya, simak karakteristik kain jersey di bawah ini:

  1. Bahan jersey bersifat elastis alis merenggang karena memang karakteristiknya fleksibel.
  2. Kain jersey adalah jenis kain yang tidak terlalu perlu disetrika karena tidak mudah kusut.
  3. Tekstur kain jersey cukup nyaman pada saat digunakan karena jatuh dan dingin serta mampu mengikuti lekuk tubuh.
  4. Kamu bisa memilih kain jersey dengan berbagai tingkat ketebalan yang tersedia. Kain yang lebih tebal bisa digunakan untuk bahan gamis, sementara yang lebih tipis bisa digunakan untuk bahan kerudung.
  5. Hadir dengan berbagai macam warna, mulai dari yang terang, gelap, hingga warna-warna soft.

Jenis Kain Jersey

1. Jersey Ity Korea

Jersey Ity Korea
Jersey Ity Korea

Kain jersey ity korea sendiri di pasaran biasa dikenal dengan sebutan kain spandek jersey. Kain ini memiliki karakteristik khusus seperti permukaan kain yang kesat dan seratnya yang halus. Ketika dilihat secara detail, kain ini tidak mengkilap dan warna yang hadir pun cukup kalem alias soft. Pada saat digunakan. Kain jersey ity korea sangat terasa lembut dan juga sejuk.

Berat kain jersey ini pun pada umumya hanya 280 gsm, kualitas jersey ity korea disebut terbaik dibanding jenis kain jersey lainnya. Harga kain jersey ITY sendiri cukup terjangkau, dapatkan kain jenis ini hanya di MC Texstyle. MC Texstyle adalah supplier kain Jakarta yang menawarkan berbagai jenis kain berkualitas dengan harga grosir termurah.

Dapatkan kain jersey ity korea ini dengan di harga Rp29.000/yard dengan menghubungi akun Instagram @mctexstyle atau melalui tombol WhatsApp di bawah ini. Dapatkan juga HANDFEEL + HANDBOOK GRATIS dengan menghubungi kami sekarang juga.

2. Kain Jersey Stella

Kain Jersey Stella
Kain Jersey Stella

Jenis kain jersey selanjutnya adalah Jersey Stella, bahan yang satu ini termasuk ke dalam jenis Jersey Super. Kualitas dari kain ini pun satu grade di bawah spandek ITY dengan teksturnya yang lembut pada saat disentuh.

Bahan jersey stella juga tidak mengkilap dan memiliki tekstur sedikit licin dibandingkan dengan bahan ITY. Kualitas ini setara dengan harga yang memang sedikit lebih tinggi atau mahal. Lebar kain jersey yang ada di pasaran umumnya 1,75 m dengan bobot 210 gsm hingga 220 gsm.

3. Jersey High Twist

Jersey High Twist
Jersey High Twist

Jenis kain jersey yang satu ini adalah bahan jersey yang sangat banyak warna, bahkan pilihan warna yang ada di pasaran bisa mencapai tiga puluhan warna. Harga kain ini pun sangat terjangkau dengan ratujan kainnya yang rapi sehingga termasuk ke salah satu kain yang banyak digunakan di pasaran.

Kain jersey high twist ini memiliki tampilan yang mengkilap karena ada campuran bahan sintetis dari polyester. Karena campuran ini, maka kain mungkin akan terasa panas. Dan jersey ini ada dua jenis, yaitu tenun dan juga kaos.

Jersey tenun ini tidak melar dan juga biasanya digunakan sebagai bahan utama pembuatan blazer dan juga jas. Sementara jersey kaos bersifat melar dan umum digunakan untuk membuat kerudung dan juga gamis.

4. Kain Jersey Etiway

Kain Jersey Etiway
Kain Jersey Etiway

Kain jersey etiway adalah jenis kain yang bisa dibilang termasuk ke dalam kategori high twist. Yang menjadi pembeda adalah pada bobot kainnya, kain jersey etiway memiliki bobot sekitar 210 gsm dengan lebar kain 180cm.

Kain jersey etiway memiliki karakteristik serat rajutan yang kurang rapi dibandingkan jenis jersey sebelumnya. Bahan jersey etiway ini pun lumayan sejuk. Tampilannya sedikit mengkilap dan bahan kain jatuh ketika digunakan.

5. Kain Jersey Serena

Kain Jersey Serena
Kain Jersey Serena

Jenis kain jersey selanjutnya ada jersey serena yang memiliki tekstur permukaan cukup padat dan lembut dengan bobot 210 gsm. Jika kamu adalah pecinta pakaian jersey dari Nike dan Adidas, maka tidak ada salahnya untuk memilih bahan jersey serena karena memang kualitasnya hampir setara dengan bahan Nike dan Adidas.

Jersey serena memiliki karakteristik berupa tingkat kerenggangan atau elastisitas yang tinggi. Bahan ini pun mudah kering dan menyerap keringat sehingga banyak ditujukan untuk pembuatan seragam olahraga. Bahannya yang lembut dan sejuk juga membuat jersey serena banyak disukai.

6. Jersey Scarlet dan Jersey Sherly

Jersey Scarlet dan Jersey Sherly
Jersey Scarlet dan Jersey Sherly

Bahan jersey scarlet adalah kain yang paling murah dan banyak dipilih untuk memproduksi pakaian gamis murah meriah atau harga di kisaran Rp100 ribuan. Namun, memang ada harga ada kualitas, kamu pelru mengetahui kualitas kain ini cukup rendah dibandingkan kain lainnya.

Permukaan kain jersey scarley terlihat lebih kasar. Serat kainnya pun cenderung renggang dan sedikit kusam. Bahan kain jersey scarletnya juga tidak terlalu dingin pada saat dikenakan.

7. Kain Jersey Crepe

Kain Jersey Crepe
Kain Jersey Crepe

Bahan jersey yang satu ini juga dikenal dengan spandek crepe. Tekstur kainnya termasuk sangat unik seperti jeruk. Dengan tekstur yang unik ini akan membuat orang tertarik untuk membelinya. Panjang kain dalam satu kilogram kain jersey biasanya mulai dari 2,5 hingga 2,8 meter tergantung dari ketebalan dan bobot kain.

8. Jersey Rayon

Kain Jersey Rayon
Kain Jersey Rayon

Jenis kain jersey yang satu ini biasanya disebut juga sebagai spandek rayon. Jersey rayon adalah kain jersey yang saat ini banyak diburu oleh para produsen gamis. Kain rayon jersey biasanya digunakan sebagai bahan utama pembuatan gamis karena memiliki tekstur yang lembut dan mudah menyerap keringat.

9. Jersey Drift

Kain Jersey Drift
Kain Jersey Drift

Kain jersey drift adalah salah satu jenis kain yang terbuat dari campuran serat nilon, polyester, dan juga katun. Bahan ini banyak digunakan untuk membuat jersey printing pakaian olahraga seperti badminton, sepakbola, dan tenik.

Sifat bahan ini adalah adem dan ringan, tentu hal ini membuatnya menjadi sangat nyaman ketika digunakan untuk olahraga, Ada dua jenis kain jersey drift yang ada di pasaran, ada kain local dan grade ori. Konsumen pada umumnya menyukai jenis kain jersey drift ori dikarenakan lebih adem, halus dan juga elastis pada saat digunakan di tubuh.

Sementara kain drfit local sangat cocok digunakan untuk kamu yang ingin lebih hemat dengan membeli kain yang harganya lebih murah.

10. Jerey Paragon

Kain Jerey Paragon
Kain Jerey Paragon

Kain jersey paragon adalah salah satu jenis kain yang menjadi favorit untuk membuat pakaian basket. Hal ini dikarenakan kain ini memiliki karakteristik yang lebih hangat dan tidak melar seperti jersey kebanyakan.

Maka dari itu, penggunaan baju dengan bahan jersey paragon bisa membuat tubuh pemakainya tercetak lebih jelas. Namun memang bahan ini juga cocok untuk dibuat jersey yang longgar. Dari sisi harga sendiri, jersey paragon lebih murah dan ekonomis.

Kelebihan Kain Jersey

1. Memiliki Berbagai Macam Varian Warna

Kain bahan jersey memiliki berbagai varian warna, mulai dari yang terang atau cerah, soft, sedikit pudar, hingga warna yang gelap. Berbagai warna ini tentu saja membuat konsumen khususnya para kaum hawa sangat menyukai pakaian berbahan jersey untuk digunakan sebagai bahan busana muslim di Indonesia.

2. Memiliki Banyak Varian Tingkat Ketebalan

Ketebalan dari bahan kain jersey yang ada di pasaran memang beraneka ragam. Untuk kamu yang ingin menggunakan kain jersey tipis, maka bisa menggunakan kain dengan berat sekitar 160 gsm. Namun sangat disarankan bagi kamu yang ingin membuat baju atau pakaian gamis, carilah kain jersey yang cukup tebal dan tak membentuk tubuh.

3. Mampu Menyerap Keringat

Bahan kain jersey memiliki materiai yang terdiri dari polyester dan juga katun. Namun, bahan utama terbesar untuk membuat kain jersey adalah bahan katun yang terbuat dari kapas. Karena terbuat dari bahan kapas, maka kain ini pun memiliki sifat mampu menyerap keringan secara baik. Alhasil, bahan ini pun sangat cocok untuk digunakan pada pakaian olahraga.

4. Bahannya Cepat Kering

Ketika pakaian telah dicuci dan juga dijemur, maka pakaian yang terbuat dari kain jersey ini akan sangat mudah untuk kering. Hal ini akan membuat kamu menjadi lebih hemat dalam hal energy dan waktu dari mulai menjemur hingga mengangkatnya. Bahan jersey yang mudah kering ini mampu membuatnya menjadi salah satu bahan yang cocok untuk digunakan pada musim hujan.

5. Tidak Mudah Kusur

Pakaian dari kain jersey adalah salah satu baju yang cocok untuk kamu yang memang malah untuk menyetrika baju setiap hari. Kain jersey memiliki sifat tifak mudah kusut sehingga kamu bisa langsung menggunakan pakaian yang dijemur tanpa perlu dirapikan atau disetrika.

6. Bahannya Awet

Kain jersey adalah bahan yang termasuk sangat awet dari sisi wananya. Pakaian yang terbuat dari kain jersey tentu saja tidak mudah pudar walau pun sudah digunakan dalam waktu yang lama. Warna pakaian ini terus terlihat baru dan juga bagus. Alhasil orang-orang tidak akan mengira pakaian yang kamu gunakan adalah pakaian yang sudah beberapa tahun kamu beli.

7. Bahannya Melar, Jatuh, dan Elastis

Kain jersey adalah kain yang sangat nyaman untuk digunakan karena memiliki sifat melar dan jatuh. Dengan kelebihan ini, maka akan membuat pakaian atau busana yang terbuat dari jersey tidak akan lengket di tubuh.

Badan pun tidak akan terlihat menggelembung pada saat mengenakan pakaian yang terbuat dari kain jersey ini. Namun, bagi kamu yang membeli gamis dengan bahan jersey, disarankan untuk memilih jersey yang tebal agar tidak terlalu membentuk badan.

8. Harga Terjangkau

Dengan kualitas yang premium, kain jersey dipasaran sendiri memiliki harga yang cukup terjangkau. Maka tak heran apabila kamu sering melihat gamis yang dijual murah rata-rata terbuat dari kain jersey yang fleksibel dan juga jatuh.

Namun memang rata-rata baju gamis yang murah tersebut terbuat dari jersey tipis sehingga membuat lekuk tubuh terbentuk. Ada baiknya tetap pilih yang tebal walau pun harganya sedikit lebih mahal.

Kekurangan Kain Jersey

1. Mudah Rusak Apabila Sering Disetrika

Pakaian dari kain jersey bisa dibilang adalah pakaian yang tidak terlalu sering untuk disetrika. Hal ini dikarenakan bisa membuat pakaian menjadi kusut dan rusak apabila terlalu sering disetrika. Maka Dari itu kamu hanya perlu menyetrika baju yang terbuat dari bahan jersey sesekali saja atau ketika terdapat sedikit lipatan yang muncul.

2. Membentuk Tubuh Pemakainya

Untuk para wanita muslimah, sifat kain yang jatuh dan juga mengikuti lekukan tubuh penggunanya mungkin akan sangat mengganggu saat dikenakan. Hal ini berkaitan dengan larangan wanita muslimah yang telah baligh mengenakan pakaian yang sangat ketat sehingga dapat membentuk lekukan tubuh.

Namun kamu masih bisa menggunakan gamis ini dengan catatan kain jersey yang digunakan tebal dan juga lebar.

3. Sejumlah Jenis Kain Jersey Berat

Untuk bobot kain jersey memang cukup beragam di pasaran. Apabila kamu membeli pakaian dari bahan jersey yang tebal, maka bobot pakaian pun akan menjadi berat. Berat ini akan sangat terasa ketika pakaian dicuci secara manual menggunakan tangan.

4. Serat Kain Tipis dan Menerawang

Kain jersey memiliki karakteristik yang tipis dan menerawang, tergantung dari kualitas kain yang kamu beli. Apabila kamu membeli kain dengan kualitas premium, tentu saja kain tidak akan tipis dan tidak menerawang karena tekstur serat yang sangat rapat. Namun, apabila kamu membeli bahan kain dengan kualitas yang standar, tentu saja bahan akan terlihat menerawang karena tipis.

Penggunaan Kain Jersey

Penggunaan bahan kain jersey ini sangat beragam di pasaran, dan jenis produk pakaian yang diinginkan ditentukan oleh jenis jersey yang ada. Sebut saja jenis kain jersey hight twist, bahan ini biasa digunakan untuk membuat kaos bola dengan tampilannya yang sedikit mengkilap.

Selain jersey hight twist, ada juga jenis kain jersey Serena yang juga merupakan salah satu jersey yang banyak digunakan untuk membuat kaos olahraga. Bahan jersey ini juga banyak digunakan oleh produsen fashion muslim untuk membuat pakaian gamis, jilbab, kerudung, mukena, dan masih banyak lainnya.

Selain kain ini digunakan untuk membuat pakaian, kain jersey juga bisa digunakan sebagai bahan selimut.

Cara Merawat Kain Jersey

1. Cuci Jangan Sembarangan

Untuk mencuci pakaian yang terbuat dari bahan kain jersey, maka kamu perlu menggunakan deterjen cair dengan tujuan agar serat kain tidak kaku setelah dicuci. Untuk mencegah benang keluar atau pun serat kain menjadi rusak, kucek saja pakaian secara manual dan hindari menggunakan mesin cuci.

2. Menjemur Pakaian Jersey

Ketika ingin menjemur pakaian, maka ada baiknya jangan terlalu meremas hingga memelintirnya agar air keluar. Hal ini bisa membuat pakaian yang terbuat dari kain jersey menjadi mudah melar dan juga rusak. Selain itu, hindari juga penggunaan pengering pada mesin cuci. Saat menjemur pun ada baiknya hindari sengatan sinar matahari langsung dan jemur pakaian di bawah atap saja atau diangin-anginkan.

3. Menyetrika Pakaian Jersey

Apabila memang ingin disetrika, kamu perlu melakukan seting suhu setrikaan ke suhu yang sedang saja. Jangan pernah setel suhu setrikaan di tingkat tertinggi untuk menghindari pakaian menjadi rusak. Selain itu, kain juga bisa memiliki efek mengkilap yang mengganggu karena setrikaan.

Supplier Kain Jakarta

Apabila kamu sedang mencari supplier kain terbaik yang menawarkan ity jersey korea, maka MC Texstyle adalah jawabannya. MC Texstyle merupakan supplier kain Jakarta yang menghadirkan berbagai jenis kain dengan harga termurah se-Indonesia. Untuk kain ity jersey korea sendiri, kamu bisa mendapatkannya di MC Texstyle hanya dengan harga Rp29.000/yard.

Untuk yang ingin bertanya atau ingin melakukan order kain jersey, bisa langsung menghubungi akun Instagram @mctexstyle atau langsung menghubungi WhatsApp admin kami dengan menekan tombol WhatsApp di bawah ini. Dapatkan HAND BOOK + HAND FEEL GRATIS sekarang juga.

Airflow Crinkle Warna Cetar