Bahan kain rayon adalah salah satu jenis kain yang saat ini memang sedang populer khususnya untuk para produsen clothing. Serat rayon sendiri mengandung unsur kimia berupa karbon, hidrogen, dan juga oksigen.

Kain rayon memiliki beberapa kelebihan yang membuat pemakainya merasa nyaman, salah satunya adalah memiliki daya serap keringat yang tinggi seperti kain katun. Tekstur dan juga permukaan bahannya halus dan lembut di kulit. Kain rayon tidak hanya digunakan sebagai bahan pembuatan pakaian saja, melainkan juga digunakan sebagai bahan utama pembuatan hijab dan busana muslim. Popularitas dari bahan kain rayon ini bisa dikatakan tidak kalah apabila dibandingkan dengan kain katun.

Karakteristik dan Ciri Kain Rayon

Kain Rayon
Kain Rayon

Bahan kain rayon adalah kain yang terbuat dari serat hasil regenerasi selulosa atau dinding sel tumbuhan. Selain itu, ada juga kain rayon yang terbuat dari pulp kayu yang sudah dihaluskan. Inilah sebabnya kain rayon digolongkan sebagai kain semisintetis. Hal ini karena bahan kain rayon terbuat dari bahan yang tidak murni dari bahan alami. Simak informasi lengkapnya mengenai 7 karakteristik kain rayon di bawah ini.

  • Kain Rayon tidak mudah kusut
  • Efek kilau yang tampil alami
  • Memiliki tekstur halus, licin, dan lembut seperti sutra
  • Daya serap keringat tinggi seperti kain katun
  • Bahan kain mudah diwarnai sehingga warnanya sangat beragam
  • Retensi atau pun daya tahan bentuk serat rayon cenderung rendah. Hal ini membuat teksturnya kurang eleastis
  • Lebih mudah terbakar dibandingkan bahan lain yang juga terbuat dari serat tumbuhan

Jenis Kain Rayon

Setelah mengetahui bebeapa karakteristik kain rayon di atas, maka informasi selanjutnya yang perlu kamu ketahui adalah jenis kain rayon. Simak informasi lengkapnya di bawah ini.

1. Rayon Polyester (PE)

Kain Rayon Polyester
Kain Rayon Polyester

Bahan kain rayon jersey adalah hasil kombinasi polyester dan rayon. Semakin tinggi kandungan polyesternya, biasanya akan semakin murah juga harga jual kain rayon PE. Kandungan bahan polyester pada kain ini cukup tinggi sehingga menghasilkan karakteristik kain yang agak kaku, kasar, dan juga mudah sobek ketika dikenakan.

2. Rayon Jersey

Kain Rayon Jersey
Kain Rayon Jersey

Rayon jersey ini terbuat dari campuran benang serat rayon dan juga benang serat jersey. Benang jersey sendiri terbuat dari campuran bahan sintetis seperti wol dan katun. Kain rayon jersey yang dijual dalam bentuk gulungan atau roll biasanya disertai informasi mengenai persentase benang jersey yang digunakan.

3. Rayon Spandeks

Kain Rayon Spandek
Kain Rayon Spandek

Jenis kain rayon selanjutnya ada kain rayon spandeks yang bisa dibilang sangat unggul dibandingkan dengan bahan kain rayon lainnya. Hal ini dikarenakan tekstur kain lebih elastis, lembut, dan sangat nyaman saat dikenakan. Salah satu ciri khas kain rayon spandeks adalah warnanya yang sangat banyak dan memiliki nuansa cerah. Tak megherankan apabila jenis kain rayon spandeks adalah bahan yang sering digunakan untuk membuat kaos, jilbab, dan juga pakaian olahraga.

4. Rayon Viscose

Rayon Viscose
Rayon Viscose

Rayon viscose adalah bahan kain yang pertama kali muncul pada akhir 1800-an silam. Bahan viscose sendiri memiliki ciri khas dengan tekstur yang lembut dan juga ringan, sehingga kain rayon viscose ini banyak disukai oleh para wanita untuk membuat baju atau jilbab.

Bahan viscose sendiri sebenarnya terbuat dari pohon dan alami. Namun, banyak orang percaya bahwa proses pembuatannya tidak ramah lingkungan seperti kebanyakan jenis kain rayon lainnya. Hal ini dikarenakan produksi bahan viscose menggunakan bahan kimia yang memiliki konsentrasi tinggi dan itu berbahaya untuk alam sekitar.

Hal ini pernah disinggung pada jurnal American Public Health Association yang menjelaskan bahwa bahan kimia yang ada pada rayon viscose bisa memberikan efek negative pada pegawai pabrik yang memproduksinya. Namun, pro kontra memang biasa terjadi, yang pasti, Rayon Viscose menjadi bahan kain premium yang disegani oleh banyak orang.

Untuk kamu yang ingin memiliki kain rayon viscose print dengan harga yang terjangkau namun kualitas premium, maka MC Texstyle bisa dijadikan pilihan yang tepat. MC Texstyle adalah grosir kain Jakarta yang sudah dipercaya oleh ratusan brand clothing line di seluruh Indonesia.

MC Texstyle menyediakan beragam jenis kain beserta warnanya yang lengkap. Untuk pengiriman pun MC Texstyle menyediakan opsi pengiriman ke seluruh Indonesia dengan pemilihan ekspedisi semurah mungkin. MC Texstyle juga menyediakan kain Rayon Viscose Print dengan harga Rp25.000/y serian.

Untuk kamu yang ingin melakukan konsultasi atau melakukan order kain, kamu bisa menghubungi kami melalui akun Instagram @mctexstyle atau melalui tombol WhatsApp di bawah ini.

5. Rayon Crinkle

Rayon Crinkle
Rayon Crinkle

Sesuai dengan namanya, jenis kain rayon crinkle adalah bahan yang memiliki keunikan pada teksturnya yang tidak rata dan juga berkerut mirip seperti kulit jeruk. Walau pun demikian, tekstur kain ini sangat halus, lembut, dan juga tidak terlalu tebal. Dress berbahan dasar rayon crinkle akan tetap terasa sangat nyaman meskipun digunakan saat cuaca panas atau di kondisi negara tropis seperti Indonesia.

Kelebihan Kain Rayon

1. Daya Serap Tinggi

Seperti yang sudah dijelaska sebelumnya, kain rayon ini memiliki daya serap tinggi sehingga bisa disebut sebagai kain yang baik. Hal ini lah yang membuat banyak orang termasuk para produsen pakaian menyukai kain rayon. Dengan kelebihan ini, pakaian yang mengunakan bahan ini akan sangat adem dan mampu menyerap keringat dengan baik sehingga seseorang yang mengenakannya akan mendapatka kesan nyaman yang maksimal.

2. Tekstur Kain Sangat Lembut

 Tekstur kainyang tercipta pada kain rayon adalah lembut ketika menyentuh kulit. Hal ini membuat kain rayon tidak berpotensi menimbulkan iritasi pada kulit pemakainya. Dan hal ini lah yang membuat orang menjatuhkan pilihannya kepada kain rayon dala pembuatan produk fashion seperti mukena atau lainnya.

3. Banyak Warna dan Motif

Kain rayon meiliki dalam berbagai macam baik warna maupun motif, hal ini dikarenakan kain rayon sangat lah mudah untuk diwarnai atau pun diberi motif yang beragam dan cantik.

4. Banyak Varian

Banyaknya varian jenis material yang ditawarkan dalam pembuatan kain rayon yang memberikan ruang gerak yang luas bagi penggunanya. Jenis kain rayon sendiri ada kain rayon polyester, rayonspandek dan rayon jersey.

5. Harga Kain Bersahabat

Di pasaran sendiri, harga kain rayon cukup bersahabat dan bisa dibilang cukup terjangkau untuk para produsen clothing.

Kekurangan Kain Rayon

Di setiap kelebihan, pasti ada kekurangan yang perlu diketahui. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

1. Bahan Mudah Kusut dan Luntur

Kain rayon memang membutuhkan perawatan yang lebih ketika proses penyetrikaan agar kembali memiliki tekstur setelah kusut setelah dicuci. Hal ini dikarenakan kain rayon adalah kain yang memang mudah kusut. Selain dirasa kain yang mudah kusut, kain ini juga dianggap sangat mudah luntur pada saat dicuci sehingga perlu perhatian khusus ketika proses pencuciannya.

2. Bahan Kain Rayon Tidak Terlalu Kuat

Bahan kain rayon adalah salah satu kain yang tidak begitu kuat atau rentan sobek, maka dari itu ada baiknya hindari pencucian pakaian dengan mesin cuci agar menjaga keawetan pakaian kain rayon.

3. Bahan Kain Rayon Licin

Baan licin sebenarnya kelebihan dari kain ini sehingga menimbulkan kesan jatuh ketika digunakan. Namun dibalik kelebihan tersebut tentu ada kekurangan yaitu kain rayon menjadi sedikit susah untuk dibentuk.

4. Bahan Kain Rayon Tipis

Ada sebagian orang yang menyukai kain tipis, karena memang kain tipis cukup adem pada saat digunakan. Namun ada beberapa model fashion yang tidak bisa dibuat dengan menggunakan kain tipis karena bisa berpotensi menerawang dan tembus.

5. Bahan Kain Rayon Mudah Terbakar

Kekurangan kain rayon selanjutnya adalah mudah terbakar sehingga kamu sebagai pemilik perlu berhati-hati ketika banyak beraktivitas di area yang dekat dengan api.

6. Bahan Kain Rayon Tidak Mudah Dibuat

Dibandingkan dengan bahan kain lainnya, bahan kain rayon adalah bahan kain yang cenderung sulit untuk dibentuk. Bahkan dalam proses pembuatannya, perlu sekali kehati-hatian yang cukup tinggi. Hal ini dikarenakan terdapat bahan kimia seperti natrium hidroksida yang memiliki sifat korosif apabila terkena kulit manusia bahkan bisa mengakibatkan luka bakar.

Dan itu dia pembahasan lengkap mengenai kain rayon. Selain harga bersahabat, kain rayon juga adem, warna bervarian, dan juga mudah didapat di hampir toko kain. Apakah kamu masih mengindahkan tentang kenyamanan yang diberikan oleh kain rayon? Buktikan kelebihannya dengan melakukan pembelian di MC Texstyle.

Supplier Kain Jakarta

Untuk yang berminat dengan kain rayon ini, maka kamu perlu mengenal toko kain MC Texstyle. MC Texstyle adalah supplier kain Jakarta yang sudah dipercaya oleh ratusan brand clothing line di Indonesia.

MC Texstyle memiliki ratusan jenis kain dan model dengan harga grosir termurah se-Indonesia. Dapatkan kain rayon dengan harga terbaik dengan menghubungi kami melalui akun Instagram @mctexstyle atau melalui tombol WhatsApp di bawah ini.

Dapatkan HAND BOOK + HAND FEEL GRATIS berbagai jenis kain dengan menghubungi kami sekarang juga.

Airflow Crinkle Warna Cetar