Jenis kain untuk jilbab syari di pasaran sendiri cukup banyak, kamu bisa memilihnya dengan menyesuaikan kebutuhan. Seperti yang kita ketahui, hijab saat ini sudah menjadi bagian daripada fashion Indonesia itu sendiri. Saat ini banyak sekali jenis hijab yang diproduksi di pasaran, semua model tersebut tentu saja tidak menghilangkan fungsi utamanya yaitu menutup aurat wanita.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kini banyak sekali bahan kain untuk membuat hijab seiring dengan trend hijab yang berlangsung di Indonesia. Mulai dari bahan kain yang tipis atau tebal, motif kain, hingga warna kain. Namun, kenyamanan saat mengenakan hijab adalah prioritas utama yang harus dan wajib diperhatikan.

Jenis Kain untuk Jilbab Syari

Untuk itu, bagi para wanita muslimah sangat penting sekali untuk memilih hijab dengan jenis kain yang nyaman saat digunakan seharian. Untuk mengetahui informasi selanjutnya tentang jenis kain untuk jilbab syari, silakan simak berikut ini.

Bahan Kain Sifon

Jenis Kain Ceruti
Jenis Kain Ceruti

Kain sifon adalah salah satu bahan yang menjadi incaran banyak hijabers dikarenakan kelebihannya. Kain sifon terbuat dari kapas, sutra, dan juga serat sintetis yang sangat bisa sekali menunjang aktivitas penggunanya seharian. Kain sifon memiliki karakteristik yang cenderung tipis dan agak licin. Namun perlu diketahui, kain sifon sendiri memiliki karakteristik tipis dan agak licin. Walau demikian, sifon tetap menjadi salah satu bahan hijab terlaris karena memiliki kenyamanan yang maksimal.

Kain dari jenis sifon yang biasanya digunakan untuk hijab adalah bahan ceruti. Sifon ceruti ini memiliki tekstur yang elastis dan juga memiliki kesan mewah pada saat digunakan. Bahan kain ini sangat ringan, maka dari itu banyak dari produsen hijab menggunakan kain ini sebagai bahan utama pembuatan jilbab syari.

Jenis kain sifon sendiri biasanya dibentuk menjadi model hijab seperti pashmina dan juga bergo. Dan untuk mencegah hijab menerawang, biasanya pemakai perlu menambahkan inner ciput dengan melakukan double layer.

Bahan Kain Katun

kain katun supernova
kain katun supernova

Hijab yang terbuat dari kain katun memiliki kehalusan dan kenyamanan maksimal saat menjalani aktivitas sehari-hari. Namun, hijab yang terbuat dari kain katun sendiri cukup sulit untuk dikreasikan karena sifatnya agak kaku dan juga tebal. Selain itu, bahan katun pun memiliki sifat lain seperti mudah menyerap keringat, halus, nyaman, dan juga dingin sehingga cocok untuk digunakan beraktivitas seharian.

Walaupun bahan katun sangat halus, perawatannya sendiri tidak terlalu sulit karena tidak mudah kusut. Katun juga termasuk ke dalam jenis kain untuk jilbab syari yang nyaman untuk dikenakan. Bahan ini mampu menyerap keringat karena terbuat dari bahan alami. Ada beberapa jenis kain katun yang biasa digunakan untuk membuat hijab, diantaranya ada katun ima dan juga supernova.

Kedua kain tersebut memiliki tekstur lembut dan tentunya ringan. Perbadaan dari kedua kain katun tersebut ada pada harganya yang dimana katun supernova memiliki harga yang lebih ramah di kantong dibandingkan dengan katun ima.

Jenis Kain Diamond

diamond italiano
diamond italiano

Kain diamond adalah salah satu jenis kain yang jika dilihat sekilas mirip seperti kulit jeruk. Kain ini memiliki tekstur yang sedikit kasar atau berpasir. Namun meski jenis kain untuk jilbab syari yang satu ini terasa agak kasar seperti kulit jeruk, buka berarti kain diamond tidak bisa digunakan untuk penggunaan sehari-hari.

Tekstur kain yang kasar inilah justru yang membuat kain diamond unik dan juga berbeda dari jenis kain lainnya. Kain diamond menjadi populer untuk bahan pembuatan hijab dkarenakan nyaman dan tentunya mudah dibentuk menyesuaikan wajah pengguannya.

Ada beberapa jenis kain diamond yang sering digunakan untuk membuat hijab segi empat. Diantaranya ada bahan diamond ceruti yang memiliki tekstur lembut dan tidak gerah, dan ada diamond italiano yang lebih tebal dan terasa cukup kasar serta kaku.

Bahan Kain Satin

Kain Satin
Kain Satin

Satin adalah salah satu jenis kain yang memiliki ciri pada permukaan kainnya yang mengkilap dan juga licin. Satin juga merupakan kain yang dibuat melalui proses tenun dari bahan berserat filament seperti sutra (silk), nylon, atau pun polyester. Bahan satin sendiri ditenun dengan menggunakan teknik weave sehingga menghasilkan kain yang tampak mengkilap atau glossy.

Karakteristik kain satin adalah permukaan yang licin, halus, dan juga tampak jatuh saat digunakan. Untuk hijab sendiri, kain satin biasanya diproduksi untuk hijab jenis pashmina dan juga segi empat. FYI, hijab yang terbuat dari kain satin sangat cocok untuk digunakan di acara resmi karena memiliki efek elegan dan juga mewah bagi pemakainya.

Selain satin, kamu juga bisa menggunakan kain maxmara yang memiliki karakteristik sama dengan satin. Namun, maxmara sendiri memiliki tekstur yang lebih tipis dan lembut dibandingkan dengan satin. Walaupun begitu, perlu diperhatikan juga cara perawatannya karena kain maxmara memiliki kain tipis dan mudah kusut.

Kain Spandek

Bahan kain spandex ini sebenarnya sama dengan bahan kaos, namun untuk spandex memiliki kain yang lebih tipis dan terdapat jenis yang mengkilap. Spandex adalah bahan kain yang terbuat dari unsur non alami. Terkstur kain spandex adalah halus, lembut, elastis, dan juga nyaman untuk digunakan sehingga harganya memang lebih mahal.

Kelebihan dari hijab yang terbuat dengan bahan spandex adalah kemampuan dalam menyerap keringat menjadi sangat baik sehingga tetap nyaman digunakan pada saat cuaca panas sekalipun. Selain itu, hijab dengan bahan spandek juga mudah untuk dibentuk dan juga dikreasikan sesuai dengan keinginan pemakainya karena memiliki sifat elastis. Kekurangan bahan ini ialah mudah melar ketika dicuci dengan cara yang salah.

Bahan Kain Jersey

Kain Jersey
Kain Jersey

Bahan jersey biasanya memang digunakan untuk membuat sebuah pakaian, namun kain jersey juga bisa dijadikan sebaga bahan hijab dikarenakan memiliki tekstur yang hampir sama seperti bahan spandek. Apabila kamu perhatikan secara detail, kamu mungkin akan menganggap kedua bahan kain ini adalah sama. Padahal kedua bahan memiliki tekstur yang berbeda, dimana kain jersey memiliki ketebalan yang lebih tinggi dibandingkan spandek.

Kain jersey biasanya digunakan untuk memproduksi hijab syari karena memiliki tekstur yang tebal namun tetap lembut dan juga nyaman untuk digunakan beraktivitas. Bahan hijab jersey ini sangat cocok untuk digunakan bagi pengguna yang memiliki wajah mungil dengan bentuk dagu yang runcing. Sedangkan untuk kamu yang memiliki bentuk wajah bulat atau oval, kamu bisa menggunakan jenis jersey yang memiliki tekstur licin.

Dengan tekstur yang kaku dan licin, membuat wajah bulat sang pengguna akan tersamar dan terlihat lebih tirus. Beberapa jenis hijab dengan bahan utama jersey diantaranya ada khimar, jaguar ped, hoodie tasya, bergo sofia silky, dan juga bergo yola.

Bahan Kain Rayon

Bahan Rayon
Bahan Rayon

Rayon adalah jenis kain yang terbuat dari unsur non alami. Teksturnya sendiri lentur dan juga relative tebal. Bahan ini sering digunakan untuk membuat hijab, namun jenis rayon yang biasanya digunakan adalah jenis rayon super dan rayon gerimis. Tekstur kain rayon yang halus membuat hijab menjadi mudah dikreasikan dengan bentuk wajah.

Hijab yang terbuat dari kain rayon juga sangat nyaman dan cocok untuk digunakan beraktivitas seharian karena sifatnya yang mampu menyerap keringat dengan baik. Selain itu. Tekstur kain yang lentur membuat hijab berbahan rayon mudah untuk diatur dan juga dikreasikan sesuai dengan keinginan. Untuk kekurangannya sendiri diantaranya adalah mudah kusut dan juga mudah luntur saat dicuci.

Dan itu dia penjelasan singkat mengenai jenis kain untuk jilbab syari yang perlu kamu ketahui. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk kamu yang sedang mencari bahan terbaik untuk membuat hijab.

Supplier Kain Jakarta Terbaik

Untuk kamu yang ingin mencari bahan kain untuk membuat jilbab syari dengan kualitas premium namun harga terjangkau, maka MC Texstyle bisa kamu jadikan pilihab. MC Texstyle adalah supplier grosir kain di Jakarta yang sudah dipercaya oleh ratusan brand clothing line untuk memasok bahan kain berkualitas premium.

MC Texstyle memiliki SDM berpengalaman di bidang tekstil sehingga dapat dipastikan kualitas pelayanan dari MC Texstyle sangat maksimal. Untuk kamu yang ingin bertanya perihal jenis kain untuk jilbab syari, silakan hubungi kami melalu akun Instagram @mctexstyle atau melalui tombol WhatsApp di bawah ini.

Airflow Crinkle Warna Cetar