Sebelum kamu memutuskan untuk membeli jenis kain untuk dress, maka kamu perlu mengetahui bahwa ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama adalah perlu sekali bisa memilih dan memilah jenis kain yang cocok untuk digunakan.

Hal yang tidak kalah penting adalah bahan kain tersebut mampu mengikuti bentuk tubuh dan juga tinggi badan, lalu perlu mencocokkan dengan warna kalit agar ketika dijadikan sebuah dress, maka dress tersebut bisa cocok.

Lalu apa saja jenis kain untuk dress yang bisa digunakan? Setidaknya dalam pembahasan kain ini kita akan membahas 12 jenis kain untuk dress. Silakan simak informasi lengkapnya di bawah ini.

Jenis Kain untuk Dress Terbaik

Di bawah ini, ada beberapa jenis kain yang cocok untuk membuat dress. Selain itu, dengan mengetahui jenis kain ini maka kamu bisa memilih jenis kain seperti apa yang cocok untuk dress dan bisa menghasilkan dress yang cantik serta indah pada saat dipandang.

1. Jenis Kain Katun

Bahan Kain Katun
Bahan Kain Katun

Kain katun adalah jenis kain yang memang populer untuk dijadikan sebuah busana dress. Kain ini terbuat dari serat alami beurpa kapan. Kenapa kain katun cocok untuk kain dress? Jawabannya adalah karena kain katun ini memiliki kelebihan seperti tekstur kainnya yang halus, adem, dan juga mudah menyerap keringat.

Cuaca Indonesia yang beriklim tropis membuat kain katun memiliki ciri khas tersendiri. Jenis kain katun ini pun sudah umum ada di masyarakat karena sering ditemui dan didengar dari penjual mau pun penjahit di lingkungan sekitar.

Maka dari itu, seorang penjahit sangat mampu membaut kreasinya sendiri termasuk batik tulis menggunakan kain ini. Pada umumnya, jenis kain katun sendiri terdiri dari banyak jenis. Salah satunya adalah katun combed yang memiliki tiga tingkatan, mulai dari 20s, 24s, hingga 30s dengan jenis benang berbeda-beda dan ukuran gramnya pun beda.

2. Kain Sutra

Kain Sutra
Kain Sutra

Rekomendasi jenis kain untuk dress selanjutnya ada kain sutra yang terbuat dari serat alami kepompong ulat sutra dan memiliki kelebihan tersendiri. Kain ini memiliki tekstur permukaan lembut dengan kilauan yang indah. Hal tersebut menjadikan para penjahit sering menggunakan kain ini sebagai bahan utama pembuatan dress dan juga jenis pakaian lainnya.

Dress yang terbuat dari bahan utama kain sutra sangat terpakai dalam acara penting seperti rapat, pernikaha, hingga acara penting lainnya. Selain itu jenis kain untuk dress yang satu ini pun tampil cantik, mewah, dan juga menawan ketika digunakan pada tubuh.

3. Kain Batik

Kain batik adalah kain yang menjadi kebanggaan warga negara Indonesia dan sudah dihak patenkan oleh UNESCO sebagai budaya asli dari Indonesia. Inilah yang membuat kain batik semakin terkenal hingga ke seluruh dunia.

Seiring dengan berjalannya perkembangan, batik tidak hanya dijadikan sebagai selendang saja. Namun juga sebagai bahan pembuatan busana seperti kemeja, celana pendek atau panjang, hingga dress dengan memiliki nilai tinggi. Bahkan kain batik ini pun biasanya digunakan oleh pejabat negara saat ada acara besar seperti upacara kemerdekaan hingga rapat.

4. Kain Linen

Kain Linen
Kain Linen

Apakah kamu sudah mengetahui tentang kain linen itu apa? Kalau belum, bisa mengunjungi artikel berikut yang membahas lengkap tentang kain linen: Mengenal Kain Linen.

Secara singkat, kain linen adalah jenis kain yang terbuat dari serat alam tumbuhan rami dengan tekstur seratnya yang halus ketika disentuh dan sedikit berkilau. Jenis kain ini memiliki karakteristik yang cukup istimewa. Kenapa demikian? Hal ini dikarenakan kain linen termasuk kain pertama yang muncul dan terkenal sepanjang sejarah dalam peradaban manusia.

Hal ini juga yang membuat serat linen adalah serat kain yang pertama kali digunakan sebagai bahan dasar pembuatan kain. Jenis kain linen sangat cocok untuk pembuatan dress karena memiliki banyak kelebihan. Selain itu, kain ini juga memiliki ketahanan yang baik terhadap bakteri dan jamur yang biasa menyerang jenis kain lainnya.

Baca Juga: Serat Flax / Serat Linen: Karakteristik, Kelebihan, dan Penggunaan

5. Kain Crepe

bahan crepe
bahan crepe

Jenis kain crepe adalah salah satu bahan yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan utama pembuatan dress pengantin. Ciri khas dari kain crepe ini ialah memiliki tekstur unik yang mampu memberikan unsur pasir datau kerutan kecil pada permukaan kainnya.

Jenis kain crepe juga cukup banyak di pasaran, sebut saja seperti woll crepe dress atau silk dress yang tentunya memiliki perbedaan masing-masing. Entah itu dari segi tekstur yang elastis, hingga memiliki ketebalan kain yang berbeda, semuanya akan memberi nuansa tersendiri pada saat diaplikasikan pada sebuah dress.

6. Kain Satin

Jenis Kain Satin
Jenis Kain Satin

Jenis kain untuk dress selanjutnya ada kain satin yang mungkin sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat karena tekstur dan tampilannya yang licin. Selain itu kain ini juga memiliki terkstur halus dan mampu memberikan kesan kilap di bagian permukaan kain.

Kain ini bisa dijadikan dan dikombinasikan dengan jenis kain dress dalam gaun pengantis. Selain untuk dress, kain satin juga dikenal bisa dibuat menjadi produk kerudung. Kain satin sendiri tidak hanya terbuat dari serat sutra saja, melainkan ada juga bahan lain seperti rayon, polyester, nilon, untuk menampilkan kesan glossy pada kain.

Dengan banyak kelebihan tersebut, maka pengguna yang mengenakan pakaian yang terbuat dari kain satin akan merasakan kenyamanan maksimal dan juga tampil menarik. Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai katin satin ini, silakan simak ulasannya di sini.

7. Kain Denim

Apakah kamu sering menemukan celana atau jaket yang terbuat dari kain denim di pasaan? Perlu diketahui, ternyata kain denim selain berguna untuk membuat celana atau jaket, juga bermanfaat untuk membuat dress.

Adapun hasil dari kain denim yang dibentuk menjadi dress tersebut akan memberikan tampilan yang santai namun dengan nuansa casual. Alasan kain denim adalah jenis kain untuk dress karena bahannya yang kuat, tahan lama, dan juga tidak mudah sobek. Kenyamanan yang diberikan membuat sang pemakai akan tampil elegan saat menggunakannya.

8. Kain Balotelly

Kain balotelly adalah salah satu jenis kain yang memiliki tekstur khas dengan bahan kainnya yang cukup tebal. Hal inilah yang membuat jenis kain ini menjadi terkenal dan menjadi pembeda dengan jenis kain lainnya.

Kain balotelly jugamemiliki perbedaan dari jenis kain katun karena kain ini memiliki model kotak-kotak kecil yang bergaris. Bahkan apabila dilihat dengan kasat mata, kain ini mampu memberikan efek kilau yang susah untuk ditemukan pada jenis kain katun.

Selain menjadi dress, kain balotelly juga sering dijadikan sebagai bahan pembuatan hijab, rok, hingga baju koko.

9. Kain Organza

Apa itu kain organza? Kain organza adalah kain yang terbuat dari serat nilon, polyester, atau campuran dari salah satunya. Maka dari itu tak heran apabilakain ini terlihat mewah dan juga menarik. Kain ini memiliki bobot yang ringan sehingga mudah mengembang dan konsepnya pun semitransparan dan membuat kain ini terkesan mewah.

Hal tersebut lah yang menjadi alasan kenapa kain ini sering dimanfaatkan untuk membuat lapisan luar rok balet. Tidak hanya itu, kain ini juga dapat dibuat sebagai dress pengantin. Namun, tidak keseluruhan dress terbuat dari kain ini, melainkan hanya lengan dress pengantinnya saja.

10. Kain Chiffon atau Kain Sifon

Kain sifon adalah jenis kain yang terbuat dari bahan sintetis dengan kombinasi bahan nilon, sutra, katun rayon, hingga polyester. Ada pun sifat dari kain ini adalah bahannya yang tipis, halus, ringan, namun tidak mampu menyerap keringat.

Kain ini juga bisa berguna sebagai kain dress, rok, atasan busana, dan juga ikat pinggang.

11. Jenis Kain untuk Dress Maxmara

Kain maxmara polos
Kain maxmara polos

Berbeda dengan kain satin yang sudah dijelaskan sebelumnya. Kain maxmara sendiri memiliki kelebihan yaitu bahan yang berkilau dan kesan doff yang tidak glossy. Kain ini memiliki ciri khusus dengan bahannya yang licin, ringan, dan juga tidak transparan.

Ketika busana yang menggunakan kain maxmara ini digunakan, maka akan terasa sangat nyaman dan tidak membuat gerah. Kain ini biasanya digunakan sebagai bahan utama pembuatan hijab. Selain digunakan untuk hijab, kain maxmara pun bisa digunakan sebagai bahan utama pembuatan dress. Dengan harga terjangkau, kain ini banyak digunakan sebagai jenis kain untuk dress yang digunakan dalam keseharian.

12. Kain Tile

Kain Tile Polos
Kain Tile Polos

Kain ini mungkin terdengar asing untuk sebagian orang. Secara singkat kain tile adalah jenis kain yang berbentuk jala dengan lubang kecil sangat ringan namun kuat dan tahan lama. Ada juga jenis kain tile yang kaku dan lembut, lalu untuk modelnya ada yang polos ada juga yang bermotif taburan glitter atau manik-manik.

Dengan motif yang beragam jenis tersebut, membuat kain ini memiliki efek kilau pada pakaian yang dikenakan nanti. Kain ini bermanfaat sebagai underskirts untuk menciptakan bentuk kaku. Selain itu, jenis kain untuk dress dengan kain tille bisa dikombinasikan dengan baju pengantin.

13. Kain Diamond Italiano Georgette

Jenis kain untuk dress yang terakhir ada kain diamong italiano georgette. Sebagian orang menyebut bahwa kain diamond italiona georgette sering dinamakan sebagai diamond italiano saja. Kain ini memiliki tekstur yang mirip kulit jeruk, namun tidak membuat gatal. Bahan kain ini pun lentur dan mudah menyesuaikan bentuk badan. Kain ini lebih ringan jika membandingkannya dengan kain sifon.

Supplier Kain Jakarta

Jika kamu adalah seorang pemilik usaha yang bergerak di dunia clothing, maka kebutuhan bahan kain adalah hal utama untuk usaha mu bukan? Pemilihan bahan kain yang berkualitas dan juga murah adalah hal yang penting untuk dilakukan.

Untuk kamu yang saat ini sedang mencari supplier kain termurah, maka MC Texstyle bisa menjadi pilihan terbaikmu. MC Texstyle adalah supplier kain Jakarta yang melayani pembelian grosir kain termurah ke seluruh Indonesia. MC Texstyle sudah bekerja sama dengan beberapa pengusaha clothing besar dalam memasok kebutuhan kain-kain berkualitas dan murah.

Dapatkan HANDBOOK + HANDFEEL GRATIS sebagai informasi kualitas kain yang dijual oleh MC Texstyle. Hubungi kami melalui akun Instagram @mctexstyle atau melalui tombol WhatsApp di bawah ini untuk mendapatkan harga terbaiknya.

Airflow Crinkle Warna Cetar