Kain organza adalah kain yang juga dikenal sebagai kain organdi atau kain kaca. Kain organza juga merupakan jenis kain tipis yang dibuat dengan tenunan polos sehingga memiliki tekstur yang halus saat menyentuh kulit. Ciri khas kain organza sendiri diantaranya adalah tipis, ringan, menerawang, dan sedikit berkilau.

Kain organza sering sekali digunakan sebagai bahan utama pembuatan gaun pengantin, pakaian dalam, aksesoris pakaian, hingga kain tipis pelapis tirai atau biasa disebut vitrase. Harga kain organza sendiri terdiri dari beberapa jenis, ada yang murah, ada juga yang mahal. Semuanya tergantung dari kualitas dan bahan baku yang digunakan pada saat proses pembuatannya.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Kain Sutra

Kelebihan dan Kekurangan Kain Organza

Kelebihan Kain Organza
Kelebihan Kain Organza

Kain organza berkualitas tinggi yang biasanya sering digunakan untuk membuat gaun pengantin biasanya diimpor langsung dari Italia atau Prancis. Dan sebelum kamu membeli kain organza, kamu perlu mengetahui kelebihan dan kekurangan kain organza. Untuk mengetahuinya, kamu bisa simak informasi berikut ini.

Kelebihan Kain Organza

Untuk mengenali kain organza, kamu perlu mengetahui ciri khas kain organza dan beberapa kelebihannya. Untuk mengetahui informasi tersebut, silakan simak di bawah ini.

  • Ciri khas kain organza adalah transparan, cocok untuk pelapis pakaian atau kerudung pernikahan
  • Tipis dan halus, kain organza juga bisa digunakan sebagai kain lining, underlining, dan interfacing
  • Agak berkilau sehingga mampu menampilkan bentuk siluet tubuh
  • Sedikit kaku namun bersifat jatuh dan bisa digunakan untuk membuat gaun dengan beberapa elemen desain. Sifat kain seperti ini biasanya kita temukan pada kain sutra organdie atau silk organza
  • Kain organza cocok untuk menimbulkan efek bervolume dan juga puffy pada tubuh.

Kekurangan Kain Organza

  • Mudah rusak karena karakter kain organza yang sangat tipis
  • Mudah kusut terutama yang terbuat dari bahan polyester
  • Kain organza memiliki sifat licin dan kurang bisa diatur apabila tidak dikombinasikan dengan jenis kain lain
  • Kurang nyaman apabila dijadikan bahan utama pakaian
  • Jahitan pada pakaian kain organza cukup mudah pudar atau lepas
  • Harga kain sutra organza cukup mahal
  • Perawatannya cukup rumit untuk kain organza berbahan sutra. Sedangkan untuk kain organza berbahan polyester cukup mudah dirawat namun sulit untuk mempertahankan kilaunya.

Jenis-jenis Kain Organza

Kain yang memiliki sifat lebih tipis dari kain sifon ini jenisnya cukup beragam. Nah, untuk kamu yang kepo akan jenis kain organza, silakan simak informasi lengkapnya berikut ini.

1. Kain Organza Sutra

Sesuai dengan namanya, kain organza sutra ini terbuat dari benang sutra yang mampu menimbulkan efek kilau yang indah dengan fell halus dan juga lembut. Dengan kelebihan tersebut, maka jenis kain organza yang satu ini cocok untuk gaun pengantin karena bisa menimbulkan efek elegan saat digunakan.

2. Kain Organza Polyester

Jenis kain organza yang satu ini terbuat dari 100% material polyester dengan karakteristik yang mirip seperti kain sutra namun dengan harga jauh lebih murah. Namun kualitasnya memang cukup jauh, tekstur kain organza polyester sendiri cendering kaku, rapuh, dan juga mudah robek.

3. Kain Organza Campuran

Organza campuran sendiri terbuat dari bahan serat polyester dan sutra yang dicampur. Hal ini menjadikan kain organza campuran memiliki semua kelebihan dua bahan tersebut. Selain itu, harganya juga termasuk lumayan terjangkau karena tidak terlalu mahal atau pun murah.

4. Kain Organza Satin

Kain organza satin ini merupakan jenis kain organza yang biasanya terbuat dari bahan sintetis dengan tenunan satin, sementara bagian belakang tampak seperti tenunan biasa. Anyaman satin ini menghasilkan efek kilau pada permukaan kain organza.

5. Kain Organza Kaca

Kain organza kaca ini biasanya terbuat dari bahan polyester atau sutra. Permukaan kain organza kaca sendiri tampak sangat berkilau namun cenderung lebih tipis.

6. Kain Organza Crinkle

Berbeda dengan jenis kain organza lainnya, organza crinkle ini dibuat dengan proses finishing yang berbeda. Sehingga hal tersebut menjadikan permukaan kain terkesan berkerut dan juga bertekstur. Namun dengan tekstur seperti itu, kain organza crinkle memiliki feel yang tetap terasa halus dan juga lembut.

7. Kain Shot Organza

Shot organza adalah jenis kain yang memiliki warna berbeda apabila dilihat dari berbagai sisi. Perbedaan warna ini berasal dari penggunaan warna benang lusi dan pakan yang berbeda.

Pemanfaatan Kain Organza

Kain organza memiliki ciri kain yang tipis dan lembut, namun tetap kaku dan juga mudah diatur. Pemanfaatan kain organza juga menjadi lebih kompleks. Simak informasi lengkapnya mengenai pemanfaatan kain organza pada produk fashion di bawah ini.

1. Gaun Pengantin

Kain organza sering digunakan untuk membuat gaun pengantin atau bridesmaid, hal ini dikarenakan kilau kainnya mampu menciptakan siluet yang halus dan juga penuh. Kain tipis ini biasanya diaplikasikan sebagai kerudung pengantin.

2. Kebaya

Tidak hanya gaun pengantin modern saja, kain organza ini juga mampu menciptakan kesan elegan apabila diaplikasikan pada kebaya. Kebaya yang dihiasi dengan kain organdi polos akan menampakkan kesan minimalis yang kontemporer. Sedangkan kain organza yang dihiasi dengan manik atau renda akan memiliki kesan klasik dan juga lebih muda.

3. Gaun Malam

Kain organza juga sering digunakan sebagai bahan pelengkap pada gaun malam, kain organza mampu menciptakan kesan bertumpuk. Hal inilah yang membuat kain organza juga cocok untuk gaun malam.

4. Dekorasi Rumah

Dengan bahan kain yang tipis, kain organza sangat umum diaplikasikan sebagai tirai tipis atau vitrase dan juga taplak meja. Selain itu, kain organza pun sering digunakan sebagai bahan pembuatan cusion cover atau sarung bantal, peghlas lorong, dan tirai lengkung.

5. Kantong Serut Kecil

Apakah kamu tahu kantong serut kecil? Untuk yang belum tahu, kantong serut kecil ini biasanya digunakan untuk membawa aksesoris seperti kalung, cincin, dan biasanya terbuat dari kain tipis seperti kain organza.

6. Kostum

Kain organza adalah jenis kain yang cukup populer sebagai bahan kostum panggung seperti rok penari dan juga aksesoris lainnya. Karena kain organza memiliki kesan elegan dan mampu menangkap cahaya panggung dengan baik, maka kain organza sering dijadikan sebagai bahan pembuatan kostum.

7. Bahan Hijab

Sekali lagi, karena kain organza memiliki kesan mewah dan juga anggun, maka tak heran apabila kain organza juga sering dijadikan sebagai bahan utama pembuatan hijab. Sifat kain yang tipis dan sedikit transparan dari bahan organza bisa diakali dengan menggunakan inner hijab ninja agar mudah diatur dan tetap menutup aurat.

Hijab yang tebuat dari kain organza sangat cocok sekali digunakan pada acara formal seperti wisuda, kondangan, dan acara-acara formal lainnya.

Dan itu dia penjelasan singkat mengenai ciri khas, kelebihan dan kekurangan kain organza beserta pemanfaatannya. Untuk kamu yang ingin melakukan order kain organza berkualitas premium, kamu bisa melakukan pemesanan melalui MC Texstyle.

MC Texstyle adalah perusahaan tekstil Jakarta yang sudah menjadi langganan bagi ratusan brand clothing line di seluruh Indonesia. Dapatkan harga spesial untuk pembelian grosir kain di MC Texstyle. Hubungi kami melalui akun Instagram @mctexstyle atau melalui tombol WhatsApp di bawah ini untuk konsultasi gratis.

Airflow Crinkle Warna Cetar