Bahan Scuba – Setiap hari, inovasi yang terjadi pada perkembangan zaman selalu bergerak ke arah yang lebih modern. Termasuk pada dunia fashion yang setiap tahun selalu muncul produk-produk fashion yang menjadi tren dunia. Perkembangan fashion ini juga bisa kamu lihat dari hadirnya banyak bahan kain yang merupakan bahan utama pembuatan busana. Setiap bahan tersebut tentu saja memiliki karakteristik dan kelebihannya masing-masing. Itulah sebabnya sebelum memilih bahan kain, kamu perlu mengenali sejumlah karakteristik pada kain tersebut.

Dalam perkembangan dunia fashion saat ini, banyak sekali ide-ide dari para desainer busana yang juga berkembang. Mulai dari mengembangkan model busana, hingga mengkombinasikan kain satu dengan kain lainnya untuk memunculkan sebuah keindahan baru. Nah, kain scuba adalah salah satu bahan kain saat saat ini sedang tren digunakan oleh para perancang busana dalam membuat sebuah busana atau pelengkap busana.

Masker scuba adalah salah satu produk populer yang banyak diburu oleh orang pada saat masa pandemi seperti saat ini. Sesuai dengan namanya, masker scuba adalah masker yang terbuat dari bahan scuba. Namun, menurut beberapa pakar, masker yang terbuat dari bahan scuba kurang maksimal untuk menangkal virus. Namun bahan scuba menjadi sangat unggul jika digunakan sebagai bahan pembuatan baju renang.

Alasan dari bahan kain scuba dijadikan bahan utama pembuatan baju renang adalah karena kain scuba memiliki karakteristik yang cocok. Bahkan bisa dibilang apabila bahan scuba merupakan kain yang cukup unik karena memiliki perbedaan yang tidak dimiliki oleh jenis kain lainnya.

Sampai di titik ini, apakah kamu masih pernasaran dengan bahan scuba? Apakah kamu ingin tahu lebih dalam tentang bahan scuba? Yaudah gas yuk, Mintex sudah siapkan beberapa fakta tentang kain scuba yang dilansir dari berbagai sumber. Simak informasi lengkapnya di bawah ini yah.

Mengenal Bahan Scuba

Pada dasarnya, awal mula bahan scuba premium muncul digunakan untuk membuat pakaian renang. Walaupun hingga saat ini fungsi tersebut masih dilakukan dan tetap menjadi bahan utama pembuatan baju renang. Namun, karena perkembangan zaman yang lebih modern, maka pemanfaatan bahan scuba juga ikut berkembang. Bahan scuba saat ini sudah mulai dijadikan berbagai pakaian formal dan non formal, busana, hingga masker.

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, bahan scuba saat ini sudah cukup trend di kalangan fashion designer. Hal ini lah yang membuat beberapa busana sudah mulai menggunakan bahan scuba ini. Selain sebutan scuba, bahan kain ini juga memiliki sebutan lainnya, yaitu kain rajut scuba atau scuba knit.

Bahan scuba adalah kain yang terbuat dari hasil kombinasi antara bahan polyester dan juga bahan spandek. Bahan dasar dari kain scuba ini membuatnya menjadi memiliki sifat melekat ke tubuh pada saat dikenakan dan kelenturannya pun masih terjaga. Dengan begitu, udara akan sulit untuk masuk ke dalam pakaian yang terbuat dari bahan scuba.

Pada umumnya bahan scuba sering digunakan sebagai bahan utama busana atau pelengkap busana saja. Sebut saja diantaranya ada gamis, celana olahraga, blazer wanita, rok wanita, dan produk fashion lainnya. Maka dari itu,untuk saat ini bahan scuba tidak hanya bisa membuat baju renang dan juga masker saja.

Kain scuba ini dikenal memiliki kemiripan dengan neoprene. Namun, untuk sebagain orang terutama orang awam, untuk membedakan kedua jenis kain tersebut cukup sulit. Nah, jika kamu ingin mengetahui perbedaannya, maka kamu bisa melihat lapisan busanya. Bahan scuba sendiri tidak memiliki busa, sedangkan bahan neoprene memiliki busa.

Karakteristik Kain Scuba

Untuk kamu yang baru saja mengenal kain scuba dan ingin menggunakannya, maka ada baiknya kenali dahulu karakteristik bahan scuba. Kain scuba ini sangat dikenal dengan tingkal elastisitas yang cukup tinggi hingga mencapai 40 persen. Dibalik tingkat elastisitasnya yang tinggi, bahan ini menyimpan kemapuan yang tentunya cukup bagus. Kemampuan apa itu? Tentu saja kemampuan untuk menyerap keringat yang sangat baik.

Elastisitas yang tersemat pada bahan scuba ini memiliki kandungan 90 persebut bahan polyester dan 10 persen bahan spandek. Dengan adanya kedua bahan ini, pengguna pakaian berbahan scuba tidak perlu lagi merasa kesempitan. Melihat karakteristiknya tersebut, bahan scuba sering sekali dijadikan sebagai bahan baku baju renang hingga olahraga. Ketika berenang maupun berolahraga menggunakan pakaian berbahan scuba, maka kamu akan mudah untuk menggerakkan tubuh.

Selain itu, kain scuba juga dikenal sebagai bahan yang memiliki ketebala yang sangat cukup. Hal ini membuat rasa aman dan nyaman bagi pemakainya yang takut akan tembus pandang. Uniknya lagi walaupun cukup tebal, ketika mengenakan kain scuba tidak akan terasa begitu panas, dan bahkan merasa adem.

Ketika kamu mengenakan pakaia yang terbuat dari bahan scuba, kamu tak perlu khawatir kulitmu mengalami iritasi karena tekstur dari bahan ini cukup halus. Tekstur yang halus ini membuat kamu menjadi lebih nyaman pada saat mengenakannya pada saat menjalani aktivitas. Tidak hanya itu, bahan scuba juga memiliki sifat jatuh yang membuatnya cocok untuk dijadikan bahan dasar busana wanita seperti rok, gamis, dan busana wanita lainya.

Pemanfaatan Bahan Scuba

Ketika melihat beberapa karakteristik di atas, maka kain scuba bisa dijadikan sebagai bahan utama pembuatan beberapa produk fashion. Apa saja itu? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

1. Baju Renang

Baju Renang
Baju Renang

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, baju renang adalah busana yang pertama kali dikenal dengan menggunakan bahan scuba. Ketika berenang, hampir seluruh anggota tubuh akan bergerak, dengan begitu kita perlu baju renang yang sangat elastis. Salah satu bahan pakaian yang memiliki tingkat elastisitas cukup tinggi ialah scuba. Hal inilah yang membuat bahan scuba sangat cocok untuk dijadikan bahan pembuatan baju renang.

FYI, bahan scuba tidak hanya elastis saja, melainkan memiliki sifat yang melekat pada badan. Dan hal tersebut membuat kamu tidak perlu khawatir bajunya akan terlepas. Bahan scuba bisa melekat di badan pada saat digunakan berenang dikarenakan bahan tidak memberikan udara untuk masuk. Jika ada udara masuk ke dalam baju, maka berat baju pun akan bertambah, sehingga aktivitas berenang menjadi sangat kurang maksimal.

Tidak hanya untuk baju renang saja, bahan scuba ini pun digunakan untuk membuat baju selam. Dengan baju selam yang terbuat dari kain scuba ini, maka para penyelam mampu menggerakkan tubuh dengan maksimal atau bisa dibilang tubuh tidak memiliki hambatan ketika menggunakan pakaian dengan bahan scuba ini.

2. Baju dan Celana Olahraga

Baju dan Celana Olahraga
Baju dan Celana Olahraga

Pada umumnya, bahan terbaik untuk pakaian olahraga adalah jenis kain yang mampu menyerap keringat dengan baik. Dengan bahan pakaian yang memiliki sifat tersebut, maka pada saat olahraga pun kamu tidak terlihat seperti mandi keringat. Salah satu bahan kain yang memiliki sifat menyerap keringat dengan baik adalah kain scuba.

Maka dari itu, saat ini sudah banyak sekali baju dan celana olahraga yang terbuat dari bahan scuba. Selain itu, bahan scuba yang memiliki tekstur halus dapat meningkatkan kualitas baju dan celana olahraga. Dalam hal ini, baju dan juga celana olahraga yang dimaksud bisa berupa seragam lingkungan RT atau RW, sekolah, hingga seragam tentara.

Selain itu, dalam berolahraga juga tubuh perlu pakaian yang elastis untuk bebas bergerak secara maksimal. Hal ini lah yang membuat bahan scuba digemari karena memiliki karakteristik yang membuat pemakainya nyaman.

3. Gaun

Gaun
Gaun

Seperti yang kita tahu, gaun adalah salah satu busana yang sering digunakan para wanita saat ingin hadir pada acara-acara formal. Bahan untuk membuat gaun sendiri bisa dibilang hampir sama dengan bahan untuk membuat rok. Entah itu rok atau gaun, busana tersebut akan semakin tampil elegan apabila terbuat dari bahan kain yang bersifat jatuh. Untuk itu, kain scuba bisa kamu jadikan pilihan yang tepat untuk membuat gaun.

Ketika menggunakan gaun yang terbuat dari bahan scuba, maka sang pemakai akan tampil lebih elegan dan juga modis. Di sisi lain, gaun scuba juga akan terasa sangat nyaman pada saat dikenakan sehingga kepercayaan diri menjadi tinggi. Terlebih, bahan scuba juga tidak membuat kulit menjadi iritasi karena teksturnya yang dikenal sangat halus.

4. Gamis

Gamis
Gamis

Sama halnya seperti gaun, gamis juga akan tampak lebih modis jika dibuat dari bahan kain yang mudah jatuh atau flowy. Seperti yang kita tahu, busana gamis sering digunakan oleh para wanita muslimah untuk kegiatan formal dan non formal. Untuk mendapat kenyamanan yang maksimal, bahan scuba bsa kamu jadikan opsi untuk membuat busana gamis.

Bukan hanya bahannya yang mudah jatuh, bahan scuba ini juga dikenal dengan sifatnya yang adem sehingga kenyamanan pada saat mengenakan gamis berbahan scuba sangat terasa. Kelebihan bahan scuba lainnya adalah tidak menerawang sehingga sangat cocok untuk dijadikan busana muslimah yang bisa menutupi aurat sang pemakai.

Sekadar saran, untuk kamu yang ingin memilih gamis dengan berbahan dasar scuba, maka ada baiknya pilih ukuran yang cukup besar atau longgar agar tidak membentuk lekuk tubuh. Sesuai dengan syariat Islam, bentuk lekukan tubuh ada baiknya ditutupi dan dihindari.

5. Blazer Wanita

Blazer Wanita
Blazer Wanita

Blazer adalah produk fashion yang memiliki kemiripan dengan jas. Perbedaan jas dan blazer bisa dilihat dari modelnya. Blazer memiliki look yang lebih santai, sedangkan jas akan mengeluarkan efek elegan pada pemakainya. Blazer wanita saat ini banyak sekali terbuat dari bahan scuba yang dikenal dengan karakter halus dan tebal sehingga mampu memberikan kehangatan pada saat cuaca dingin dan memberi rasa adem pada saat cuaca panas.

Hal yang perlu dicatat pada saat ingin mengenakan blazer wanita berbahan scuba adalah pilih sesuai dengan ukuran bentuk tubuh kamu agar terlibat lebih modis dan keren tentunya.

6. Blus Wanita

Blus Wanita
Blus Wanita

Blus adalah busana wanitayang memiliki fungsi untuk menutup tubuh bagian atas dengan model yang menggantung tidak sampai bawah (biasanya hanya sampai pinggang). Pada dasarnya, blus wanita ini bisa dibuat dengan beberapa jenis kain terkenal. Salah satu model blus bernama peplum sangat digemari oleh pecinta fashion karena ada bagian mengembang di bagian pinggangnya.

Dan FYI, blus peplum ini terbuat dari bahan scuba yang membuatmu menjadi tidak perlu khawatir akan cuaca yang terik. Pada saat mengenakan blus peplum ini, kamu akan tetap merasakan nyaman karena bahan yang adem. Adanya bagian mengembang di bagian pinggang menambah kesan modis pada blus yang satu ini.

7. Masker

Masker Scuba
Masker Scuba

Selama masa pandemi Covid-19, masker adalah salah satu kebutuhan yang wajib dikenakan saat beraktivitas di luar ruangan. Dengan menggunakan masker, maka risiko terpapar Covid-19 akan terminimalisir. Salah satu bahan yang banyak digunakan untuk membuat masker adalah bahan scuba. Kain scuba ini memiliki sifat elastis, sehingga penggunaannya akan terasa lebih nyamn karena tidak terlalu sempit ketika digunakan.

Namun menurut para pakar, masker yang terbuat dari bahan scuba ini tidak begitu dianjurkan untuk diguanakan karena virus covid-19 masih bisa masuk melalui hidung atau mulut. Maka dari itu, kamu perlu menggunakan masker dengan berbahan kain lainnya.

8. Rok Wanita

Rok Wanita
Rok Wanita

Rok wanita adalah busana yang berfungsi untuk menutup bagian bawah yang dibuat langsung menjadi satu untuk menutupi seluruh atau sebagian kaki pemakainya. Selain dibedakan berdasar bentuknya, rok wanita sendiri secara umum memiliki bama yang berbeda-beda berdasarkan ukuran panjangnya.

Berdasarkan bentuknya, rok wanita bisa dibedakan menjadi rok pola dasar, rok span dan semi span, rok pias, rok kerut, rok kembang, rok lipit, dan rok bertingkat. Sementara berdasarkan panjangnya, rok wanita terbagi menjadi rok micro, rok mini, rok kini, rok midi, rok maxi, dan juga rok floor.

Kelebihan dan Kekurangan Bahan Scuba

Bahan scuba sendiri memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu kamu ketahui sebelum melakukan pembelian. Lalu apa saja kelebihan dan kekurangan kain scuba? Simak informasi lengkapnya di bawah ini.

Kelebihan Bahan Scuba

1. Tidak Mudah Kusut

Kelebihan bahan scuba yang pertama adalah tidak mudah kusur. Kain scuba dikenal dengan sifatnya yang jatuh sehingga membuat bahan ini tidak mudah untuk kusut. Maka dari itu, pakaian yang terbuat dari bahan scuba akan tampil terlihat rapi walaupun sedang melakukan aktivitas ringan maupun berat.

2. Menyerap Keringat dengan Baik

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahan scuba memiliki kelebihan yaitu mudah menyerap keringat dengan maksimal. Dengan kelebihan ini, bahan scuba sangat direkomendasikan untuk membuat baju-baju olahraga.

3. Tebal

Ketebalan dari bahan scuba membuatnya tidak tembus pandang atau menerawang, sehingga sering sekali digunakan sebagai bahan utama pembuatan busana wanita muslimah seperti baju gamis. Walaupun tebal, namun bahan scuba juga memiliki sifat adem yang membuat pemakai tetap merasa nyaman walau di bawah sinar matahari sekalipun.

4. Halus dan Empus

Kelebihan bahan scuba selanjutnya adalah halus dan juga empuk. Pada saat tubuh menyentuh bahan ini, maka kulit kamu akan aman dan terhindar dari iritasi kulit yang biasanya disebabkan dari pakaian. Maka dari itulah bahan scuba sering sekali dijadikan sebagai bahan utama pembuatan gaun.

5. Elastis

Beberapa pakaian membutuhkan tingkat elastisitas yang tinggi untuk menambah kenyaman pengguna. Salah satu kelebihan bahan scuba adalah tingkat elastisitas yang baik sehingga sangat cocok untuk menjadi bahan pembuatan baju renang, baju olahraga, dan sejenisnya.

Kekurangan Bahan Scuba

Setelah mengetahui kelebihan bahan scuba, maka tak lengkap rasanya jika tidak mengetahui juga kelebihannya. Apa saja kelebihan bahan scuba? Simak informasi lengkapnya di bawah ini.

1. Harga Cukup Tinggi

Dari sekian banyak jenis kain yang ada, bahan scuba adalah salah satu jenis kain yang memiliki harga cukup mahal. Sehingga hal ini menjadi kekurangan dari bahan ini, maka dari itu, hanya segelintir orang saja yang akan membeli pakaian dari bahan scuba.

2. Tidak Tahan Suhu Panas

Jika berbicara kemampuan menyerap keringat, bahan scuba adalah jagoannya. Namun, bahan scuba ini cukup rentan ketika terkena suhu panas, seperti air panas dan setrika dengan suhu tinggi. Bahan scuba ini akan mudah kusut jika terkena suhu yang panas.

3. Mudah Melas

Bahan scuba ini sudah terkenal dengan elastisitasnya yang berkualitas, sehingga pada saat mencuci baju dengan bahan scuba jangan terlalu lama. Hal ini dilakukan karena bahan scuba memiliki kekurangan yaitu gampang melar. Apabila bahan scuba ini sudah melas, maka akan membuat penggunanya menjadi kurang nyaman.

Cara Merawat Bahan Scuba

Setelah mengenal beberapa hal tentang kain scuba, kini saatnya kamu mengetahui bagaimana cara merawat kain scuba. Untuk mengetahui bagaimana caranya, silaka simak informasi berikut ini.

  1. Cara pertama adalah dengan mencucinya secara manual agar bahan scuba tidak mudah melar dan kamu bisa menggunakannya untuk jangka panjang.
  2. Hindari penggunakan mesin cuci
  3. Jangan terlalu lama merendam pakaian berbahan scuba dengan deterjen karena bisa mengurangi serat kain.
  4. Jangan jemur pakaian berbahan kain scuba di bawah sinar matahari langsung.
  5. Jangan menyetrika dengan suhu yang terlalu panas.

Harga Bahan Scuba

Keunggulan dari bahan scuba yang banyak membuat harga bahan scuba cukup tinggi di pasaran dibandingka dengan jenis kain lainnya. Biasanya harga kain scuba dibedakan tergantung jenisnya, ada bahan scuba polos, ada juga bahan scuba bermotif.

Namun, kain scuba polos adalah jenis yang paling dicari oleh banyak brand clothing line untuk membuat produk fashion. Untuk kamu yang ingin membeli bahan scuba premium, kamu bisa menghubungi MC Texstyle. MC Texstyle adalah supplier kain Jakarta yang sudah dipercaya oleh ratusan brand clothing line seluruh Indonesia dalam hal memasok bahan kain.

Selain bahan scuba, MC Texstyle juga menyediakan berbagai jenis kain beserta warna yang lengkap sebagai bukti keseriusan MC Texstyle untuk mensuport para clothing line. Dan juga, harga kain MC Texstyle cukup terjangkau namun kualitasnya bisa dipertanggungjawabkan.

Untuk harga kain scuba di MC Texstyle sendiri berkisar Rp95 ribu/kg dengan minimum pembelian adalah 1 rol. Untuk 1 roll nya sendiri kurang lebih isinya sekitar 25 kg. Untuk kamu yang berminat atau sekadar konsultasi, bisa langsung hubungi MC Texstyle melalui akun Instagram @mctexstyle atau melalui tombol WhatsApp di bawah ini.

Kesimpulan

Dari awal munculnya yang hanya digunakan untuk pakaian renang saja, kini bahan scuba sudah menjadi bahan yang digunakan untuk berbagai jenis pakaian. Entah itu pakaian untuk acara formal, hingga acara non formal.

Bahan scuba sendiri sama halnya dengan bahan-bahan lain, perlu dijaga kualitasnya agar bisa digunakan lebih lama. Kualitas dari bahan scuba sendiri tidak perlu diragukan lagi, sehingga untuk harganya sendiri memang cukup tinggi.

Semoga dengan artikel kali ini, kamu mendapatkan jawaban akan seluk beluk bahan scuba. Semoga bermanfaat.

Airflow Crinkle Warna Cetar